Penyebab Keputihan yang Ternyata Kerap Dilakukan Perempuan, Waduh!

21 August 2018, at 08:41
0
0
Penyebab Keputihan yang Ternyata Kerap Dilakukan Perempuan, Waduh!

Semua perempuan pasti pernah mengalami keputihan. Sebenarnya kondisi alami ini punya fungsi tersendiri, yakni membersihkan dan melindungi Miss V dari iritasi maupun infeksi. Namun sayang, ada beberapa jenis keputihan yang sampai bisa mengganggu aktivitas sebagian besar perempuan. Tentu saja hal ini harus segera diatasi. Tapi, sebelum mengatasinya, penyebab keputihan juga harus diketahui terlebih dahulu.

Siapa sangka, ada beberapa penyebab keputihan yang ternyata sering perempuan lakukan. Bahkan, hal-hal yang dianggap remeh dan nggak berisiko, pada kenyataannya justru berakibat fatal. Dalam hal ini, perempuan tentu wajib tahu karena mencegah lebih baik daripata mengobati. Yuk, simak beberapa penyebab keputihan berikut ini!

Baca juga: Keputihan, Wajar atau Tidak?

1. Menggunakan Pantyliner

 

pantiliner menyebabkan keputihan
cdn.hellosehat.com

Sering dianggap sepele, ternyata kebiasaan ini bisa berakibat fatal. Mungkin kamu akan merasa terbantu dengan menggunakan pantiliner saat  keputihan sedang deras-derasnya. Padahal, hal ini justru semakin memperparah keadaan, lho.

penyebab keputihan karena pantiliner
orami.co.id

Saat menggunakan pantiliner, aliran udara ke Miss V jadi terhalang. Akibatnya, organ intimmu jadi lembab sehingga keputihanmu semakin parah. Mulai sekarang, yuk kurangi pemakaian pantiliner. Lebih baik lagi, sediakan saja celana dalam ganti jika memang keputihanmu lumayan deras.

2. Menggunakan Celana Dalam Terlalu Ketat
 

celana dalam ketat menyebabkan keputihan
health.harvard.edu

Coba sahabat Qupas cek celana dalam yang sedang dipakai. Apakah terlalu ketat? Jika iya, sebaiknya jangan dipakai lagi karena hal ini bisa menyebabkan keputihanmu semakin parah. Seperti diketahui, Miss V perlu aliran udara yang lancar supaya nggak lembab.

penyebab keputihan karena celana dalam ketat
ubykotex.com

Semakin lembab keadaan Miss V, maka jamur dan bakteri akan tumbuh subur. Lebih mengerikan, hal ini bisa menyebabkan keputihan yang bersifat patogenik alias berpotensi jadi penyakit. Tentu kamu nggak mau hal ini terjadi, kan? So, mulai sekarang pakai celana dalam longgar dan tentunya nyaman dipakai, ya!

3. Membiarkan Miss V Basah Setelah ke Belakang
 

miss v lembab setelah buang air sebabkan keputihan
kalay.com.mm

Penyebab keputihan lain yang tanpa disadari sering dilakukan perempuan adalah membuarkan Miss V tetap basah setelah dari belakang. Entah lupa atau malas mengeringkannya, hal ini bisa membuat Miss V lembab. Kalau sudah lembab, tentunya keputihan bisa terjadi.

penyebab keputihan karena miss v lembab
azurologicsurgeons.com

Jadi, lebih baik sediakan tisu atau handuk bersih untuk mengeringkan Miss V setelah buang air kecil maupun besar. Kamu juga bisa membawa celana dalam cadangan di dalam tas. Dengan cara ini, tentu kamu bisa mengurangi risiko keputihan. Yuk, dicoba!

Baca juga: Bau Badan Menyengat, Ini Tanda Kesehatan Yang Patut Kamu Waspadai

4. Terlalu Sering Menggunakan Cairan Pembersih
 

sering pakai sabun pembersih sebabkan keputihan
empowher.com

Kebersihan Miss V memang perlu dijaga. Bahkan, mungkin banyak yang beranggapan jika membersihakan organ intim menggunakan sabun pembersih hasilnya bisa lebih optimal. Sayangnya, anggapan tersebut bisa dikatakan salah.

penyebab keputihan karena sering pakai sabun pembersih
bunnyears.com

Miss V sebenarnya bisa membersihkan dirinya sendiri sehingga nggak perlu menggunakan cairan pembersih berbahan kimia. Penggunaan sabun pewangi, douche, semprotan, pelumas dan lain sejenisnya ternyata bisa menyebabkan Miss V alergi. Infeksi yang terjadi pun bisa menyebabkan keputihan nggak normal. Jadi, mulai sekarang jangan pakai sabun pembersih berbahan kimia untuk bersihkan organ intimmu, ya!

5. Pemilihan Bahan Celana Dalam yang Salah
 

pemilihan bahan celana dalam salah sebabkan keputihan
zenparent.in

Bukan hanya yang terlalu ketat, sebaiknya kamu juga harus selektif dalam memilih bahan celana dalam. Dalam hal ini, bahan katun adalah pilihan terbaik. Pasalnya, pori-pori kain yang cukup besar akan memungkinkan pergantian sirkulasi udara yang lebih baik. Selain itu, bahan ini juga bisa meminimalisir terjadinya alergi atau rasa gatal karena elastisitas serta teksturnya cukup baik.

penyebab keputihan karena salah pilih bahan celana dalam
modibodi.com

Sebaliknya, hindari pemakaian celana dalam yang terbuat dari bahan berpori kecil, contohnya satin atau spandex ketat. Bahan tile juga sebaiknya kamu hindari. Meski punya pori-pori yang besar, teksturnya yang kasar akan membuatmu nggak nyaman saat memakainya. Bahkan, bisa juga bikin area Miss V jadi gatal. Jadi, jangan sembarangan lagi, ya saat pilih celana dalammu!

Beberapa penyebab keputihan yang sudah Qupas bisa kamu terapkan mulai sekarang. Pasalnya, memang lebih baik mencegah daripada mengobati, kan? Tapi, kalau sudah terlanjur parah, sebaiknya kamu coba konsultasi pada dokter. So, jangan ragu lagi untuk mencegah keputihanmu semakin parah!

0 Comment