Peringati Hari Anak Universal, Yuk Buat Si Kecil Bahagia dengan Memenuhi 10 Haknya!

20 November 2019, at 17:00
0
0
Peringati Hari Anak Universal, Yuk Buat Si Kecil Bahagia dengan Memenuhi 10 Haknya!

Tahukah kamu, setiap tanggal 20 November diperingati sebagai Hari Anak Universal lho. Peringatan tersebut bermula saat PBB mengadopsi Deklarasi Hak-hak Anak yang dilakukan pada 20 November 1954.

Untuk memperingati momen tersebut, yuk pastikan kamu sudah memberikan 10 hak anak berdasarkan Konvensi Hak Anak PBB tahun 1989 berikut ini kepada buah hati.

1. Hak untuk Bermain

hak untuk bermain
elmtreefoundation.org

Hak pertama yang harus diberikan oleh orang tua kepada anak adalah hak untuk bermain. Tahu nggak sih, bermain juga merupakan proses belajar bagi si kecil lho!

Untuk mendukung kegiatan tersebut, orang tua bisa memberikan fasilitas seperti mainan, waktu luang untuk bermain bersama, dan memilah permainan yang berdampak positif bagi si kecil.

2. Hak untuk Mendapatkan Pendidikan

hak untuk mendapatkan pendidikan
pexels.com/@belart84

Anak-anak juga berhak untuk mendapatkan pendidikan. Oleh sebab itu, orang tua sudah seharusnya berusaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Bukan hanya pendidikan formal di sekolah, buah hati juga perlu mendapatkan pelajaran non-formal dari orang tua yang kelak akan mempengaruhi cara pandanganya atau membentuk karakternya.

3. Hak untuk Mendapatkan Perlindungan

hak untuk mendapatkan perlindungan
parentmap.com

Baik perempuan maupun laki-laki, anak-anak berhak untuk mendapatkan perlindungan. Segala macam bentuk kekerasan baik fisik maupun psikis yang merugikan buah hati sebaiknya dijauhi.

Orang tua juga perlu membuat si kecil merasa nyaman dan aman dengan memastikan bahwa orang-orang disekitar anak juga ikut bertanggung jawab terhadap kesalamatannya.

4. Hak untuk Mendapatkan Identitas

hak untuk mendapatkan identitas
parenting.firstcry.com

Kalau untuk hak yang satu ini, sepertinya tanpa diminta pun orang tua sudah pasti memberikan identitas kepada buah hatinya ya!

Anak berhak untuk mendapatkan identitas yang nggak sekadar nama, namun juga meliputi hal-hal yang bersifat material seperti akta kelahiran dan dimasukkan dalam kartu keluarga.

Baca Juga: Mengenali Bahasa Cinta Buah Hati, Supaya Orangtua Nggak Salah Memberi

5. Hak untuk Mendapatkan Status Kebangsaan

hak untuk mendapatkan kewarganegaraan
depositphotos.com

Selain hak untuk mendapatkan identitas, buah hati juga memiliki hak untuk mendapatkan status kebangsaan lho.

Maka dari itu, orang tua bisa memastikan bahwa nama yang tertulis di akte kelahiran maupun kartu keluarga nggak salah sehingga buah hati bisa dengan mudah mendapatkan kartu kewarganegaraan bila sudah memenuhi batas usia.

6. Hak untuk Mendapatkan Makanan

hak untuk mendapatkan makanan
kids.lovetoknow.com

Agar dapat tumbuh dan berkembang, anak membutuhkan makanan dengan kualitas gizi yang baik. Salah satu contohnya adalah memberikan ASI ekslusif bagi buah hati sampai usia 6 bulan.

Selain itu, orang tua juga perlu memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi oleh anak memiliki nutrisi yang disesuaikan dengan kebutuhannya.

7. Hak untuk Mendapatkan Akses Kesehatan

hak untuk mendapatkan akses kesehatan
psycom.net

Buah hati juga memiliki hak untuk mendapatkan akses kesehatan. Hal ini bukan hanya berkaitan dengan memberikan obat atau pergi ke dokter saat sakit saja lho!

Sebagai orang tua, kamu juga perlu memberikan makanan yang layak, lingkungan yang bersih, mengajarkan anak gaya hidup sehat, dan lain sebagainya.

8. Hak untuk Mendapatkan Rekreasi

hak untuk rekreasi
shermanlakeymca.org

Si kecil juga berhak untuk mendapatkan rekreasi sebagai penyegaran pikiran. Nggak cuma orang dewasa saja lho yang bisa lelah dan merasa stres.

Rekreasi nggak selalu pergi ke suatu objek wisata kok. Intinya, orang tua harus meluangkan waktu untuk mengajak buah hati untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti piknik, nonton film, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Panduan Mendidik Anak Menjadi Pribadi yang Baik Versi Harvard University

9. Hak untuk Memiliki Peran dalam Pembangunan

hak untuk memiliki peran dalam pembangunan
shutterstock.com

Setiap anak memiliki hak untuk mendapatkan peran dalam pembangunan. Dengan cara yang sederhana, orang tua bisa mengenalkan pengetahuan tentang kenegaraan dan menanamkan cinta tahan air sejak dini kepada buah hati.

Orang tua juga bisa memulainya dengan membiarkan anak berperan dalam keluarga, seperti memberinya hak untuk menyampaikan pendapat dan lain sebagainya.

10. Hak untuk Mendapatkan Kesamaan

hak untuk mendapatkan kesamaan
totalspeechtherapy.com

Semua anak berhak mendapatkan kesamaan. Apapun jenis kelaminnya, suku budayanya, agamanya, status sosialnya, dan lain sebagainya, mereka memiliki kesempatan yang sama untuk tumbuh dan berkembang serta mendapatkan kesepuluh hak ini.

Jadi, sudahkan Sobat Qupas memenuhi semua hak anak di atas? Selain itu 10 hak di atas, buah hati juga perlu mendapatkan hak dicintai dan disayangi oleh orang tuanya lho!

0 Comment