Qupas Family

Penyebab Bayi Menangis Histeris Saat Bangun Tidur, Sudah Tahu Belum?

24 December 2019, at 08:00
1
Penyebab Bayi Menangis Histeris Saat Bangun Tidur, Sudah Tahu Belum?

Menangis merupakan salah satu cara komunikasi paling umum yang dilakukan oleh bayi. Seringnya, bayi menangis di saat-saat tertentu seperti lapar, mengantuk, bahkan bangun tidur.

Kebanyakan orang tua mungkin mengira si kecil lapar saat terbangun sehingga menangis. Akan tetapi, bayi yang menangis histeris bisa saja disebabkan oleh berbagai hal lho!

Berikut ini beberapa penyebab bayi menangis histeris saat bangun tidur, orang tua perlu mengetahuinya ya!

1. Gangguang Kecemasan Perpisahan (Separation Anxienty)

bayi menangis saat bangun
sctimes.com

Tahu nggak sih, bayi ternyata juga bisa mengalami kecemasan lho. Dilansir dari laman sleepingsholudbeeasy.com, bayi bisa menangis histeris saat terbangun dan menyadari bahwa ia sendirian.

Hal tersebut sering disebut sebagai gangguan kecemasan perpisahan atau separation anxienty. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa buah hati sedang dalam kondisi memahami dirinya saat terpisah dari orang tua. Maka dari itu, ia akan menangis dan mencari keberadaanmu saat terbangun.

2. Dalam Tahap Perkembangan Baru (New Milestones)

bayi menangis kencang
romper.com

Selain separation anxienty, bayi menangis histeris saat bangun tidur juga bisa disebabkan oleh kondisinya yang sedang dalam tahap perkembangan baru atau new milestones.

Baru bisa duduk, merangkak, atau belajar berjalan merupakan tahap perkembangan baru yang luar biasa pada si kecil. Masa-masa tersebut membuat kualitas tidur bayi terganggu dan membuatnya merasa nggak nyaman setiap kali terbangun.

Baca Juga: Nggak Melulu Lapar, Ini 5 Arti Tangisan Bayi yang Perlu Orang Tua Pahami

3. Siklus Tidur

bayi menangis histeris
medibank.com.au

Bayi yang belum belajar cara tidur sendiri (tanpa ditidurkan oleh orang tua) akan mengalami kesulitan untuk kembali tidur saat terbangun. Hal tersebut biasanya akan membuat si kecil menangis histeris.

Orang tua bisa mencoba menepuk atau mengayun-ayunkan tubuh bayi sampai merasa tenang kembali dan bisa tidur lagi.

4. Sedang Tumbuh Gigi atau Mengalami Infeksi

bayi menangis tumbuh gigi
bigstockphoto.com

Sedang tumbuh gigi dan mengalami infeksi juga akan membuat buah hati menangis histeris saat terbangun dari tidur lho!

Perasaan nggak nyaman akan mengganggu buah hati. Apabila si kecil sering mengalaminya, cobalah untuk pergi ke dokter agar bisa diketahui penyebab pastinya ya!

Jadi itu dia Sobat Qupas 4 penyebab bayi menangis histeris saat bangun tidur yang perlu kamu ketahui. Ternyata nggak melulu lapar lho!