Peringati Hari Bumi, Yuk Diet Plastik dengan Bawa 6 Barang Ringan Ini Saat Traveling

22 April 2019, at 04:00
0
0
Peringati Hari Bumi, Yuk Diet Plastik dengan Bawa 6 Barang Ringan Ini Saat Traveling

Hari Bumi jatuh pada 22 April 2019 ini. Diperkirakan lebih dari satu miliar orang di 192 negara ikut dalam aksi positif untuk menyelematkan Bumi.

Nah, buat kamu yang hobi traveling, bisa juga kok ikut berpartisipasi untuk menyelamatkan Bumi kita ini. Salah satunya dengan diet kantong plastik. Khususnya saat traveling.

Lalu, apa saja sih barang-barang non plastik dan ringan yang bisa dibawa saat traveling? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

Baca juga: Barang yang Sebaiknya Kamu Tinggal di Rumah Saat Traveling, Daripada Tasmu Jadi Sesak!

1. Tumbler

tumbler
kintostore.com

Terdengar sepele memang. Tapi hal ini sangat membantu untuk gerakan diet plastik, soalnya tumbler bisa digunakan berkali-kali.

Kamu bisa mengisi ulang tumbler kesayanganmu dengan air putih untuk dibawa saat traveling. Ini lebih baik daripada harus beli air kembasan yang semakin berpotensi menyumpang sampah plastik. Asyiknya lagi, uang travleing bisa lebih hemat untuk beli kepentingan lain.

2. Kantong Belanja

ecobag
instagram.com/jarjoa

Bawa tas belanja yang ramah lingkungan saat liburan adalah hal penting. Bukan cuma hemat penggunaan plastik. Beberapa daerah bahkan sudah memberlakukan kantong plastik berbayar sampai dilarang menggunakannya. Salah satunya di Bali.

Larangan penggunaan dan penyediaan kantong plastik di Bali ini sudah diumumkan oleh Gubernur Wayan Koster melalui Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 97 tahun 2018. Tujuannya sendiri demi menekan penggunaan kantong plastik sebanyak 70 persen.

Bahkan peraturan tersebut sudah disetujui Menteri Dalam Negeri pada 21 Desember 2018 dan sekarang sudah mulai direalisasikan, lho. Jadi jangan kaget deh kalau kamu akan susah menemukan plastik saat jalan-jalan ke Bali.

3. Keresek dari Singkong

casava bag
instagram.com/telobagindo

Diet kantong plastik mungkin akan butuh penyesuaian, terutama di kalangan masyarakat yang memang selama ini nggak bisa terlepas dari salah satu contoh dari bahan polimer tersebut.

Kabar baiknya, sekarang sudah ada kantong belanja dengan bahan dasar singkong. Tentunya lebih ramah lingkungan, apalagi kantong tersebut akan meleleh saat direndam air panas. Cocok nih dibawa saat traveling. Selain ringan, tas juga nggak akan penuh sesak.

Baca juga: Ada Koper Berjalan yang Bikin Travelingmu Nggak Ribet, Sudah Punya?

4. Bungkus Daun Pisang

bungkus daun pisang
instagram.com/bigbiteeco

Niat bawa bekal dari rumah saat traveling? Selain menggunakan tempat makan, daun pisang bisa jadi alternatif. Daripada menggunakan kantong plastik, daun pisang tentu lebih ramah lingkungan.

Menariknya lagi, salah satu gerakan diet plastik ini sudah diterapkan di salah satu supermarket di Chiang Mai, Thailang bernama Rimping. Di sana, kamu bisa menemukan sarutan yang terbungkus daun pisang. Keren kan?

5. Sedotan

sedotan stainless steell
dalcinistainless.com

Meski bukan kebutuhan penting saat traveling, tapi nggak ada salahnya untuk kamu bawa saat traveling. Khususnya yang terbuat dari bahan stainless steel karena bisa digunakan berulang kali.

Setelah digunakan, kamu pun bisa mencucinya lagi. Selain menghemat penggunaan plastik, stainless steel juga lebih aman dari plastik.

Hal ini sesuai dengan penelitian National Institute of Environtmental Health Science di Amerika Serikat yang menyebut bahwa penggunaan produk plastik sebagai wadah makanan sangat berbahaya karena BAP (Bisphenol A) dalam plastik dapat luntur ke makanan atau minuman.

6. Sendok

sendok stainless steel
amazon.com

Sendok bisa jadi benda penting dibawa saat kamu punya rencana untuk nggak makan di restoran yang memang sudah menyediakan barang ini. Apalagi saat membeli makanan, kamu mungkin sering mendapatkan sendok plastik dari pedagang.

Jadi nggak ada salahnya untuk bawa alat makan tersebut yang terbuat dari stainless steel. Dengan melakukannya, berarti kamu sudah berpartisipasi untuk diet plastik.

Gimana, Sobat Qupas tertarik untuk bawa keenam barang non plastik di atas saat liburan? Yuk selamatkan bumi kita dengan ikuti gerakan positif ini dan ajak teman-temanmu! Selamat Hari Bumi!

0 Comment