Qupas Family

Penting! 4 Prinsip dalam Mendidik Remaja Ini Wajib Dimiliki Orang Tua

08 January 2020, at 12:00
1
Penting! 4 Prinsip dalam Mendidik Remaja Ini Wajib Dimiliki Orang Tua

Mendidik anak remaja merupakan tantangan tersendiri bagi orang tua. Merupakan momen peralihan dari anak-anak menuju dewasa, pada usia tersebut buah hati mungkin mengalami banyak perubahan dan orang tua perlu berhati-hati dan lebih bijak memberikan pengarahan.

Berikut ini beberapa prinsip penting yang perlu dipegang oleh orang tua untuk sukses mendidik anak remaja. Apa saja ya?

1. Menjadi Pendengar yang Baik

tips parenting
farmaciapoggi.it

Pada usia remaja, buah hati cenderung mengalami berbagai gejolak terkait masalah pubertas, pegaulan, pencarian jati diri, dan lain sebagainya. Masa-masa tersebut membuat anak cenderung lebih sensitif dan ingin didengar.

Maka dari itu, salah satu tips mendidik anak remaja adalah dengan menjadi pendengar yang baik. Ada banyak hal yang mungkin ingin buah hati sampaikan atau tanyakan, jangan sampai ia mencari pelarian ke tempat lain ya!

Menjadi pendengar yang baik dengan nggak menghakimi dan menunjukkan ketertarikan atas apa yang disampaikan anak akan menumbuhkan rasa percaya sehingga lebih mudah untuk memberikan pengarahan kepada buah hati kedepannya.

2. Menghormati Privasi Anak

mendidik anak remaja
shutterstock.com

Selain menjadi pendengar yang baik, orang tua juga harus menghormati privasi anak. Meksipun banyak yang dikhawatirkan, namun kamu harus sadar bahwa usia buah hati nggak kecil lagi.

Remaja merasa perlu memiliki ruang gerak sendiri sehingga orang tua sebaiknya menghormati hal tersebut. Meskipun demikian, bukan berarti membuatmu nggak peduli.

Baca juga: 5 Hal yang Sering Jadi Pemicu Pertengkaran Orang Tua dan Anak Remaja, Apa Saja Ya?

3. Menjadi Teladan yang Baik

anak remaja
shutterstock.com

Setiap orang tua pasti mengharapkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Maka dari itu, sudah sewajarnya kamu menjadi teladan atau contoh nyata dalam upaya mewujudkan hal tersebut.

Anak remaja biasanya lebih mudah terbawa arus pergaulan sehingga sebaiknya orang tua menghadirkan lingkungan yang positif serta penuh dukungan pada anak melalui contoh-contoh baik. Dengan demikian, anak nggak akan merasa dituntut secara sepihak.

4. Menyepakati Peraturan Bersama

parenting
shutterstock.com

Mengajak anak membuat peraturan dan menyepakatinya bersama juga penting dilakukan orang tua dalam mendidik anak remaja. Pasalnya, pada usia tersebut anak-anak cenderung sulit di atur dan lebih suka menghabiskan waktu bersama teman-teman.

Maka dari itu, mediskusikan dan menyepakati hal-hal penting bersama-sama sangat diperlukan. Hal tersebut secara nggak langsung akan membuat buah hati nggak merasa terpaksa untuk menaatinya dan memiliki rasa tanggung jawab.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa prinsip penting yang perlu orang tua miliki agar lebih mudah dalam mendidik anak remaja.