Penginapan Eco Friendly di Indonesia, Ada yang Siram Toilet Pakai Serbuk Kayu

04 May 2019, at 16:00
0
0
Penginapan Eco Friendly di Indonesia, Ada yang Siram Toilet Pakai Serbuk Kayu

Isu pemanasan global kian jadi momok bagi seluruh negara di dunia. Karenanya, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata pun gencar meluncurkan program Sustainable Tourism Development.

Sustainable Tourism Development juga telah menjadi tren, terutama dalam pengembangan wisata dengan menerapkan konsep 3P, yaitu Planet (alam), People (masyarakat), dan Prosperity (kesejahteraan). Katanya, 3P ini pula yang jadi rumus pengembangan pariwisata terbaik supaya semakin dilestarikan dan menyejahterakan.

Nggak heran kalau beberapa tahun terakhir konsep pariwisata berkelanjutan itu sudah dipromosikan di dalam negeri. Bahkan sekarang mulai diadopsi oleh beberapa pelaku pariwisata. Seperti yang sudah diterapkan oleh sederet penginapan berikut ini.

Baca juga: Penginapan Unik di Indonesia, Bentuknya Rumah Pohon Lho!

1. Misool Eco Resort

misool resort
instagram.com/juergenfreund

Bisa dibilang Misool Eco Resort letaknya paling terpencil. Bayangkan saja, lokasinya ada di 165 kilometer dari pelabuhan terdekat.

Menariknya, polusi cahaya, udara, sampai sinyal handphone pun nggak tersedia. Cocok untuk kamu yang ingin menghindari hiruk pikuk kota untuk sementara.

Salah satu bukti bahwa penginapan di Raja Ampat ini eco friendly adalah pembangunannya nggak menggunakan pohon yang baru ditebang. Pengelola mencari kayu apung di sepanjang pantai dan membeli kayu bekas dari penduduk. Lalu kayu-kayu tersebut diolah oleh pihak resort untuk membangun kamar, bungalo, sampai villa.

misool resort raja ampat
instagram.com/misool.resort

Jangankan bisa menginap. Di sini kamu juga bisa menyelam, mengingat kawasan Misool adalah surganya diving.

Kamu juga akan diberi pengetahuan soal apa sajja yanng bisa ditemui di spot menyelam sekaligus isu konservasinya. Bahkan pengelola resort menyewa area seluas 1.200 kilometer persegi dari penduduk setempat (tanpa mengubah kepemilikan).

Tujuannya demi menjaga kelestarian terumbu karang. Kawasan tersebut juga dijaga ketat untuk menghindari segala bentuk pencurian, lho.

Lokasi Misool Eco Resort : Yellu, Misool Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat

2. Green Village Bamboo House

green village
instagram.com/prastikalestari

Bangunan penginapan di Bali ini terinspirasi dari Green School yang menggunakan material bambu sebagai bahan utamanya. Konsepnya pun sama, yakni eco friendly.

Rumah-rumah di sini memang didesain ramah lingkungan. Ruang-ruang di dalamnya juga punya pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik sehingga penggunaan lampu dan AC bisa diminimalisir.

green village bali
instagram.com/moniquedecaro

Ada beberapa tipe unit yang disewakan di Green Village, seperti:

  • Garden House: Rumah tiga lantai yang berdiri di atas lahan seluas 1.000 meter persegi. Ada 3 ruang tidur ber-AC. Ada pula kamar mandi en suite yang tersedia.
  • Sharma Spring: Rumah 6 lantai ini letaknya di tepi Sungai Ayung. Dilengkapi dengan 4 ruang tidur sekaligus kamar mandi en suite. Selai itu, unit ini juga punya ruang tamu yang luas, kolam renang pribadi, dan wisma.
  • Sunrise House: Rumah berlantai 4 ini menawarkan pemandangan lembah sungai. Di dalamnya tersedia lounge terbuka, ruang makan, dapur, sampai ruang kerja.
  • Palm Villa: Terletak di atas lanskap lembah sungai, villa 4 lantai ini punya 3 kamar tidur ber-AC, masing-masing dengan kamar mandi en suite sendiri.
  • Leaf House: Unit ini bisa menampung hingga lima orang. Di dalamnya ada 3 kamar tidur, masing-masing dengan kamar mandi en suite.
  • Cacao House: Unit 3 lantai ini dibangun di dalam hutan kakao. Ada 3 ruang tidur dengan masing-masing kamar mandi en suite.
  • Ananda House: Unit ini punya 3 ruang tidur tertutup kaca dengan AC dan kamar mandi en-suite.

