Pelari Borobudur Marathon Meninggal Sebelum Garis Finish, Begini Kata Dokter

23 November 2018, pada 03:15
2
0
Pelari Borobudur Marathon Meninggal Sebelum Garis Finish, Begini Kata Dokter

Borobudur Marathon adalah sebuah event internasional yang menampilkan olahraga dengan balutan pariwisata. Tidak hanya warga setempat, ajang tahunan ini juga selalu mendapat perhatian dari wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Maka tak heran jika peminatnya pun semakin tahun semakin membludak. Bahkan, pelari yang meramaikan Borobudur Marathon 2018 jumlahnya mencapai ribuan! Tentu saja jumlah tersebut bukan jumlah yang sedikit, bukan?

Namun, dari gebyar dan megahnya acara yang berlangsung pada tanggal 18 November 2018 tersebut, ada sebuah kabar duka terjadi, yaitu meninggalnya salah seorang pelari jarak jauh sebelum garis finish.

Mengapa kejadian nahas itu bisa terjadi?

hipoksia
ufonews.su

Dihimpun dari berbagai sumber, tim medis mengatakan ada beberapa kemungkinan seseorang bisa meninggal setelah lari marathon. Salah satu kemungkinan terkuat adalah dia mengalami hipoksia, yaitu kondisi jantung yang bekerja secara berlebihan.

Jika seseorang sudah mengalami kondisi ini, maka oksigen yang dibawa oleh darah tidak akan sampai ke otak. Akibatnya, seluruh kinerja organ pun menurun. Saat otak sudah kekurangan oksigen, reaksi pertama mungkin akan menyebabkan seseorang menjadi pusing. Kemudian, jika tidak segera diatasi bisa membuat seseorang tak sadarkan diri, bahkan meninggal.

Baca juga: Salah Waktu Mandi Berisiko Kematian Loh, Yuk Simak Jam yang Tepat untuk Bersihkan Diri!

marathon
pexels.com

Untuk tragedi lari marathon ini, sebenarnya pakar medis sudah sangat mengimbau kepada setiap orang, khususnya peserta lari marathon agar tidak memaksakan diri. Ketika dirasa sudah tidak mampu melanjutkan, maka segeralah berhenti.

Tidak lupa juga agar mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum melakukan lari jauh. Setidaknya, harus berlatih minimal 3 bulan agar tubuh menjadi terbiasa. Jika masih amatir atau pemula, sebaiknya tidak mengikuti lari yang jaraknya terlampau jauh.

0 Komentar