Pentingnya Membaca Buku untuk Perkembangan Anak, Yuk Biasakan Sejak Bayi!

16 August 2019, at 15:00
0
0
Pentingnya Membaca Buku untuk Perkembangan Anak, Yuk Biasakan Sejak Bayi!

Membaca buku merupakan kegiatan penting yang harus dibiasakan sejak dini kepada buah hati. Bahkan orang tua bisa memulainya saat bayi masih dalam bentuk janin di dalam kandungan dengan membacakan buku-buku dongeng lho.

Mungkin terlihat konyol, akan tetapi kebiasaan membaca buku sejak bayi memiliki banyak sekali manfaat bagi perkembangan buah hati.

American Academy of Pediatrics menyarankan agar orang tau mengajarkan kecintaan terhadap membaca sedini mungkin untuk mendapatkan manfaat sebagai berikut.

1. Memperkuat Ikatan dengan Orang Tua

memperkuat ikatan dengan orang tua
workingmother.com

Meskipun belum bisa membaca dan berbicara, orang tua dapat memulai kebiasaan baik tersebut sejak bayi. Rutin membacakan dongeng kepada buah hati dan melakukan interaksi dengan mengajaknya berbicara akan membuat si kecil merasa lebih tenang.

Selain itu, membaca buku untuk anak sejak bayi akan membuat ikatan orang tua dan anak semakin kuat. Hal serupa juga diungkapkan oleh sebuah penelitian dari Scholastic pada tahun 2016.

2. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

meningkatkan kemampuan bahasa
readinghouse.com

Mengajarkan kebiasaan membaca sejak dini kepada buah hati akan meningkatkan kemampuan berbahasanya. Anak akan mendapatkan banyak kosa-kata baru yang mungkin jarang digunakan saat berinteraksi bersama orang tua.

Hal tersebut akan membuat kemampuan berbahasa anak berkembang lebih cepat dibandingkan teman-teman sebayanya, Meskipun demikian, orang tua peran penting dalam mengajari anak untuk memahami kosa-kata baru tersebut.

Selain itu, memiliki kebiasaan membaca sejak bayi juga akan membuat si kecil lebih cepat berbicara dibandingkan dengan anak lain yang nggak melakukan kegiatan tersebut.

3. Meningkatkan Kemampuan Memahami Sesuatu

meningkatkan kemampuan memahami sesuatu
jkrbooks.typepad.com

Selain mengembangkan kemampuan berbahasa, ternyata kebiasaan membaca buku sejak kecil juga baik untuk perkembangan motorik anak lho.

Buah hati akan lebih mudah memahami sesuatu karena sudah terbiasa dihadapkan pada alur, konflik, dan lain sebagainya yang sederhana dalam buku cerita yang dibaca.

Selain itu, anak yang sudah dibiasakan membaca sejak bayi akan memiliki kepekaan lebih terhadap diri dan lingkungannya.

Baca Juga: Sesekali Membiarkan Anak Merasa Bosan Ternyata Baik untuk Perkembangannya, Kok Bisa?

4. Meningkatkan Daya Ingat

meningkatkan daya ingat
pbs.org

Selain itu, mengajarkan anak untuk memiliki kecintaan terhadap membaca buku sejak bayi juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingatnya lho, Bunda.

Membaca buku akan melibatkan beberapa fungsi otak sekaligus, termasuk proses visual, pendengaran, kesadaran fonemik, dan pemahaman yang dapat meningkatkan memori.

5. Mengasah Kemampuan Sosial

mengasah kemampuan sosial
scoop.com.au

Memiliki kemampuan berbahasa yang baik, dapat memahami segala sesuatu dengan mudah, dan memiliki kepekaan terhadap sekitar merupakan bekal yang sangat bermanfaat bagi si kecil dalam hal bersosial.

Melalui cerita-cerita yang dibaca, anak akan berkenalan dengan berbagai emosi dan cara bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya. Sehingga, si kecil akan lebih unggul dalam hal berempati dan merespon suatu kejadian dibandingkan dengan anak yang nggak biasa membaca.

Baca juga: Aneka Buku Anak Buat Perkembangan Otak, Harganya Cuma 50 Ribuan!

Nah, jadi Sobat Qupas nggak perlu ragu lagi untuk menanamkan kebiasaan membaca buku sejak bayi pada buah hati. Akan tetapi, hal tersebut harus dimulai dari kamu sebagai orang tua terlebih dahulu ya!

0 Comment