Peneliti di Brasil Membuat Tepung dari Kecoak yang Tenyata Lebih Bergizi dari Daging. Mau Beli?

21 November 2018, pada 02:41
1
0
Peneliti di Brasil Membuat Tepung dari Kecoak yang Tenyata Lebih Bergizi dari Daging. Mau Beli?

Ada yang jijik melihat berbagai macam serangga, termasuk kecoa? Wah, sebagian orang memang menganggap bahwa serangga adalah binatang yang menjijikkan.

Eits, di Brasil ada dua peneliti yang mengembangkan tepung dengan bahan dasar serangga. Serangga yang digunakan untuk bahan dasar membuatnya adalah kecoak.

Menurut yang dijelaskan PBB, pada tahun 2015 akan ada 9,7 miliar manusia yang akan hidup di bumi. Dengan begitu, populasi serangga dalam rantai makanan manusia pun akan meluas.

tepung kecoa udang
odditycentral.com

Seperti yang kita ketahui juga, di beberapa negara di Asia Tenggara, serangga menjadi bahan masakan dan dikonsumsi setiap hari. Itu karena kandungan protein yang terdapat dalam tubuh serangga lebih tinggi dan baik untuk tubuh manusia.

Andressa Lucas dan Lauren Menegon, mahasiswi cantik yang saat ini mengenyam pendidikan di Federal University of Rio Grande berhasil membuat tepung dari kecoa yang memiliki kandungan protein 40% lebih banyak dari tepung terigu.

Baca juga : Heboh! Dua Remaja Membuat Kue dengan Tambahan Bahan Abu Kakeknya. Kok bisa?

Tentu kecoa yang digunakan bukan kecoa biasa loh. Kecoa udang atau dengan nama latin Nauphoeta Cinerea yang berasal dari Afrika Utara. Jenis kecoa tersebut sering dijadikan umpan untuk menangkap kadal atau tarantula.

Kecoa udang dipilih karena memiliki 70% protein dalam komposisinya ketimbang daging merah.

membuat tepung dari serangga
odditycentral.com

Saat tepung kecoa ini mulai dijadikan bahan utama roti, tidak banyak orang yang berhasil mengira atau merasakan hal aneh dari roti yang mereka santap. Bahkan rasa tepungnya semakin sulit untuk dirasakan karena kombinasi banyak bahan kue lainnya.

Mengkonsumsi banyak serangga itu akan mengurangi dampak negatif yang sangat signifikan terhadap ternak hewan. Namun, masih saja banyak orang yang enggan mencoba roti dengan tepung kecoa ini.

Dari penelitian yang mereka berdua lakukan, mereka ingin mengubah stigma negatif dan rasa jijik orang-orang terhadap serangga. Di lain waktu, mereka akan mengembangkan tepung dari jenis serangga lainnya seperti jangkrik.

Kalau gimana sobat Qupas, ingin mencobanya?

0 Komentar