Perempuan Ini Hidup 99 Tahun Tanpa Tahu Organ Tubuhnya Terbalik

12 April 2019, at 00:00
0
0
Perempuan Ini Hidup 99 Tahun Tanpa Tahu Organ Tubuhnya Terbalik

Seorang perempuan asal Oregon, Amerika Serikat, mengidap kondisi kesehatan langka. Rose Marie Bentley meninggal pada usia 99 tahun dan nggak pernah tahu kalau organ dalam tubuhnya memiliki posisi yang terbalik.

Semua bermula saat Bentley menyumbangkan tubuhnya untuk keperluan sains, seperti apa yang telah dilakukan oleh suaminya bertahun-tahun lalu.

Keanehan ditemukan oleh para mahasiswa kedokteran dari Universitas Kesehatan dan Sains Oregon ketika mengikuti kelas anatomi. Pertama-tama mereka hanya merasakan kajanggalan pada pembuluh darah di dada.

Baca Juga: Kondisi Langka, Perempuan Ini Punya 9 Kepribadian!

Dilansir dari The Independent edisi Selasa (9/4/2019), nenek 99 tahun tersebut mengalami kondisi langka yang disebut situs invertus dengan lavocardia.

organ tubuh terbalik
pexels.com/@vidalbalielojrfotografia

Artinya, jantung berada di posisi normal sedangkan hati dan organ perut lainnya berada di sebelah kiri. Padahal, organ-organ tersebut seharusnya berada di tempat sebaliknya.

Menurut penelitian, kondisi ini hanya dialami oleh 1 banding 50 juta orang di dunia. Nggak cuma itu, Singapore Medical Journal menyatakan bahwa kondisi tersebut biasanya memiliki prognosis yang buruk.

Inilah yang membuat para mahasiswa dan semua orang menjadi terheran-heran sekaligus takjub. Dengan kondisi tubuh yang luar biasa tersebut Bentley bisa bertahan sampai 99 tahun.

Baca Juga: Pria Ini Alami Penyakit Aneh yang Diduga dari Kucing Peliharaannya

Selain posisi organ yang terbalik, beberapa kondisi kesehatan langka ini mungkin akan membuatmu terkejut. Meskipun aneh dan terasa nggak mungkin, tapi ini benar-benar nyata lho.

1. Methemoglobinemia atau Manusia Biru

manusia biru
nydailynews.com

Mungkin kamu nggak pernah tahu, tapi orang-orang dengan kulit berwana biru seperti yang ada di fil kartun benar-benar ada.

Kondisi tersebut disebabkan oleh gangguan darah langka yang disebut dengan methemoglobinemia dan bersifat turun-temurun. Hal ini membuat kadar oksigen dalam darah menurun dan menghasilkan warna biru atau hampir ungu pada penderitanya.

Meskipun demikian, penderita bisa hidup sampai 80 tahun tanpa penyakit lain yang lebih serius.

2. Sindrom Auto-Brewery atau Mabuk Tanpa Sebab

mabuk tanpa sebab
hellosehat.com

Kebanyakan orang mengalami mabuk pada pagi hari setelah mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak sebelumnya. Tapi tahukah kamu bahwa ada orang yang mabuk tanpa sebab?

Kondisi langka tersebut disebut sindrom auto-brewery yang menyebabkan penderitanya tiba-tiba mabuk meskipun nggak minum alkohol.

Hal ini karena terdapat fermentasi usus oleh produksi alkoloh murni atau etanol di dalamnya setelah mengonsumsi karbohidrat.

3. Sindrom Aksen Asing

sindrom aksen asing
pexels.com/@kenziezales

Aneh nggak sih kalau kamu terbangun dan tiba-tiba bisa atau fasih menggunakan aksen asing? Hal ini bisa saja dialami oleh beberapa orang, lho.

Kondisi langka sindrom aksen asing ini disebabkan oleh kerusakan pada otak yang membuat penderita mengalami hambatan bicara.

Baca Juga: Ngeri, Orang Ini Kena Penyakit Langka karena Sering Makan Otak Tupai

4. Trimethylaminuria atau Sindrom Bau Ikan

sindrom bau ikan
1health.id

Bau nggak sedap yang muncul setelah beraktivitas seharian merupakan hal yang wajar terjadi. Kamu sebaiknya mensyukuri hal tersebut karena terdapat kondisi kesehatan langka yang lebih parah dari itu.

Kondisi langka tersebut yaitu trimethyminuria atau sindrom bau ikan. Penderita akan mengeluarkan bau badan yang nggak enak seperti bau ikan busuk melalui keringat, napas, dan urin.

Hal ini terjadi pada otrang yang memiliki mutasi spesifik gen FMO3 dan nggak ada obatnya.

5. Fatal Familia Insomnia

fatal familia insomnia
verywellhealth.com

Siapa sih yang nggak tau istilah insomnia. Gangguan tidur ini memang dialami oleh banyak orang di dunia. Berbeda halnya dengan Fatal Familia Insomnia atau FFI yang hanya dialami oleh segelintir orang dan merupakan masalah kesehatan yang diturunkan.

Penderita fatal familia insomnia akan secara bertahap kehilangan kemampuan untuk tidur dan akhirnya nggak bisa tidur sama sekali. Inilah yang menyebabkan kondisi kesehatan langka tersebut menjadi mematikan.

fatal familia insomnia mematikan
lifehack.org

Nah, itu dia beberapa kondisi kesehatan langka yang hanya dialami oleh segelintir orang saja. Aneh, terkesan nggak nyata, tapi benar-benar terjadi!

Buat Sobat Qupas yang sehat dan nggak memiliki kondisi kesehatan langka, yuk bersyukur dengan cara menjaga dan menerapkan pola hidup sehat agar tubuh selalu terjaga!

0 Comment