Penjelasan Ilmiah di Balik Munculnya Keinginan Makan Es Krim Saat Patah Hati

11 March 2019, at 10:00
0
0
Penjelasan Ilmiah di Balik Munculnya Keinginan Makan Es Krim Saat Patah Hati

Pernahkan kamu menonton adegan film tentang seorang perempuan yang sedang makan es krim saat patah hati untuk menyembuhkan rasa galau dan menaikkan moodnya? Nyatanya, hal tersebut juga banyak dilakukan di dunia nyata, lho.

Es krim disebut-sebut merupakan makanan yang wajib disantap ketika sedang galau dan patah hati. Hal ini karena makanan manis tersebut dipercaya dapat menenangkan perasaan.

Namun, tidak banyak yang tahu mengapa es krim bisa menyembuhkan patah hati. Berikut ini alasan ilmiah tentang hal tersebut.

Baca Juga: Alasan Mengapa Perempuan Suka Memakai Baju Pasangannya

1. Es Krim Termasuk Makanan Comfort Food

es krim termasuk makanan comfort food
pexels.com/@kumaran-556744

Comfort food adalah sebutan bagi makanan yang dapat memberikan perasaan nyaman, daya hibur, ketenangan, dan perasaan lega saat mengonsumsinya.

Es krim merupakan salah satu dari jenis comfort food ini. Kemampuan otak untuk merasakan kesedihan akan berkurang saat kamu memakannya.

es krim adalah makanan nyaman
pexels.com/@mentatdgt-330508

Kondisi tersebut disebabkan oleh adanya kandungan lemak susu pada es krim yang ternyata dapat membuat hati merasa nyaman.

Selain itu, kandungan kalium pada es krim juga mampu membuat orang yang mengonsumsinya menjadi lebih rileks dan tenang.

Tryptophan dalam es krim akan diolah menjadi hormon seretonin oleh tubuh yang dapat membantu memperbaiki suasan hati.

2. Es Krim Mengandung Neurotransmitter

es krim mengandung neurotransmitter
pexels.com/@jean-bertordo-832442

Es krim memiliki kandungan neurotransmitter yang ternyata dapat meningkatkan kewaspadaan. Hal tersebut diungkapkan oleh sebuah penelitian pada Franklin Institute.

es krim meningkatkan kewaspadaan
pexels.com/@goumbik

Neurotransmitter dapat membawa sinyal kimia sensitif yang dapat memicu pelepasan perasaan.

Selain itu, menurut University of Maryland Medical Center, hal tersebut dapat membuat seseorang menjadi lebih nyaman, rileks, dan memiliki tidur yang berkualitas.

3. Es Krim Mengandung Asam Amino

es krim mengandung asam amino
pexels.com/@daria

Menurut penelitian, es krim mengandung banyak protein termasuk asam amino. Senyawa ini bisa membuat suasana hati seseorang menjadi lebih baik karena mendapatkan banyak energi.

es krim membuat berenergi
pexels.com/@valeriya

Es krim merupakan makanan yang kayak akan protein dan dapat meningkatkan kadar tirosirin di otak. Kondisi tersebut dapat memperbanyak dopamin dan norepinefrin dalam tubuh.

Baca Juga: 8 Lagu Ini Wakili Kamu yang Sedang Patah Hati

4. Es Krim Mengandung Zat Gizi

es krim mengandung zat gizi
pexels.com/@lina-kivaka-593836

Mengomsumsi es krim bukan hanya akan memanjakan lidahmu, namun juga menambah asupan gizi pada tubuh.

Hal ini karena bahan utama dalam pembuatan es krim adalah susu dan krim. Di dalamnya, terkandung beberapa nutrisi esensial seperti kalsium, protein, kalium, fosfor, dan vitamin.

Es krim yang memiliki rasa lembut, wangi, manis, dan dingin sangat cocok untuk usia remaja sebagai makanan peningkat mood.

es krim cocok untuk suasana hati
pexels.com/@chetanvlad

Sensasi rasanya akan membuat bagian otak tertensi merespon dengan emosi positif dengan sangat baik.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Yoshihiko Koga, seorang profesor dari Universitas Kyorin, Yokyo. Mengonsumsi makanan dingin seperti es krim dapat memberikan stimulus pada otak menjadi lebih aktif, meningkatkan kewaspadaan dan kapasitas mental.

5. Es Krim Bekerja Seperti Alkohol

es krim seperti alkohol
pexels.com/@goumbik

Seorang psikolog bernama Ashley Gearhardt menyebutkan bahwa mengonsumsi es krim saat patah hati sama halnya dengan laki-laki yang minum alkohol ketika sedang bersedih.

Yang berbeda hanyalah makanan atau minuman yang dikonsumsi. Kondisi tersebut disebabkan oleh budaya yang menyatakan bahwa perempuan kurang pantas menyembuhkan kesedihan dengan alkohol.

es krim menenangkan seperti alkohol
pexels.com/@oleg-magni

Selain itu, penelitian mengungkapkan bahwa perempuan cenderung mengomsumsi sesuatu untuk mengalihkan kesedihan yang mereka rasakan.

5 hal di atas merupakan alasan ilmiah mengapa kamu sering merasa ingin makan es krim ketika sedang patah hati atau mengalami masa-masa yang sulit. Kamu suka makan es krim juga kalau sedang galau?

0 Comment