Penyebab Bruntusan di Wajah yang Nggak Pernah Kamu Duga Sebelumnya

19 April 2019, at 18:00
0
0
Penyebab Bruntusan di Wajah yang Nggak Pernah Kamu Duga Sebelumnya

Jerawat kecil-kecil yang datangnya keroyokan atau biasa disebut dengan bruntusan memang sangat menyebalkan. Selain mengganggu penampilan, masalah yang satu ini seringkali membuat wajah jadi gatal bahkan perih.

Sebelum mencari produk untuk menghilangkan bruntusan di dahi atau daerah lainnya, baiknya kamu cari tahu dulu deh penyebabnya. Biar perawatanmu nanti bisa maksimal dan masalah ini nggak datang lagi.

Untuk itu, Qupas sudah merangkum beberapa penyebab bruntusan di wajah yang sepele dan wajib kamu hindari dari sekarang. Seperti berikut!

1. Kesalahan dalam membersihkan wajah

penyebab bruntusan di dahi
wexnermedical.osu.edu

Malas membersihkan wajah bisa jadi awal timbulnya bruntusan. Tapi, terlalu sering mencuci muka ternyata juga nggak baik dan membuat minyak alami di kulit jadi terkikis habis.

Nah, kalau sudah begini, kelenjar minyak akan mengartikan kalau kulitmu kekurangan minyak, sehingga sebum justru akan diproduksi lebih banyak lagi. Inilah awal timbulnya bruntusan.

Untuk itu, baiknya jangan mencuci wajah terlalu sering. Cukup lakukan ritual ini dua kali sehari di pagi dan malam hari.

2. Penggunaan produk kosmetik

penyebab bruntusan karena kesalahan kosmetik
instagram.com/rollover.reaction

Inovasi di dunia kosmetik terus melahirkan berbagai produk baru. Selain bisa bikin wajah makin cantik, kemasannya pun dibuat sangat menggemaskan dan menggoda siapa saja untuk membelinya.

Eits, tapi kamu jangan mudah terpancing dan baiknya teliti dulu sebelum membelinya. Produk kosmetik berkelas pun terkadang bisa jadi pemicu munculnya bruntusan karena di dalamnya mengandung bahan iritan yang nggak cocok untuk kulitmu.

3. Model rambut

Rambut berponi jadi penyebab bruntusan di dahi
gstatic.com

Dahi adalah salah satu area yang sering kali muncul bruntusan. Hingga terkadang, para wanita sering memanfaatkan poni untuk menutupinya.

Tapi tahu nggak sih, model rambut berponi seringkali jadi penyebab bruntusan di dahi dan bisa memperparahnya lho. Apalagi kalau kamu jarang keramas.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah dengan Cepat, Mudah dan Aman!

4. Masalah pencernaan

penyebab bruntusan karena masalah pencernaan
stylecraze.com

Dari riset yang pernah dilakukan guru besar di Amerika Serikat, Dr Harvey W Kellogg, 90% penyakit dan masalah di wajah ternyata disebabkan oleh usus. Termasuk juga bruntusan.

Jadi, penyebab bruntusanmu yang nggak kunjung pergi mungkin bisa disebabkan oleh masalah pencernaan. Untuk memastikannya, kamu bisa pergi ke dokter dan melakukan cek kesehatan.

5. Perubahan homon

penyebab bruntusan karena perubahan hormon
usda.gov

Sama seperti penyebab jerawat, bruntusan yang sering mengeroyok wajahmu bisa dipicu oleh perubahan hormon. Biasanya terjadi di masa puber, menstruasi, kehamilan, juga konsumsi pil KB.

Karena kelebihan hormon testosteron umumnya akan memicu produksi sebum dan membuat bruntusan tumbuh subur.

6. Terlalu banyak konsumsi protein

penyebab bruntusan
stylecraze.com

Kalau kamu punya bruntusan di pipi dan susah untuk pergi, coba deh kurangi konsumsi daging, produk susu, dan gula.

Karena hal ini bisa jadi karena terlalu banyak kandungan protein yang masuk ke dalam tubuh.

Nah, itulah penyebab bruntusan di wajah yang mungkin nggak kamu sadari selama ini. Jadi, sebisa mungin hindari dari sekarang ya!

0 Comment