Peringati Bulan Kesadaran Kanker Payudara, Yuk Hindari Makanan Pemicunya!

18 October 2019, at 10:00
0
0
Peringati Bulan Kesadaran Kanker Payudara, Yuk Hindari Makanan Pemicunya!

Diperingati setiap Oktober, Bulan Kesadaran Kanker Payudara bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mendeteksi dini masalah kesehatan yang sering menyerang perempuan tersebut.

Kanker payudara merupakan salah satu jenis penyakit serius yang nggak boleh disepelekan. Meskipun para ahli belum dapat mengetahui penyebab pastinya, akan tetapi risiko masalah kesehatan tersebut dapat meningkat akibat gaya hidup yang nggak sehat.

Selain itu, pemilihan makanan juga bisa meningkatkan risiko kanker payudara lho. Dilansir dari thehealthsite, sebaiknya kamu menghindari atau mengurangi konsumsi makanan di bawah ini.

1. Susu

susu
pexels.com/@enginakyurt

Susu sebenarnya merupakan salah satu minuman sehat yang bermanfaat bagi tubuh. Akan tetapi, kamu perlu berhati-hati dalam mengonsumsi minuman yang satu ini.

Pasalnya, untuk memenuhi kebutuhan produksi susu, peternak sapi seringkali menyuntikkan hormon tertentu pada sapi. Hal tersebutlah yang kemudian dapat memberikan dampak buruk bagi perempuan, termasuk meningkatkan risiko kanker payudara.

2. Daging Merah

daging
pexels.com/@vanmalidate

Siapa sih yang nggak tahu manfaat dari daging merah? Terkenal baik untuk kesehatan, ternyata mengonsumsi makanan tersebut secara sembarangan juga bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

Pasalnya beberapa bagian pada daging merah memiliki kandungan lemak yang jauh lebih tinggi. Nggak hanya itu, daging beku juga biasanya mengandung garam dan pengawet sehingga lebih baik kamu menghindarinya.

Baca Juga: Inilah 6 Kebiasaan Sepele Penyebab Kanker Payudara, Kamu Pernah Melakukannya?

3. Makanan Olahan

makanan olahan
pexels.com/@kaboompics

Tahukah kamu, makanan olahan mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Oleh sebab itu, ada baiknya apabila kamu menghindari atau mengurangi konsumsi makanan olahan seperti sosis, kornet, dan lain sebagainya. Jajanan seperti keripik dan cookies juga termasuk lho!

4. Gula

gula
pexels.com/@kaboompics

Selain 3 makanan dan minuman di atas, hal lain yang perlu kamu batasi konsumsinya adalah gula. Dilansir dari Cancer Causes and Control, perempuan yang mengonsumsi gula dalam jumlah tinggi berisiko 27 persen lebih tinggi terkena kanker payudara.

Hal tersebut karena karbohidrat dalam makanan manis dapat membuat tubuh melepaskan terlalu banyak insulin yang mendorong pertumbuhan sel kanker.

Sebaliknya Sobat Qupas, kamu disarankan untuk mengonsumsi banyak buah dan sayuran untuk menghindari kanker payudara.

Kalau sulit menghindari konsumsi makanan dan minuman di atas secara total, ada baiknya apabila kamu mengurangi porsinya secara bertahap. Jangan lupa juga untuk rutin berolahraga ya!

0 Comment