Penelitian Membuktikan Minyak Kelapa Nggak Baik untuk Kesehatan, Sudah Tahu Belum?

15 November 2019, at 10:00
0
0
Penelitian Membuktikan Minyak Kelapa Nggak Baik untuk Kesehatan, Sudah Tahu Belum?

Minyak kelapa memang dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan sehingga banyak digunakan. Pada beberapa negara di Asia, bahan tersebut bahkan sering dimanfaatkan untuk diet.

Akan tetapi, sebuah penelitian di Harvard University menunjukkan beberapa fakta minyak kelapa yang justru nggak baik untuk kesehatan seperti di bawah ini.

1. Mengandung Kolesterol Jahat

dampak negatif minyak kelapa
hers-magazine.com

Penelitian jangka pendek yang dilakukan pada 83 relawan tersebut membuktikan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan kolesterol jahat.

Dibandingkan dengan mentega atau minyak zaitun, kenaikan kadar kolesterol jahat dari minyak kelapa bahkan bisa setera dengan mengonsumsi minyak sapi atau sawit.

2. Kurang Baik untuk Jantung

masalah jantung
nanalyze.com

Selain itu, minyak kelapa juga diklaim kurang baik bagi jantung. Asosiasi Jantung Amerika (AHA) telah mengeluarkan pernyataan ilmiah terkait hal tersebut pada tahun 2007.

Bagi seseorang yang berisiko atau memiliki masalah jantung, komsumsi minyak jenuh tersebut disarankan nggak lebih dari 6 persen dari total kalori yaitu sekitar 13 gram dari 2.000 kalori. Sedangkan, satu sendok minyak kelapa saja mengandung 12 gram minyak jenuh lho!

3. Tinggi Kalori

minyak kelapa
thequint.com

Bagi beberapa orang, minyak kelapa memang enak dikonsumsi karena memiliki rasa yang unik dan gurih. Namun, ternyata di dalamnya terkandung cukup banyak kalori yaitu sekitar 120 kalori pada setiap sendok makannya.

Maka dari itu, sebaiknya kamu nggak terlalu sering memasak dengan menggunakan minyak kelapa ya!

Baca Juga: Bahaya Minyak Curah yang Harus Kamu Ketahui, Jangan Disepelakan!

4. Boleh Dikonsumsi dalam Jumlah Terbatas

bahaya minyak kelapa
yhoctaisinh.com

Apabila kamu masih ingin mengonsumsinya, cobalah untuk mengurangi porsi atau menggunakannya dalam jumlah yang terbatas.

Harvard University menyarankan untuk menggunakan 25 persen lebih sedikit dibandingan volume mentega yang biasanya dipakai. Jumlah tersebut sudah cukup untuk memperkaya rasa masakan.

5. Bagus untuk Rambut dan Kulit

manfaat minyak kelapa
thecut.com\

Meskipun membuktikan bahwa minyak kepala memiliki dampak negatif apabila dikonsumsi, akan tetapi Harvard University mengakui bahwa bahan tersebut baik untuk rambut dan kulit.

Minyak kelapa mampu melembabkan rambut dan kulit yang kering sehingga aman untuk dioleskan pada bagian-bagian tubuh.

mengonsumsi minyak kelapa
shosk.com

Sebenarnya, beberapa penelitian membuktikan bahwa minyak kelapa murni memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Akan tetapi, minyak kelapa yang beredar di pasaran dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat biasanya sudah mendapatkan banyak campuran.

Maka dari itu, Sobat Qupas sebaiknya mengurangi konsumsi minyak kelapa komersil karena justru memiliki risiko bagi kesehatan.

0 Comment