Gimana, tertarik untuk menginap? Mungkin unit di Abiansemal ini cocok untuk kamu yang belum siap tinggal di pedalaman ya?

Lokasi Green Village : Jalan Raya Sibang Kaja, Abiansemal, Bali

3. Utopia Rote Lodge

kamar utopia rote lodge
instagram.com/utopiarote

Nah, kalau penginapan eco friendly di Indonesia ini sempat viral beberapa bulan lalu. Sebut saja Kim Slippens, wanita berdarah Jerman yang lama tinggal di Tanah Air tersebut membangun penginapan dengan konsep ramah lingkungan bersama dengan sang suami, Aimon Ilotte.

Seluruh kamar maupun ruangan di penginapan ini nggak menggunakan tenaga listrik sama sekali. Sebagai gantinya,  Kim dan Aimon memanfaatkan tenaga matahari untuk mengoperasikan kipas angin atau sekadar mengisi ulang baterai handphone.

toilet utopia rote lodge
bgreener.org

Uniknya lagi, penginapan di Nusa Tenggara Timur ini juga memanfaatkan serbuk kayu untuk menyiram kloset toilet, lho.

Dilansir dari BBC Indonesia, Kim menyebut seluruh kotoran yang ditampung di dalam kloset selama kurang lebih 6 bulan sampai 1 tahun bisa didaur ulang jadi pupuk organik.

Pupuk ini nantinya juga digunakan sebagai asupan nutrisi beragam tanaman yang ditanam oleh Kim dan suami. Keren ya?

Lokasi Utopia Rote Lodge : Sedeoen, Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur

Baca juga: Liburan ke NTT? Yuk Mampir ke Surga yang Tersembunyi di Hamparan Sawah Ini!

4. Sarinbuana Eco Lodge

sarinbuana eco lodge
instagram.com/frankiebods

Lagi-lagi di Bali, penginapan ini juga menerapkan konsep eco friendly. Lokasinya lumayan terpencil dan kamu bisa menjangkaunya dari bandara, kawasan Ubud, Kuta, dan Seminyak sekitar 2,5 jam berkendara.

Karena penginapan di Bali ini dibangun dengan memperhatikan keberlangsungan lingkungan, pihak pengelola pun menanam bambu serta pohon untuk bahan bangunannya.

Sarinbuana juga menggunakan amenities berbahan organik yang ramah lingkungan, lho. Bahkan penginapan asri ini juga punya kebun organik sendiri yang bebas pestisida.

sarinbuana eco lodge bali
instagram.com/baliecolodge

Saat menginap di sini, jangan harap kamu akan mendapatkan sinyal. Meski begitu, dijamin nggak akan bosan saat ada di sini. Apalagi ada banyak kegiatan menarik, mulai dari:

  • Kelas memasak kuliner Bali
  • Kaligrafi
  • Kerajinan tangan
  • Belajar bermain gamelan Bali

Bukan cuma itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas alam seperti bird watching, berkebun, trekking, dan mountain biking.

Lokasi Sarinbuana Eco Lodge : Desa Wanagiri, Dalang, Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, Bali

5. Portibi Farms

portibi farm
instagram.com/jinnifernando

Kali ini ada penginapan eco friendly yang ada di Pulau Jawa. Tepatnya di Sukabumi, kamu bisa menemukan Portibi Farm.

Sebenarnya tempat ini adalah kebun sayur organik. Tapi kemudian sang pengelola juga menyediakan penginapan untuk tamu yang ingin tinggal lebih lama. Beberapa tipe penginapan yang ditawarkan juga beragam dan bisa dipilih sesuai budget.

portibi farm sukabumi
instagram.com/poetryreading

Selain bisa menyaksikan langsung kebun organik di Portibi Farms, kamu juga bisa menikmati sajian nikmat yang dibuat oleh juru masak andal. Di sini, kamu bisa menikmati sayur organik yang diolah menjadi hidangan enak dan tentu lebih sehat.

Lokasi Portibi Farms : Jalan Ekologika, Pasawahan, Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat

Dari kelima penginapan eco friendly di Indonesia yang sudah Qupas ulas, mana nih yang paling menarik perhatianmu? Yang masih punya fasilitas mewah, atau yang benar-benar akan membuatmu menginap serasa di hutan belantara?

Apapun pilihanmu, semoga penginapan-penginapan tersebut bisa menginspirasimu untuk selalu menjaga dan melestarikan lingkungan ya!

0 Comment