Peringati Hari Kesehatan Mental Sedunia, Lakukan 5 Hal Ini untuk Atasi Depresi dan Jadilah Bahagia

10 October 2019, at 10:00
0
0
Peringati Hari Kesehatan Mental Sedunia, Lakukan 5 Hal Ini untuk Atasi Depresi dan Jadilah Bahagia

Hari ini, 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia. Menjadi isu yang akhir-akhir ini sering dibicarakan, masalah mental bukanlah sesuatu yang bisa dipelekan.

Terdapat berbagai jenis masalah kesehatan mental, akan tetapi depresi menjadi salah satu yang paling banyak ditemui. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa lebih dari 300 juta orang di dunia mengidap penyakit jiwa tersebut.

masalah kesehatan mental
pexels.com/@pixabay

Depresi biasanya ditandai dengan turunnya suasana hati dan rasa putus ada yang berlangsung selama dua minggu atau lebih, hingga mengganggu fungsi sosial dan aktivitas sehari-hari. Masalah tersebut pun bisa disebabkan oleh berbagai hal.

Untuk memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia, berikut ini 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi depresi dan menstabilkan kesehatan jiwa.

1. Pergi Piknik atau Berkemah

pinik atau berkemah
pexels.com/@keenan-constance-545154

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi depresi adalah pergi piknik atau berkemah. Kegiatan tersebuut secara nggak langsung membuat seseorang teralihkan dari teknologi atau lebih tepatnya media sosial yang berkontribusi terhadap gangguan kecemasan.

Selain itu, piknik atau berkemah juga akan membuatmu mendapatkan ruang hijau yang menurut penelitian pada JAMA Network Open dapat menurunkan stres dan meningkatkan kesehatan mental.

2. Tertawakan Diri Sendiri

menertawakan diri sendiri
pexels.com/@anafrancisconi

Ditertawakan oleh orang lain memang menyakitkan, namun menertawakan diri sendiri ternyata dapat menjadi salah satu cara mengatasi depresi dan membuatmu merasa lebih bahagia, lho!

Penelitian yang diterbitkan dalam Personality and Individual Differences menunjukkan bahwa orang yang menertawakan diri sendiri cenderung dapat mengelola amarahnya dengan lebih efektif.

Baca Juga: Tanda-Tanda Mentalmu Tidak Sehat, Segera ke Psikolog Sebelum Terlambat!

3. Atasi Rasa Kesepian

depresi
pexels.com/@emre-kuzu-1112138

Selain itu, kamu juga perlu mengatasi rasa kesepian. Hal tersebut nggak cukup hanya dengan melakukan kontak antar individu, kamu juga perlu melakukan pendekatan lainnya.

Kegiatan tersebut perlu dilakukan untuk mengatasi perundungan, isolasi, serta kecemasan yang mungkin kamu rasakan.

4. Dengarkan Musik Heavy Metal

mengatasi depresi
pexels.com/@mentatdgt-330508

Siapa sangka, mendengarkan musik heavy metal menjadi salah satu cara untuk mengatasi depresi. Padahal, musik jenis ini sering dianggap sebagai pemicu sikap agresif, penuh amarah, dan berbahaya lho.

Namun penelitian yang dilakukan tahun 2015 justru menemukan bahwa musik heavy metal dapat membersihkan emosi negatif seperti kemarahan dan depresi. Hal tersebut dapat membantu menghadapi tantangan lingkungan dan membangun identitas yang kuat dan berkelanjutan.

5. Memaafkan

hari kesehatan mental sedunia
pexels.com/@olly

Hal yang mungkin paling penting dan harus kamu lakukan untuk mengatasi depresi adalah memaafkan, baik orang lain maupun diri sendiri.

Menurut studi yang dimual dalam Jurnal Health Psychology, memaafkan dapat menghapus stres dan memperbaiki kondisi mental sesorang.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi depresi. Tetap semangat dan jangan menyerah ya!

0 Comment