Pasir Putih Situbondo dan Pantai di Sekitarnya yang Nggak Kalah dengan Bali

04 October 2018, at 05:49
2
0
Pasir Putih Situbondo dan Pantai di Sekitarnya yang Nggak Kalah dengan Bali

Pasir Putih Situbondo merupakan salah satu objek wisata populer yang terletak di Selat Madura. Tapi tahukah kamu kalau masih ada destinasi lain di sekitarnya yang bisa jadi pilihan untuk berlibur?

Jangan salah, Kabupaten Situbondo punya beragam tempat wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Terutama di kawasan pantainya.

Mulai dari yang mudah ditemukan hingga letaknya tersembunyi pun bisa kamu temukan di Situbondo. Panorama yang indah tentu bisa kamu dapatkan.

Penasaran apa saja nama objek wisatanya? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Pantai Balanan

Pantai Balanan
infowargasitubondo.com

Pantai Balanan ini masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Baluran. Bagi para traveler sejati, pasti sudah nggak asing lagi dong dengan area pelestarian alam ini?

Tepatnya ada di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyu Putih. Untuk bisa sampai Pantai Balanan, tentu kamu harus melalui pintu masuk Taman Nasional Baluran.

Perjalanan menuju ke Pantai Balanan dimulai dengan melewati Desa Sumberwaru. Dari sini, kamu membutuhkan waktu 2 jam untuk bisa sampai ke lokasi wisata dengan melewati jalan berbatu.

pantai balanan situbondo
instagram.com/nandaclaudy

Selama perjalanan, kamu pun akan melewati jalan setapak yang hanya bisa dilalui dengan jalan kaki atau motor. Cukup menantang kan?

Meski begitu, rasa lelah akan terbayar setelah sampai di Pantai Balanan. Hamparan pasir putih serta air laut yang jernih akan kamu lihat di wisata pantai ini.

Apalagi kamu hanya perlu menyediakan budget senilai sepuluh ribu rupiah untuk bisa masuk ke lokasi wisata. Murah dan bisa jadi pengalaman berharga nih.

2. Pantai Bama

pantai bama
instagram.com/_rolret

Saat mendengar Taman Nasional Baluran, pasti nggak akan asing lagi dengan Pantai Bama. Sebab letaknya memang masih dalam kawasan pelestarian alam ini.

Untuk bisa sampai di Pantai Bama, tentu kamu perlu menuju ke Taman Nasional Baluran yang berada di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih.

Sesampainya di pintu masuk, perjalanan panjang dengan jarak tempuh sekitar 8 kilometer akan kamu lalui. Akses menuju ke Pantai Bama pun cukup mudah karena sudah ada petunjuk yang jelas.

Jadi nggak perlu taku tersesat deh.

pantai bama situbondo
instagram.com/arisa.ichi

Untuk tiket masuk, kamu hanya perlu menyediakan budget senilai lima belas ribu rupiah saja. Ada juga tambahan biaya parkir sebesar sepuluh ribu (mobil) dan lima ribu rupiah (motor).

Cukup terjangkau kan?

Apalagi hamparan pasir putih, area hutan bakau dan air laut yang super jernih akan kamu temui di Pantai Bama. Dijamin nggak akan menyesal saat mampir ke objek wisata ini.

3. Pasir Putih Situbondo

pasir putih situbondo
instagram.com/reicanz

Pasir Putih Situbondo adalah salah satu objek wisata di jalur Pantura yang siap membuatmu terpikat. Apalagi pesona alam memukau dan fasilitas lengkap akan kamu temukan di sini.

Lokasinya pun sangat strategis karena berada di dekat jalan utama jalur Pantura. Jaraknya dari pusat Kota Sitbondo pun hanya sekitar 21 kilometer dan bisa ditempuh selama 30 menit perjalanan saja.

Jadi kamu bisa menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi kalau ingin ke pantai ini. Harga tiketnya pun super terjangkau karena hanya sebesar lima ribu rupiah.

Sangat terjangkau kan?

pasir putih di situbondo
instagram.com/ivan2watoe

Apalagi kamu nggak hanya bisa bersantai maupun hunting foto di pantai ini. Ada pula aktivitas seru lain yang bisa kamu lakukan di sini, seperti:

  • Berenang
  • Naik Kano
  • Snorkeling
  • Memancing
  • Cross ATV

Saat liburan, nggak akan lengkap rasanya kalau tanpa bawa oleh-oleh. Tapi jangan khawatir, karena di area pantai ini ada banyak outlet yang menjual beragam barang untuk buah tangan.

