Qupas Family

Perbanyak Amalan di Bulan Suci, Ini 5 Cara Efektif untuk Mengajar Anak Mengaji

14 May 2020, at 05:02
Perbanyak Amalan di Bulan Suci, Ini 5 Cara Efektif untuk Mengajar Anak Mengaji

Sebagian besar orang tua muslim pasti mendambakan anak yang taat beragama dan pintar mengaji. Buah hati yang mencintai, mahir membaca, menghafal, serta megkaji Al-Quran pasti menjadi kebanggan tersendiri.

Untuk mencapai hal tersebut, orang tua perlu mengenalkan Al-Quran kepada buah hati sedini mungkin. Kamu bisa memanfaatkan bulan suci Ramadhan ini untuk memulai mengajar mengaji anak dengan cara berikut ini.

1. Biasakan Anak Mendengar Bacaan Al-Quran Sejak Dini

Usia yang Tepat Mengajarkan Anak Mengaji (Foto: pinterest.com)
pinterest.com

Cara mengenalkan Al-Quran pada anak yang pertama adalah dengan membiasakan buah hati untuk mendengar lantunan ayat-ayat suci sejak dini.

Karena sudah sering mendengarkan, anak akan merasa familier dan lebih mudah untuk belajar mengaji.

2. Mulai dari yang Mudah

Memotivasi Anak Agar Mau Mengaji (Foto: rawpixel.com)
rawpixel.com

Jangan langsung diajak membaca Al-Quran. Mengajar mengaji anak harus dilakukan dari yang paling mudah, seperti mengenalkan huruf-huruf hijayyah menggunakan Iqra’.

Mulailah dengan mengajak anak untuk menirukan bunyi bacaan dan menghafalkannya. Dalam hal ini, dibutuhkan kesabaran karena setiap anak memiliki kemampuan mengingat dan memahami yang berbeda-beda.

3. Jelaskan Kebaikan Mengaji

Cara Mengenalkan Al Quran Pada Anak (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Untuk memotivasi anak agar mau mengaji, orang tua sebaiknya menjelaskan mengapa hal tersebut dan ibadah-ibadah lainnya perlu dilakukan.

Berikan penjelasan sederhana dan lakukan komunikasi dua arah. Biarkan anak bertanya dan jawablah dengan jujur dan kata-kata yang mudah dipahami oleh buah hati.

Baca juga: 5 Cara Mudah Melatih Anak Berpuasa, Jangan Dipaksa Ya Bunda!

4. Lakukan Secara Konsisten

Cara Mengajar Privat Mengaji (Foto: gettyimages.co)
gettyimages.co

Ketika anak belajar tentang sesuatu, ia akan lebih mudah paham dan hafal apabila proses pembelajaran dilakukan secara konsisten.

Hal tersebut juga berlaku untuk mengaji lho! Maka dari itu, lakukan hal ini setiap hari meskiipun dengan durasi yang sebentar. Orang tua perlu kreatif karena ada kalanya anak merasa nggak mood melakukan kegiatan tersebut.

5. Berikan Apresiasi

Anak Pintar Mengaji (Foto: aboutislam.net)
aboutislam.net

Jangan lupa untuk memberikan apresiasi berupa pujian atau hadiah setiap kali anak berhasil melalui tahap-tahap penting saat belajar mengaji.

Untuk hadiah nggak perlu yang mewah kok. Hal-hal simpel seperti permen, coklat, tambahan waktu untuk bermain game, dan lain sebagainya sudah bisa membuat anak merasa senang dan usahanya dihargai.

Perlu diingat bahwa mengajarkan anak untuk mengaji harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan tanpa paksaan ya Sobat Qupas.