Qupas Family

Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi yang Wajib Orang Tua Ketahui

19 January 2020, at 08:00
1
Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi yang Wajib Orang Tua Ketahui

Perut kembung merupakan salah satu masalah kesehatan yang terlihat sepele namun sebenarnya sangat mengganggu. Nggak hanya bisa dialami oleh orang dewasa, namun hal tersebut juga dapat menyerang si kecil lho!

Sebenarnya, kondisi perut kembung memang wajar menyerang bayi yang baru lahir hingga berusia 3 bulan. Pada umumnya, masalah kesehatan tersebut disebabkan oleh saluran pencernaan buah hati yang belum berfungsi maksimal.

Selain itu, beberapa faktor berikut ini juga turut menjadi penyebab perut kembung pada bayi yang wajib orang tua waspadai.

1. Makanan yang Dikonsumsi Ibu Menyusui

ibu menyusui
chrisvandewater.com

Apabila bayi yang masih mengonsumsi ASI mengalami perut kembung, bisa jadi penyebabnya adalah makanan yang dikonsumsi oleh ibunya.

Maka dari itu, sangat penting bagi ibu menyusui untuk memperhatikan apa yang dikonsumsi. Cobalah untuk menghindari makanan-makanan yang mengandung gas kubis, brokoli, bawang, dan lain sebagainya.

2. Makanan yang Dikonsumsi Bayi

mpasi
romper.com

Selain makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui, makanan yang masuk ke dalam tubuh bayi juga mempengaruhi. Jika si kecil sudah diberikan MPASI, sama seperti ibu, sebaiknya hindari makanan yang mengandung gas.

Selain itu, memberikan asupan cairan selain ASI seperti jus yang mengandung fruktosa juga dapat menyebabkan kembung serta diare pada buah hati.

4. Dot Bayi

dot bayi
gettyimages.com

Nggak hanya makanan, pemilihan bentuk dot juga bisa memengaruhi masalah kembung pada bayi lho! Bunda harus pintar-pintar deh!

Usahakan nggak memilih ujung dot yang terlalu kecil karena hal tersebut memungkinkan lebih banyak udara masuk ke dalam perut bayi saat ia minum susu.

Baca juga: Fakta Penggunaan Minyak Kayu Putih untuk Bayi, Aman Nggak Ya?

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

pijat perut bayi
tacomalibrary.org

Apabila si kecil sudah terlanjur mengalami kembung yang diperjelas dengan tanda-tanda seperti perut yang lebih keras, sering kentut, sering menggeliat ke belakang, dan mengangkat kedua kakinya, berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

  • Pijat bagian perut bayi secara lembut searah dengan jarum jam sembari ia dibaringkan
  • Letakkan bayi dengan posisi telungkup di atas kedua pahamu dan usap punggunya dengan halus
  • Baringkan bayi dengan posisi telentang di atas kasur dan gerakkan kedua kakinya seperti sedang mengayuh sepeda

perut kembung pada bayi
momlovesbest.com

Beberapa cara di atas dipercaya dapat membuat angin atau gas yang terperangkap di perut si kecil keluar dan kembungnya pun berkurang.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa penyebab perut kembung pada bayi dan cara mengatasinya yang perlu kamu ketahui.