Perhatikan, Begini Cara Bijak Memberikan Penolakan Tanpa Menyakiti Perasaan

28 June 2019, at 02:00
0
0
Perhatikan, Begini Cara Bijak Memberikan Penolakan Tanpa Menyakiti Perasaan

Kedekatanmu dengan seseorang dapat diartikan berbeda oleh orang tersebut. Meskipun kamu menganggapnya biasa dan hanya berteman, bisa jadi ia menginginkan hubungan spesial yang lebih daripada itu.

Saat menghadapi momen seperti itu, kebanyakan orang akan merasa bingung dan bimbang. Apalagi jika orang tersebut sudah menyatakan perasaannya dan meminta jawaban.

Oleh sebab itu, berikut ini cara bijak memberikan penolakan tanpa menyakiti perasaan yang bisa kamu terapkan.

Baca Juga: Saat Kekasih Melamar Namun Hati Belum Siap, Begini Cara Mengatasinya

1. Jujurlah pada Perasaanmu

jujur pada perasaan
pexels.com/id-id/@luhras

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat seseorang menyatakan isi hatinya adalah jujur pada perasaanmu. Apabila kamu memang nggak memiliki rasa apapun untuknya, sebaiknya jangan memaksakan hati untuk menerima.

Katakan kepadanya bahwa kamu memang nggak memiliki perasaan yang sama. Berilah pengertian kepadanya dengan mengungkapkan hal tersebut dengan halus dan tetap ramah.

2. Katakan Bahwa Kamu Hanya Ingin Berteman

katakan hanya bisa berteman
pexels.com/id-id/@van-th-ng-619951

Agar nggak terlalu melukai perasaannya, katakanlah bahwa kamu hanya ingin berteman dan saling membahagiakan dengan status tersebut.

Jelaskan juga kepadanya bahwa hubungan baik atau persahabatan yang telah kalian jalin selama ini nggak boleh hancur karena pengakuannya dan penolakanmu.

3. Jangan Memberikan Harapan Palsu

jangan memberikan harapan palsu
pexels.com/id-id/@van-th-ng-619951

Apabila kamu nggak memiliki sedikit pun rasa cinta untuknya, lebih bijak apabila kamu nggak memberikan harapan palsu kepada orang tersebut.

Usahakan untuk nggak melakukan hal-hal yang bisa membuatnya baper dan perlakukan ia sama seperti kamu memperlakukan teman-teman lainnya.

Baca Juga: 6 Sederhana yang Bisa Bikin Pria Baper, Jangan Lakukan Kalau Nggak Cinta

4. Menjauh Secara Baik-Baik

menjauh secara baik-baik
pexels.com/id-id/@pripicart

Bagaimana pun, orang yang mendapatkan penolakan biasanya akan lebih nyaman apabila mendapatkan waktu untuk sendiri. Selain itu, kamu juga perlu menjauh darinya untuk menegaskan bahwa kamu memang nggak memiliki perasaan apapun padanya.

Menjauhlah secara baik-baik, jangan langsung menghilang. Usahakan untuk tetap berkomunikasi secara wajar dan seperlunya saja.

5. Lakukan Secara Langsung dan Pribadi

lakukan secara langsung
pexels.com/id-id/@freestocks

Selain empat hal di atas, kamu juga perlu melakukan penolakan secara langsung dan pribadi. Jangan menambah sakit hati dan rasa malunya dengan mengatakan bahwa kamu nggak menyukainya di depan banyak orang.

Kamu perlu mengatakannya secara langsung agar nggak terjadi salah paham dan ia semakin terluka.

Nah, jadi begitu ya Sobat Qupas cara menolak secara bijak dan halus. Meskipun nggak bisa seratus persen membuat perasaannya nggak terluka, akan tetapi cara di atas bisa meminimalisir rasa sakit tersebut.

0 Comment