Perawatan Wajah dan Kulit yang Wajib Dilakukan Mulai Usia 20-an

18 February 2019, at 13:00
0
0
Perawatan Wajah dan Kulit yang Wajib Dilakukan Mulai Usia 20-an

Usia 20-an termasuk dalam masa peralihan dari remaja menuju dewasa. Perawatan wajah dan kulit yang wajib dilakukan pun tentunya berbeda.

Apalagi, wanita di usia ini umumnya sedang dalam masa paling aktif. Untuk menjaga agar wajah tetap mulus, kenyal, dan cerah, rutinitas berikut ini tak boleh kamu lewatkan.

Apa saja? Yuk simak langsung!

1. Gunakan pelembab wajah setiap hari

usia 20an wajib menggunakan pelembab
instagram.com/elsheskin

Tak memandang usia dan tipe kulit, kelembaban wajah adalah hal wajib yang harus selalu dijaga. Tujuannya untuk mencegah berbagai kerusakan juga penuaan.

Sebagai tips, pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Seperti contohnya, apabila termasuk kulit kering, cari moisturizer yang mengandung hyaluronic acid.

Kamu juga bisa membeli pelembab yang bisa menangani kondisi wajamu. Misalnya saja moisturizer yang diperkaya dengan tea tree oil akan sangat baik untuk merawat kulit yang berjerawat.

2. Jangan lupakan penggunaan suncreen

usia 20a wajib menggunakan sunscreen
instagram.com/etudehouseofficial

Jangan dikira perlindungan ekstra dengan suncreen hanya dibutuhkan ketika matahari sedang terik. Efek buruk sinar UV ternyata masih bisa beraksi meski cuaca sedang mendung atau hujan seperti sekarang ini.

Untuk itu, jangan pernah melewatkan penggunaan sunscreen di pagi hari sebelum beraktivitas. Hal ini untuk menghindari dampak sinar UVA dan UVB yang mampu menimbulkan kerusakan pada kulit dan wajah.

Seperti kemerahan, garis halus, flek hitam, hingga masalah hiperpigmentasi.

3. Membersihkan wajah di malam hari

usia 20an wajib membersihkan wajah setiap hari
instagram.com/studiotropik

Perawatan wajah yang hukumnya mutlak dilakukan di usia 20-an selanjutnya adalah ritual double cleansing setiap malam. Hal ini untuk melunturkan makeup ataupun sisa kotoran lainnya.

Jadi meskipun tubuhmu sudah lelah dan ingin segera beristirahat, sempatkan untuk membersihkan wajah dengan makeup remover lalu lanjutkan dengan facial wash.

Dengan begitu, proses regenerasi yang dilakukan kulit saat kamu tertidur akan berjalan dengan maksimal dan wajah bisa terhindar dari berbagai masalah.

4. Eksfoliasi wajah secara teratur

usia 20an wajib eksfoliasi wajah secara teratur
ytimg.com

Selain membersihkan wajah setiap hari, kamu juga wajib melakukan eksfoliasi secara rutin. Ritual pengangkatan sel kulit mati ini baiknya dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.

Kamu bisa melakukan eksfoliasi wajah dengan produk peeling yang banyak dijual di pasaran. Pastikan saja formulanya cocok dengan jenis kulitmu.

Atau sebagai alternatif lain, kamu bisa manfaatkan bahan alami yang ada di dapur untuk membantu proses eksfoliasi. Misalnya saja dengan bubuk kopi.

Baca juga: Cara Eksfoliasi Wajah yang Tepat Supaya Tak Merusak Kulit

5. Gunakan toner yang sesuai dengan kondisi kulit

usia 20an wajib menggunakan toner setiap hari
instagram.com/studiotropik

Selama ini, fungsi toner dikenal sebagai pembersih sisa kotoran yang menempel di wajah, seperti makeup dan minyak yang belum dituntaskan oleh cleansing water ataupun sabun pencuci muka.

Tapi selain itu, toner masih memiliki segudang manfaat lainnya. Seperti menutrisi kulit, menyeimbangkan pH, mengencangkan pori, detoksifikasi, hingga mencegah jerawat.

Itulah mengapa, kamu juga tak boleh meninggalkan toner dari rutinitas perawatan wajahmu setiap hari.

6. Mulai gunakan produk anti aging

usia 20an wajib menggunakan skincare anti aging
instagram.com/elsheskin

Menggunakan produk anti aging di usia 20-an mungkin terdengar aneh bagimu. Tapi tahukah kamu, dari riset yang pernah dilakukan oleh salah satu brand kecantikan asal Jepang, tanda-tanda penuaan nyatanya sudah mulai muncul sejak usia 25 tahun lho.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu mulai menambahkan skincare anti aging dari sekarang. Agar wajah bebas dari garis halus dan senantiasa awet muda.

7. Penuhi asupan cairan tubuh

minum air putih untuk perawatan kulit
healthline.com

Menjaga kulit agar tetap sehat tak melulu dilakukan dengan bantuan skincare. Asupan yang masuk ke dalam tubuh pun juga bisa membantu supaya kamu bisa selalu tampil cantik.

Salah satunya adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Minumlah setidaknya 1,5 liter air putih setiap hari.

Selain membuat tubuh tetap sehat, hal ini bisa membantu proses detoksifikasi, menghidrasi kulit, serta membuat wajah terlihat lebih segar.

8. Perbanyak konsumsi lemak sehat

konsumsi makanan yang mengandung lemak baik

Salah satu jenis makanan yang bisa mendukung untuk dapatkan kulit yang cantik dan sehat adalah yang mengandung lemak sehat dengan omega 3 melimpah. Misalnya saja seperti buah alpukat.

Disamping itu, kamu juga bisa dapatkan lemak baik dari minyak zaitun, kacang-kacangan, dan ikan laut dalam.

Nah, itulah langkah perawatan wajah dan kulit yang harus dilakukan mulai usia 20an. Gimana, selama ini kamu sudah melakukan semuanya atau belum?

0 Comment