Peringati Hari Kesehatan Nasional, Yuk Tingkatkan Kualitas Hidup dengan 6 Cara Ini

12 November 2019, at 10:00
0
0
Peringati Hari Kesehatan Nasional, Yuk Tingkatkan Kualitas Hidup dengan 6 Cara Ini

Kesehatan merupakan sesuatu yang mahal dan nggak ternilai harganya. Meskipun demikian, masih banyak orang yang menyepelekan hal tersebut.

Untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada hari ini, 12 November, kamu bisa mulai menerapkan pola hidup sehat dengan 6 cara mudah ini. Yuk tingkatkan kualitas hidup!

1. Bangun Pagi

manfaat bangun pagi
nit.pt

Bangun pagi merupakan kegiatan sederhana yang mungkin sulit dilakukan oleh sebagian orang. Padahal, hal ini dapat menjadi salah satu hal wajib yang perlu dilakukan untuk memulai gaya hidup sehat.

Cobalah untuk secara rutin bangun sekitar pukul 4 sampai 6 pagi, maka kamu akan terbiasa dan mendapatkan banyak manfaat. Suasana hati akan menjadi lebih baik saat bangun pagi dan hal tersebut akan berdampak luas pada kesehatan mental dan fisik.

2. Tidur yang Cukup

gaya hidup sehat
shutterstock.com

Seorang pakar gangguan tidur di Stanford University dan University of California, Cheri Mah, tidur merupakan kebutuhan paling mendasar untuk memulai pola hidup sehat.

Pasalnya, pola tidur dapat memengaruhi banyak hal termasuk fungsi kekebalan tubuh, energi, suasana hati, selera makan, bahkan berat badan. National Sleep Foundation menyatakan bahwa orang dewasa sebaiknya mendapatkan tidur cukup selama 7 sampai 9 jam setiap malamnya.

3. Banyak Minum Air Putih

manfaat minum air
pro-belle.com

Nggak cuma tidur yang cukup, kamu juga perlu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air. Meskipun sederhana, akan tetapi hal tersebut bermanfaat untuk menutrisi, meningkatkan fungsi otak, membersihkan racun, dan menyeimbangkan suhu tubuh.

Kekurangan cairan dapat membuat darah mengental dan menyebabkan jantung bekerja lebih keras daripada sebelumnya.

Oleh sebab itu, umumnya seseorang disarankan untuk mengonsumsi 8 gelas air putih per hari. Akan tetapi, jumlah tersebut dapat diseimbangkan dengan kebutuhan dan kondisi tubuh masing-masing orang kok!

Baca Juga: Minum Air Setelah Bangun Tidur, Investasi Kesehatan Jangka Panjang

4. Pola dan Menu Makan yang Tepat

gaya hidup sehat
meditationstexte.org

Untuk memulai gaya hidup sehat, kamu sebaiknya mengonsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah. Selain itu, kamu juga perlu mengurangi konsumsi karbohidrat, garam, gula, lemak, dan menghindari junk food.

Nggak hanya menu makan, kamu juga harus memerhatikan pola makanmu. Hindari melewatkan makan atau sarapan karena hal tersebut akan berdampak buruk apabila dilakukan secara terus-menerus.

5. Rutin Berolahraga

hari kesehatan nasional
clh.es

Penelitian menunjukkan bahwa melakukan aktivitas fisik seperti olahraga secara rutin dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan bahkan memperpanjang usia. Menurut The American Heart Association, 150 menit setiap minggunya merupakan durasi yang tepat.

Pilihlah jadwal dan jenis olahraga yang tepat agar kamu bisa melakukannya dengan sepenuh hati dan bersemangat tanpa adanya paksaan.

6. Hindari Stres

mengatasi stres
clh.es

Tahu nggak sih, stres memiliki pengaruh yang besar bagi kondisi fisik? Oleh sebab itu, menghindarinya merupakan salah satu cara tepat untuk memulai gaya hidup sehat.

Ada saatnya kamu harus beristirahat, menarik napas dalam-dalam, bersantai sambil melakukan hal-hal yang kamu sukai. Kamu bisa menghindari tekanan dengan melakukan meditasi, mendengarkan musik, membaca buku, liburan, tidur, dan lain sebagainya.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memulai pola hidup sehat. Selamat mencobanya di Hari Kesehatan Nasional ini ya!

0 Comment