Perempuan-Perempuan yang Tak Boleh Minum Pil KB

24 December 2018, at 07:00
2
0
Perempuan-Perempuan yang Tak Boleh Minum Pil KB

Terdapat berbagai jenis metode kontrasepsi, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi pil kontrasepsi atau lebih dikenal dengan nama pil KB. Metode yang satu ini lebih cenderung dipilih oleh kebanyakan perempuan karena terkenal aman dan mudah.

Pil KB mengandung hormon sitetis dan dapat mempengaruhi hormon di dalam tubuh. Ada dua jenis pil KB, yaitu seperti:

  • Pil kombinasi yang di dalamnya terkandung hormon estrogen dan progestin
  • Mini pul dan hanya mengandung hormon progestin

Meskipun pil KB memiliki tingkat efektivitas yang tinggi, akan tetapi ada beberapa kondisi yang membuat perempuan tidak diperbolehkan untuk mengonsumsinya. Jadi, ini dia 5 perempuan yang tidak boleh mengonsumsi pil KB.

1. Perempuan Lebih dari 40 Tahun

perempuan lebih dri 40 tahun
pexels.com

Perempuan yang berusia lebih dari 40 tahun mengalami peningkatan risiko pembentukan bekuan darah yang tajam apabila menggunakan pil KB yang mengendung estrogen.

Selain itu, penelitian menemukan bahwa terdapat risiko terjadinya pembentukan bekuan darah di pembuluh vena sebanyak dua kali lipat bagi perempuan obesitas yang menggunakan KB.

perempuan di atas 40 tahun dilarang minim pil kb
pexels.com

Pembekuan darah tersebut dapat memingkatkan dan memunculkan berbagai penyakit pada sistem kardiovaskular. Hal ini bisa berbahaya karena sistem ini merupakan pengatur pengedaran darah untuk keperluan zat dan gas.

2. Mengalami Migrain

migrain
hellosehat.com

Mengonsumsi pil KB dapat menyebabkan terjadinya perubahan kadar hormon estrogen dalam tubuh. Hal tersebut dapat mencetuskan migrain.

Pada umumnya, penderita migrain lebih sensitif terhadap perubahan hormon dalam tubuh.

migrain parah
hellosehat.com

Ketika sedang menstruasi, perempuan dapat merasakan gejala migrain yang makin terasa.

Selain itu, penelitian menyebutkan bahwa wanita yang memiliki migrain tanpa aura dan mengonsumsi pil KB berestrogen dapat mengalami stroke.

3. Hipertensi Tidak Terkontrol

hipertensi
siberklik.com

Perempuan yang memiliki hipertensi tidak terkontrol tidak boleh mengonsumsi pil KB. Hal ini disebabkan karena kandungan hormon estrogen dan hormon progestin dapat meningkatkan risiko hipertensi tersebut.

obat hipertensi
hellosehat.com

Penelitian menyebutkan bahwa pil KB dapat menyebabkan sedikit peningkatan pada tekanan diastolik. Peningkatan tersebut dapat berlanjut bahkan sampai perempuan gtersebut tua dan sudah tidak mengonsumsi pil KB.

Baca Juga: Jangan Terburu Panik, Benjolan di Payudara Belum Tentu Indikasi Kanker

4. Memiliki Faktor Risiko Kanker Payudara

risiko kanker payudara
thinkstock.com

Beberapa penelitian memberikan hasil cukup mengejutkan bahwa pil KB dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Hal tersebut bisa meningkatkan kemungkinan munculnya kanker payudara pada perempuan yang memiliki riwayat penyakit tersebut dalam keluarganya.

minum obat
hellosehat.com

Pada perempuan usia lanjut yang pernah menggunakan pil KB, risiko mengalami kanker payudara lebih besar sekir 1,5 kali lipat dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah mengonsumsinya.

5. Gangguan Pembekuan Darah

hemofilia
alodokter.com

Kandungan hormon estrogen nampaknya membawa beberapa masalah pada kesehatan. Salah satunya yaitu dapat mengganggu proses pembekuan darah.

Perempuan yang mengalami gangguan pembekuan darah sebaiknya tidak menggunakan pil KB karena bisa memperparah penyakitnya.

gangguan pembekuan darah
merdeka.com

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa perempuan yang mengonsumsi pil KB yang mengandung estrogen memiliki risiko pembentukan pembekuan darah sebesar dua hingga enam kali lebih besar dibanding mereka yang tidak mengonsumsinya.

Nah, itu dia 5 perempuan yang tidak boleh menggunakan atau mengonsumsi pil KB.

Kamu sebaiknya memastikan kembali apakah kamu memiliki masalah kesehatan seperti di atas demi kenyamanan dan keamanan menggunakan KB.

0 Comment