Mulai dari pakaian, aksesoris dari kerang dan masih banyak lagi yang lain ada di outlet di sekitar Pasir Putih Situbondo. Menarik kan?

Baca juga: 5 Wisata Banyuwangi Selain Pantai yang Fotogenik Banget

4. Pantai Tampora

pantai tampora
instagram.com/andyreffendi

Kabupaten Situbondo memang nggak akan pernah berhenti untuk membuatmu terpesona. Apalagi dengan adanya Pantai Tampora ini.

Lokasinya ada di Kalianget, Kecamatan Banyuglugur dan berjarak kurang lebih 73 kilometer dari pusat Kota Situbondo. Kamu pun memerlukan waktu sekira 2 jam perjalanan untuk bisa sampai ke Pantai Tampora.

pantai tampora situbondo
instagram.com/ninaindrian

Di sini, kamu bisa melihat keindahan pantai pasir putih dengan ombak yang relatif tenang. Selain bisa menikmati panorama alam yang cantik, sunrise dan sunset pun bisa kamu lihat dari Pantai Tampora.

Menariknya lagi, kamu hanya perlu menyediakan budget senilai lima ribu rupiah per orang saja untuk bisa masuk ke objek wisata ini. Sangat terjangkau kan?

Apalagi kamu bisa puas menikmati keindahan pantai tanpa dibatasi waktu. Yuk piknik ke sini!

5. Pantai Blitok

pantai blitok
instagram.com/anang.margono

Ingin liburan gratis di Situbondo? Pantai Blitok bisa jadi pilihanmu.

Saat berada di Pantai Blitok, kamu bisa menikmati keindahan pantai serta deretan kapal nelayan yang berjejer di dermaga. Di sinilah lokasi favorit untuk hunting foto.

Apalagi saat matahari tenggelam. Keindahannya nggak bisa diragukan lagi dan pasti akan membuatmu terpukau.

pantai blitok situbondo
instagram.com/yatmi

Dari pusat Kota Situbondo, hanya membutuhkan 45 menit perjalanan untuk bisa sampai ke objek wisata pantai ini. Lokasinya pun sangat strategis.

Tepatnya di jalur Pantura, kamu akan menemukan Pantai Blitok. Nggak perlu takut tersesat, karena ada penanda khusus berupa nama Pantai Blitok yang bisa terbaca jelas.

Tertarik untuk mampir? Mumpung letaknya di pinggir jalan, lho.

6. Pantai Pathek

pantai pathek
instagram.com/hu_go7

Ada lagi satu pantai gratis di Sitobondo. Pantai Patek namanya.

Letaknya di Desa Gelung, Kecamatan Penarukan dan berjarak 5 kilometer ke utara dari pusat Kota Situbondo.

Selain bisa menikmati keindahan pantai, kamu juga bisa melihat panorama pegunungan hingga potensi wisata bawah laut. Bahkan di sini kamu juga bisa menyaksikan kecantikan sunset.

Menariknya lagi, sebelah sisi barat juga terlihat jalan Anyer-Panarukan yang dibangun saat zaman penjajahan Belanda. Menarik kan?

pantai pathek situbondo
instagram.com/widiyarmovic

Apalagi kamu kamu nggak perlu menyediakan budget untuk tiket masuk. Tapi kalu ingin menikmati keindahan biota laut, kamu bisa menaiki perahu apung dengan tarif empat ribu rupiah per orang.

Sangat terjangkau kan? Apalagi kamu bisa melihat kecantikan alam bawah laut tanpa harus susah-susah menyelam.

Sobat Qupas sudah tahu kan kalau bukan hanya Pasir Putih Situbondo yang menawarkan panorama alam cantik? Ternyata di sekitar objek wisata di Jawa Timur ini juga masih banyak pantai yang dijamin akan membuatmu terpikat.

Bahkan ada pula wisata gratis yang akan kamu temukan di Kabupaten Situbondo. Dijamin puas dan banyak pengalaman menarik saat liburan ke tempat-tempat yang sudah Qupas rekomendasikan deh.

0 Comment