Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Kepala yang Bikin Nggak Bisa Tidur

05 October 2019, at 18:00
0
0
Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Kepala yang Bikin Nggak Bisa Tidur

Timbulnya jerawat di bagian wajah mungkin sudah dianggap sebagai hal yang lumrah. Tapi ada juga yang mengeluh dan nggak bisa tidur karena masalah ini terjadi di kulit kepala.

Ya, selain di wajah atau punggung, jerawat ternyata juga bisa menyerang kulit kepala. Meski kelihatannya nggak mengganggu penampilan, tapi masalah ini sangat menyebalkan karena menimbulkan rasa gatal bahkan sakit yang luar biasa.

Kalau kamu mengalaminya juga, Qupas akan bantu cari tahu penyebab timbulnya jerawat di kepala sekaligus cara mengatasinya. Simak langsung yuk!

1. Malas Menjaga Kebersihan Rambut

wanita keramas
instagram.com/thebathbox

Bukan hal yang mengejutkan lagi, kurang menjaga kebersihan rambut tentu bisa mengundang jerawat untuk datang. Karena debu, polusi, dan minyak yang menumpuk di kulit kepala akan tercampur lalu menyumbat folikel dan pori-pori.

Pori-pori yang tersumbat itu kemudian akan meradang dan menjadi jerawat karena diinfeksi oleh bakteri P.acnes. Untuk mengatasinya, kamu tentunya nggak boleh malas keramas.

Nggak perlu tiap hari kok, minimal tiga kali dalam seminggu supaya rambutmu selalu bersih dan kelembaban di kulit kepalamu tetap terjaga.

2. Banyak Beraktivitas di Luar Ruangan

beraktivitas di luar ruangan
instagram.com/pantene

Semakin lama kamu beraktivitas di luar ruangan, maka kemungkinan untuk timbul jerawat di kulit kepala juga semakin besar. Hal ini karena debu juga paparan polusi bikin rambutmu lebih cepat kotor dan berakhir dengan menyumbat pori-pori.

Maka dari itu, baiknya selalu gunakan pelindung kepala seperti topi supaya rambutmu nggak jadi sarang kotoran. Tapi yang perlu diingat juga, langsung lepas topimu saat sudah berada di ruangan.

Hal ini untuk mencegah supaya kulit kepalamu nggak terlalu lembab dan jadi sarang kuman penyebab jerawat.

Baca juga: Bukan Karena Malas Keramas, Ini Lho 5 Penyebab Ketombe Semakin Parah

3. Penggunaan Produk Perawatan Rambut

memakai kondisioner
instagram.com/pantene

Siapa sangka, produk perawatan rambutmu ternyata mungkin jadi penyebab munculnya jerawat di kepala. Karena kandungan shampoo, kondisioner, hair oil, hingga masker rambut terkadang bisa menumpuk dan menyumbat pori-pori.

Untuk menghilangkan dan mencegah jerawat di kepala biar nggak muncul lagi, tentunya kamu harus mengganti produk perawatan rambutmu.

Kemudian cobalah shampoo atau produk perawatan rambut lainnya yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, tea tree oil, dan jojoba oil.

4. Makanan

makanan sehat
instagram.com/luxcrime_id

Pernah dengar nggak sih, beberapa makanan bisa memicu timbulnya jerawat di wajah. Hal itu memang benar dan berlaku juga untuk kulit kepala lho.

Mulai sekarang, coba benahi pola makanmu dan kurangi konsumsi makanan yang mengandung minyak tinggi, fast food, dan pemanis.

5. Stres dan Kurang Tidur

stres dan kurang tidur
instagram.com/luxcrime_id

Kamu mungkin sudah tahu, stres bisa mempengaruhi kesehatan fisik seseorang. Tapi lebih dari itu, kondisi ini ternyata juga memicu timbulnya jerawat di ulit kepala lho.

Bahkan stres dan kurang tidur bisa mengganggu proses metabolisme tubuhmu. Ini juga yang menyebabkan rasa gatal dan peradangan di jerawatmu nggak kunjung sembuh.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan relaksasi. Misalnya dengan melakukan yoga, jalan santai, atau meditasi.

Baca juga: Benarkah Kebiasaan Begadang Bisa Bikin Wajah Jerawatan? Ini Faktanya

Nah, itulah beberapa penyebab jerawat di kulit kepala yang terkadang terasa sangat sakit dan bikin nggak bisa tidur. Pastikan untuk menghindarinya ya!

0 Comment