Peringati Hardiknas, 5 Film tentang Guru dan Murid Ini Akan Menginspirasimu

02 May 2019, at 17:00
1
0
Peringati Hardiknas, 5 Film tentang Guru dan Murid Ini Akan Menginspirasimu

Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Mei, menjadi lumbung inspirasi bagi para sutradara dan produser film itu sendiri.

Mereka pun menciptakan sebuah film yang memiliki cerita seputar guru dan murid, dengan plot yang apik dan menginspirasi. Nggak heran kalau film bertemakan pendidikan menjadi tontonan favorit. Seperti deretan karya visual berikut ini. Simak yuk!

1. Jembatan Pensil (2017)

film jembatan pensil
wikimedia.org

Film arahan Hasto Broto ini menceritakan tentang niat mulia seorang siswa yang ingin membangun jembatan bagi teman-temannya.

Ini adalah gambaran kehidupan para pelajar di SD Towea, Sulawesi Tenggara yang harus menempuh jarak jauh dan medan yang cukup sulit untuk bisa sampai di sekolah.

Suatu ketika datanglah seorang Bu Aida, seorang sarjana dari Jakarta yang mengajar di sekolah tersebut. Lalu mampukah Bu Aida menjaga semangat para murid untuk tetap bersekolah? Tonton sendiri deh, kisah inspiratif ini ya!

2. The Teacher’s Diary (2014)

the teachers diary
hakiki21.blogspot.com

Film bagus Thailand ini bercerita tentang dua orang guru bernama Ann dan Song yang mengajar di sekolah apung di daerah Mae Ping.

Keduanya nggak mengajar di waktu yang sama, namun arahan cerita yang apik membuat Bu Ann dan Pak Song seakan mengajar di waktu yang sama.

Dengan watak yang berbeda, murid-murid di daerah Mae Ping yang awalnya enggan untuk bersekolah jadi semangat menimba ilmu apapun situasinya.

Baca juga : 8 Film Barat Terbaru Berdasarkan Kisah Nyata, Penuh Makna dan Mengharukan

3. Stip & Pensil (2017)

stip dan pensil
amazon.com

Dikemas dengan alur cerita yang ringan dan mengundang tawa, empat anak SMA yang ingin membangun sekolah darurat bagi anak-anak kurang mampu.

Film yang disutradarai oleh Ardy Octaviand ini penuh akan sarat isu pendidikan dan kesenjangan sosial. Namun keempat karakter utama terasa hidup dengan jokes cerdas yang kadang kala mereka ucapkan.

Kisah Bubu (Tatjana Saphira), Toni (Ernest Prakasa), Aghi (Ardhit Erwandha), dan Saras (Indah Permatasari) bisa menginspirasimu untuk menjadi tunas muda Indonesia yang berperan langsung memajukan pendidikan bangsa.

4. Laskar Pelangi (2008)

laskar pelangi
macpecri.com

Diadaptasi dari novel karya Andrea Hirata, film Indonesia garapan Riri Riza ini mampu menginspirasi banyak orang. Sepuluh murid di SD Muhammadiyah Belitong ini memiliki keunikannya sendiri-sendiri.

Hal itulah yang terus mengobarkan semangat bu Harun untuk mengajar dan membagikan ilmu kepada mereka walau memiliki banyak rintangan.

Kesulitan yang mereka hadapi pun nggak main-main, mulai dari keadaan bangunan sekolah yang mulai bobrok dan menurunkan semangat anak-anak untuk bisa ikut dalam ujian nasional pada kala itu.

Kira-kira bu Harun berhasil membakar api semangat dalam diri anak-anak itu nggak ya?

5. The Karate Kid

the karate kid
impawards.com

Hubungan murid dan guru nggak melulu hanya tergambarkan di bangku sekolah. Film yang dibintangi oleh Jackie Chan ini menggambarkan hubungan keduanya dalam mengembangkan skills Dre (Jaden Smith).

Dre merupakan anak Amerika yang baru saja pindah ke Beijing, waktu itu ia berkeliling daerah tempat tinggalnya dan melihat sekelompok anak sedang berlatih kungfu.

Dari situlah ia tertarik untuk mempelajari bela diri dengan ajaran seorang Mr.Han. Terlepas dari itu juga, Dre harus bisa membuktikan kepiawaian kungfu untuk melawan seorang anak yang pernah mengejeknya.

Itulah lima film apik yang bercerita tentang murid dan guru yang bisa menginspirasi kita semua untuk terus menimba ilmu dan membagi pengetahuan yang kita miliki. Kalau kamu, mau nonton yang mana dulu nih?

0 Comment