Qupas Weekend

Penuh Makna, 6 Film Tentang Rasisme Ini Bikin Kamu Belajar Banyak Hal

04 June 2020, at 08:26
1
Penuh Makna, 6 Film Tentang Rasisme Ini Bikin Kamu Belajar Banyak Hal

Kericuhan yang terjadi di Amerika Serikat akibat terbunuhnya George Floyd semakin menjadi-jadi. Gerakan anti rasis dan tagar #blacklivesmatter serta #alllivesmatter mendapatkan banyak dukungan dari berbagai pihak.

Terkait hal tersebut, berikut ini beberapa film tentang rasisme yang akan membuatnya belajar tentang banyak hal termasuk kesetaraan.

1. Green Book (2018)

Film Pemenang Oscar (Foto: imdb.com)
imdb.com

“Green Book” merupakan sebuah film tentang rasisme yang diangkat dari kisah nyata dengan latar tahun 1960an. Ceritanya sendiri mengikuti pria kulit putih bernama Tony Lip (Viggo Mortensen) yang memandang rendah orang kulit hitam.

Suatu hari, ia terpaksa menerima pekerjaan sebagai supir seorang pianis kulit hitam bernama Don Shirley (Mahershala Ali) karena membutuhkan uang. Hubungan yang awalnya dipenuhi dengan perasaan nggak nyaman lama-kelamaan berubah menjadi persahabatan.

Perjalanan yang mereka lakukan membuat keduanya belajar banyak hal, tentang saling menghargai dan menghilangkan rasisme dalam diri masing-masing.

2. The Hate U Give (2018)

Rasisme di Amerika (Foto: imdb.com)
imdb.com

Film rasisme yang layak kamu tonton selanjutnya adalah “The Hate U Give”. Karya sutradara George Tillman Jr. ini bercerita tentang remaja bernama Starr Carter (Amandla Stenberg) yang harus berjuang menghadapi berbagai tekanan dari berbagai kelompok.

Hal tersebut terjadi saat ia mencoba untuk menyuarakan kebenaran terkait sahabatnya yang meninggal akibat tembakan polisi. Hmm, apakah kamu merasa kisah ini sedikit mirip dengan kasus George Floyd?

Bagaimana nggak, film tersebut diadaptasi dari novel karya Angie Thomas dan juga terinspirasi dari tagar #blacklivesmatter yang juga sempat viral beberapa tahun lalu lho!

3. Detroit (2017)

​​​​​​​Film Rasisme (Foto: imdb.com)
imdb.com

“Detroit” merupakan film yang berlatar pada tahun 1960an. Pada zaman tersebut, rasisme memang masih sangat kental di Amerika Serikat.

Ceritanya sendiri berfokus pada sekelompok remaja yang terjebak dalam kerusuhan berdarah di Detroit. Mereka nggak bisa pulang karena sudah melewati jam malam sehinga terpaksa menginap di hotel.

Melalui film ini, kamu dapat melihat bahwa polisi Amerika Serikat selalu mendiskriminasi masyarakat ras kulit hitam.

Baca juga: 7 Film Tentang Orang yang Diremehkan Ini Bikin Kamu Semangat untuk Raih Kesuksesan

4. The Help (2011)

Film Tentang Rasisme (Foto: imdb.com)
imdb.com

Masih berlatar pada tahun 1960an, “The Help” juga bercerita tentang diskriminasi antara ras kulit putih dan ras kulit hitam yang terjadi di Amerika Serikat.

Ceritanya sendiri berputar di kehidupan sosialita kulit putih di kota Jackson dan perlakuan mereka terhadap pembantunya yang merupakan warga kulit hitam.

5. Fruitvale Station (2013)

Film Tentang Rasisme Terbaik (Foto: imdb.com)
imdb.com

“Fruitvale Station” merupakan film rasisme yang bercerita tentang anak berusia 22 tahun bernama Oscar (Michael B. Jordan). Ia ditembah oleh polisi saat nggak sengaja terlibat pertengkaran dengan seseorang. Meskipun sempat dilarikan ke rumah sakit, namun nyawa Oscar nggak bisa diselamatkan.

Film yang diangkat dari kisah nyata pada tahun 2009 ini menambah daftar panjang ketidakadilan yang dilakukan oleh polisi pada warga kulit hitam.

6. Loving (2016)

Drama Tentang Rasisme (Foto: imdb.com)
imdb.com

Meskipun mengangkat teman tentang rasisme, namun “Loving” termasuk film romantis lho! Ceritanya sendiri berfokus pada pasangan beda ras yaitu Mildred (Ruth Negga) dan Richard Loving (Joel Edgerton) yang diusir dari negara bagian Virginia.

Berbekal keberanian, mereka kembali ke kampung halaman dan membawa kasus tersebut ke pengadilan. Bagaimana kelanjutannya ya?

Well, itu dia Sobat Qupas beberapa film tentang rasisme yang layak kamu tonton. Semoga memberikan banyak pelajaran dan menambah wawasan ya!