Pengantin Baru, Begini Cara Menjalin Hubungan Baik dengan Mertua Tanpa Banyak Drama

12 April 2019, at 01:00
0
0
Pengantin Baru, Begini Cara Menjalin Hubungan Baik dengan Mertua Tanpa Banyak Drama

Saat memutuskan untuk menjalin hubungan dengan seseorang, apalagi dalam tahap serius seperti pernikahan, berarti kamu siap untuk menerima keluarganya juga.

Nggak cuma menerima, kamu juga harus menjaga hubungan baik dengan keluarga pasangan, terutama orangtuanya atau yang saat ini sudah berstatus sebagai mertuamu.

Hal ini tentu nggak selalu mudah, bisa saja masalah-masalah kecil menjadi besar karena kamu nggak tahu cara yang tepat menanganinya.

Baca Juga: Meski Belum Kaya, Begini Cara Takhlukkan Hati Calon Mertua

Sebagai pengantin baru, berikut ini cara menjalin hubungan baik dengan mertua tanpa banyak drama yang bisa kamu contoh.

1. Hilangkan Semua Stereotipe Negatif tentang Mertua

hilangkan stereotipe negatif
pexels.com/@moose-photos-170195

Sedikit atau banyak, mungkin kamu akan terpengaruh dengan stereotipe negatif tentang mertua yang kamu dapatkan dari luar sana. Bisa dari yang kamu dengar dari teman-teman yang lebih dulu menikah atau kamu lihat di film-film.

hilangkan pikiran buruk
pexels.com/@martinpechy

Nah, untuk menjalin hubungan baik dengan mertua, pertama-tama kamu harus menghilangkan stereotipe negatif tersebut. Sehingga, kamu bisa terpengaruh oleh pemikiran tersebut dan bisa menilai dengan baik.

Kalau sudah nggak ada lagi pikiran-pikiran negatif, kamu bisa menjalin hubungan dengan mertua secara lebih terbuka dan nggak menghakimi.

2. Kenali Mertua dan Cari Kesamaan Kalian Berdua

kenali mertua
pexels.com/@rawpixel

Mungkin selama berpacaran dengan pasangan kamu belum terlalu mengenal mertua. Oleh sebab itu, kamu harus mencoba memahaminya lebih dalam lagi.

Cari tahu apa yang nggak mertua suka dan apa yang disukainya. Usahakan untuk nggak melakukan hal-hal yang dibenci tersebut dan tunjukkan bahwa kamu bisa menjadi menantu ideal karena memahaminya.

cari kesamaan
twitter.com/UncleBens

Dari hal ini, kamu juga bisa tahu apa kesamaan diantara kalian. Mungkin kamu dan mertua sama-sama senang berkebun, maka hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk mempererat hubungan.

Nggak cuma itu, kalian juga pasti bisa menjadi lebih akrab dan cocok. Perlakukan mertua dengan tulus maka mereka juga akan melakukan hal yang sama padamu.

3. Buat Mertua Merasa Dibutuhkan dalam Batas Wajar

buat mertua merasa dibutuhkan
romper.com

Cara lain untuk menjalin hubungan baik dengan mertua adalah membuat mereka merasa dibutuhkan dalam batas yang wajar.

Meskipun anaknya sudah menikah, setiap orangtua pasti akan tetap merasa khawatir dan menginginkan yang terbaik untuknya. Itulah yang membuat banyak mertua meresa mereka harus mengetahui bagaimana kondisi rumah tangga kamu dan pasangan.

buat mertua merasa dibutuhkan
gettyimages.com

Untuk memenuhi hal tersebut, jangan sungkan untuk menanyakan atau meminta pendapat tentang beberapa hal yang nggak terlalu berat. Misalnya, kado apa yang kira-kira tepat untuk pasanganmu.

Itu akan membuat mertua sedikit banyak merasa dibutuhkan dan terlibat dalam hubungan kalian, namun masih dalam batas yang wajar.

Baca Juga: So Sweet, 8 Hal Ini Cuma Bisa Dirasain Sama Pengantin Baru!

4. Jangan Selalu Melibatkan Mertua dalam Masalah Rumah Tangga

jangan selalu melibatkan mertua
psychologies.co.uk

Masalah rumah tangga yang hadir menimpamu dan pasangan adalah sesuatu yang wajar terjadi. Idealnya, hal seperti itu harus diselesaikan secara pribadi dengan pasangan.

Selalu kominikasikan dan diskusikan apapun dengan pasangan terlebih dahulu. Jangan selalu melibatkan mertua dalam masalah rumah tangga kalian.

5. Hormati dan Perlakukan Seperti Orangtua Kadung

hormati mertua
mooneylyons.com

Bagaimana pun sikap mertua, kamu harus tetap menghormatinya dan memperlakukan mereka layaknya orangtua kandung.

Apabila mertua memiliki nasehat atau saran yang baik untukmu dan pasangan, maka dengarkan dan ikuti saja. Jangan buru-buru mengambil keputusan bahwa mereka suka mengatur dan lain sebagainya, namanya juga orangtua.

mengunjungi sesekali
oneminutecannabist.com

Nggak cuma menghormati, kamu sebaiknya mengunjungi mertua sesekali agar mereka merasa dicintai. Memberikan hadiah juga bisa kamu lakukan pada momen-momen tertentu.

Nah, itu dia Sobat Qupas 5 cara menjalin hubungan baik dengan mertua buat kamu yang baru menikah dan nggak ingin banyak drama.

Yang paling penting adalah bisa menerima dan menghargai perbedaan satu sama lain, sehingga kamu dan mertua bisa akrab dan cocok meskipun banyak perbedaan.

0 Comment