Qupas Travel

Percandian Batujaya Karawang, Warisan Budaya yang Ada di Antara Hamparan Sawah

11 March 2020, at 06:00
Percandian Batujaya Karawang, Warisan Budaya yang Ada di Antara Hamparan Sawah

Percandian Batujaya mungkin bukan sesuatu yang baru bagi masyarakat Karawang. Tapi untuk para traveler, destinasi bersejarah ini sepertinya masih cukup asing.

Untuk para pecinta sejarah dan kamu yang ingin melihat salah satu warisan masa Kerajaan Tarumanegara, tempat wisata di Karawang ini wajib kamu kunjungi.

Karena selain melihat bangunan sejarah, berbagai keunikan kompleks Percandian Batuwijaya siap membuat liburanmu lebih istimewa. Intip ulasan berikut ini, ya!

1. Cagar budaya baru di Indonesia

Candi Batujaya (Foto: instagram.com/travelingwithjuan)
instagram.com/travelingwithjuan

Sejak 11 Maret 2019 lalu, kompleks percandian di Karawang ini sudah ditetapkan menjadi kawasan cagar budaya Nasional. Melalui surat Kemendikbud Nomor 76/M/2019, Batujaya menjadi bagian dari destinasi wisata budaya di Jawa Barat.

Meski baru diresmikan setahun lalu, tapi wisata ini cukup diminati pengunjung. Terlebih lagi kini warga Jawa Barat nggak harus ke Jawa Tengah maupun Jawa Timur dulu untuk melihat bangunan candi.

2. Peninggalan Buddha kuno di Jawa Barat

Candi Blandongan Batujaya (Foto: instagram.com/alivikry)
instagram.com/alivikry

Kompleks Candi Batujaya sendiri merupakan sisa percandian Buddha Kuno. Beberapa bangunan candi tersebar di sejumlah titik, dimana yang terkenal adalah Candi Jiwa dan Candi Blandongan.

Sebenarnya situs bersejarah ini sudah diteliti oleh arkeologi Fakultas Sastra (Fakultas Ilmu Budaya) Universitas Indonesia tahun 1984. Awalnya, penelitian dilakukan setelah ada laporan tentang penemuan benda-benda purbakala di sekitar gundukan tanah sekitar sawah.

3. Candi tertua di Indonesia

Candi Batujaya Karawang (Foto: instagram.com/wildaeid)
instagram.com/wildaeid

Percandian Batujaya memang istimewa. Bukan cuma diketahui sebagai peninggalan Buddha Kuno saja.

Ternyata kompleks candi ini merupakan salah satu yang tertua di Indonesia. Bahkan konon usianya lebih tua dari Candi Borobudur, lho.

Situs percandian di Kabupaten Karawang ini diperkirakan sudah dibangun sekitar abad ke-5 Masehi atau pada masa Kerajaan Tarumanegara.

Baca juga: Uniknya Candi Sambisari, Objek Wisata Bersejarah yang Seolah Muncul dari Dalam Tanah

4. Berada di antara hamparan sawah

Percandian Batujaya (Foto: instagram.com/ervinerwin)
instagram.com/ervinerwin

Satu lagi yang menarik dari wisata bersejarah di Jawa Barat ini. Yaitu letaknya yang ada di antara hamparan sawah dan pemukiman penduduk.

Kabarnya, sebagian besar bangunan kuno di kawasan tersebut masih tertimbun dala unur atau lemah duwur, yaitu tanah darat yang menyembul di antara persawahan.

Ada sekitar 46 titik sebaran candi di area 5 kilometer. Tapi mungkin jumlahnya akan terus bertambah seiring ditemukannya unur-unur lain.

5. Lokasi dan tiket masuk Percandian Batujaya

Kompleks Percandian Batujaya (Foto: instagram.com/jetlag_andikapp)
instagram.com/jetlag_andikapp

Lokasi Percandian Batujaya berada di dua wilayah, yaitu Desa Segaran, Kecamatan Batujaya dan Desa Telukbuyung, Kecamatan Pakisjaya. Letaknya berjarak sekitar 6 kilometer dari garus Pantai Utara Jawa Barat.

Untuk bisa memasuki area candi ini, kamu cuma perlu membayar tiket masuk sekitar Rp5 ribu saja, baik saat hari biasa maupun libur. Eits, tapi ingat. Info soal biaya tersebut bisa berubah sewaktu-waktu atau sesuai ketentuan pengelola, ya!

Wah, sekarang nggak harus ke Borobudur atau kompleks candi di Jawa Tengah maupun Jawa Timur untuk melihat situs budaya. Karena di Karawang ada Percandian Batujaya yang nggak kalah keren.