Perbedaan Tingkatan SPF pada Sunscreen, Apa Sih Artinya?

31 March 2019, at 06:01
0
0
Perbedaan Tingkatan SPF pada Sunscreen, Apa Sih Artinya?

Satu hal yang paling penting dari sunscreen adalah kandungan SPF di dalamnya. Dan di pasaran sendiri, banyak produk yang bertebaran dengan kadar SPF yang berbeda.

Nah, sebenarnya kamu paham nggak sih tingkatan SPF 15, SPF 25, SPF 30, bahkan SPF 50+ itu apa artinya? Kalau belum tahu, Qupas akan bantu cari jawabannya.

SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor. Dalam suncreen atau skincare lainnya, kandungan ini bisa dilihat sebagai indikator akan seberapa lama produk tersebut mampu melindungi kulitmu dari sengatan matahari.

spf tinggi apa artinya
theskincareedit.com

Jadi semakin besar kadar SPF-nya, kulitmu akan dapatkan perlindungan yang semakin lama pula.

Seperti yang disinggung sebelumnya, kadar SPF dalam suncreen bisa bermacam-macam. Mulai dari SPF 15, 30, 50, bahkan 100.

Baca juga: Super Praktis, Inilah Sunscreen Stick Korea dengan SPF 50+ untuk Perlindungan Lebih Lama

Lalu gimana cara menghitung ketahanan SPF? Sebelum itu, perlu diketahui kulit manusia umumnya bisa bertahan selama 10-15 menit di bawah sinar matahari tanpa perlindungan apapun.

spf yang baik untuk wajah
roxspabeverlyhills.com

Nah, jumlah SPF akan memperpanjang 10 kali lipat lebih lama kulit bisa bertahan dari panas matahari.

Biar lebih mudah, Qupas akan berikan contoh. Bila kamu mengoleskan suncreen dengan kadar SPF 25, maka ketahanannya adalah 10 menit x 25 = 250 menit, atau setara dengan 4 jam 10 menit.

Jadi bisa diartikan, produk sunscreen yang kamu pakai akan efektif melindungi kulit selama 4 jam. Begitu pula dengan tingkatan SPF yang lebih tinggi, maka perlindungannya akan lebih lama lagi.

cara menghitung spf
instagram.com/innisfreeofficial

Itulah mengapa, saat kamu aktif beraktivitas di luar ruangan, di pantai, atau bahkan traveling dengan pesawat, sangat dianjurkan untuk memakai suncreen atau sunblock dengan kandungan SPF yang lebih tinggi.

Tapi perlu diingat juga, bukan berarti SPF 50 atau 100 mampu melindungi kulit sepenuhnya dari efek buruk sinar matahari. Dan bukan pula SPF 30 akan memberi perlindungan ganda dari SPF 15.

Faktanya, data dari American Cancer Society (ACS), SPF 30 menyaring UVB sebanyak 97 persen, SPF 50 menyaring UVB sebanyak 98 persen, dan SPF 100 menyaring UVB sebanyak 98 persen.

memakai suncreen
southernliving.timeinc.net

Bahkan penggunaan tabir surya ber-SPF tinggi dalam waktu yang lama justru bisa meningkatkan risiko terkena luka bakar dan kanker kulit. Lalu berapa kadar yang paling pas untuk dipakai sehari-hari?

Untuk kebutuhan sehari-hari, produk dengan kandungan SPF 30 dirasa cukup. American Academy of Dermatology (AAD) juga menyarankan baiknya selalu mengaplikasikan ulang sunscreen tiap 2 jam sekali atau setelah berkeringat.

Sebagai tips, SPF hanya memberi perlindungan dari radiasi UVB. Nah, untuk memastikan kulitmu terlindung dari UVA juga, pilih produk tabir surya yang sudah lulus tes radiasi UVA dan UVB.

0 Comment