Qupas Beauty

Pentingnya Mengetahui Kadar pH Skincare untuk Menjaga Kesehatan Wajah

20 September 2020, at 06:20
Pentingnya Mengetahui Kadar pH Skincare untuk Menjaga Kesehatan Wajah

Mengetahui komposisi skincare memang wajib, sebelum kamu membeli ataupun mengaplikasikannya pada wajah. Tapi ada satu hal penting yang masih sering luput dari perhatian, yaitu kadar pH produk perawatan.

Padahal, pH sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit lho. Apabila kadarnya kurang seimbang, berbagai masalah bisa muncul di wajah.

Nah, supaya wajahmu selalu sehat, ketahui dulu yuk pentingnya mengetahui kadar pH dalam produk skincare dan kaitannya dengan kesehatan kulit wajah berikut ini!

1. Apa itu pH?

pH Adalah (Foto: instagram.com/cosrx_paper)
instagram.com/cosrx_paper

pH adalah singkatan dari potential of hydrogen. Istilah ini digunakan untuk menyebut derajat keasaman atau kebasaan dari suatu objek, termasuk kulit.

Kadar pH berkisar pada angka 1-14. Apabila kadarnya di bawah angka 7, maka dianggap asam. Jika di atas 7, berarti bersifat basa.

2. Apa itu pH kulit?

pH Kulit Wajah Berminyak (Foto: pexels.com/@shiny-diamond)
pexels.com/@shiny-diamond

Permukaan kulit secara alami bersifat asam, sehingga sangat cocok dengan produk perawatan yang sifatnya asam pula. Mengutip paulaschoice.com, rentang pH kulit manusia cukup bervariasi.

Namun umumnya pH rata-rata kulit berada di angka 4,7. Ketika kita lahir, pH kulit masih dalam kadar netral. Kadar ini kemudian berubah menjadi asam setelah beberapa minggu.

Selain itu, pH kulit pria cenderung lebih asam daripada wanita. Begitu pula pemilik kulit berjerawat, yang umumnya memiliki pH kulit lebih rendah sehingga mudah teriritasi.

Baca juga: Cara Memilih Bahan Aktif Skincare yang Sesuai dengan Permasalahan Wajah

3. Bagaimana pH skincare mempengaruhi kesehatan kulit?

Sabun dengan pH Netral (Foto: instagram.com/sebamed.id)
instagram.com/sebamed.id

Ketidakseimbangan pH kulit bisa menyebabkan berbagai masalah di wajah. Seperti timbulnya jerawat, kulit kemerahan, eksim, dan wajah jadi sensitif.

Maka dari itu, pastikan memilih skincare yang dilengkapi pH balanced formula, atau pH seimbang. Sebab, penggunaan produk dengan kadar pH terlalu tinggi atau rendah bisa semakin merusak kulit.

4. Cara menyeimbangkan pH kulit wajah

Cara Mengembalikan pH Kulit Wajah (Foto: instagram.com/aprilskin_global)
instagram.com/aprilskin_global

Penggunaan skincare yang terlalu asam atau basa secara terus-menerus bisa merusak keseimbangan pH kulit. Kalau sudah begini apa yang harus dilakukan?

Ada beberapa cara mudah untuk mengembalikan pH kulit wajah pada keadaan normal. Diantaranya:

  • Hindari facial wash yang memiliki kandungan sabun atau detergen
  • Pilih cleanser yang pH-nya di bawah 5,6
  • Gunakan cuka apel sebagai face mist atau pengganti toner
  • Cuci wajah dengan air bersuhu sedang atau hangat suam kuku

Nah, itulah pentingnya mengetahui kadar pH dalam skincare dan kaitanya dengan kesehatan wajah. Kamu tentunya harus lebih selektif ketika mau membeli produk perawatan ya!