Qupas Weekend

Peringati Hari Musik Nasional, Ini 10 Lagu Indonesia Legendaris yang Tak Lekang Oleh Waktu

09 March 2020, at 02:00
Peringati Hari Musik Nasional, Ini 10 Lagu Indonesia Legendaris yang Tak Lekang Oleh Waktu

Selamat Hari Musik Nasional!

Kamu tahu nggak sih, 9 Maret diperingati sebagai Hari Musik Nasional lho! Pemilihan tanggal tersebut disesuaikan dengan waktu kelahiran W.R. Soepratman, sang maestro sekaligus pencipta lagu kebangsaan "Indonesia Raya".

Peringatan ini dilakukan demi menghargai dan mengapresiasi para musisi Indonesia serta karya-karya mereka.

Untuk itu, berikut ini beberapa lagu legendaris Indonesia yang nggak lekang oleh waktu versi Qupas. Kira-kira, penyanyi favoritmu termasuk nggak ya?

1. Kangen – Dewa 19

Lagu Indonesia (Foto: qupas.id)
qupas.id

Meskipun dirilis pada tahun 1992, namun lagu dari Dewa 19 betajuk "Kangen" masih sering terdengar hingga saat ini. Musiknya yang santai dan liriknya yang dekat dengan kehidupan sehari-hari tentang kerinduan membuat karya ini nggak lekang oleh waktu.

Ngaku saja deh, kalau karaoke lagu ini pasti menjadi salah satu daftar yang wajib dinyanyikan, kan?

2. Berharap Tak Berpisah – Reza Artamevia

Lagu Indonesia Legendaris (Foto: qupas.id)
qupas.id

Lagu yang nggak lekang oleh waktu selanjutnya adalah "Berharap Tak Berpisah" yang dinyanyikan oleh Reza Artamevia. Nggak hanya orang-orang tua, lagu ini juga sangat digandrungi oleh anak muda lho!

Musiknya yang easy listening dan liriknya yang kuat membuat lagu ini mudah diingat. Selain itu, "Berharap Tak Berpisah" juga sering dinyanyikan oleh band-band di live music cafe atau restoran sehingga lagu tersebut kembali viral.

3. Kemesraan – Iwan Fals

Hari Musik Nasional (Foto: qupas.id)
qupas.id

Siapa sih yang nggak kenal Iwan Fals? Musisi kenamaan Indonesia yang satu ini memang sudah menciptakan banyak karya yang melekat di hati pendengarnya.

Salah satu yang paling nggak lekang oleh waktu adalah lagu "Kemesraan". Jujur saja, kamu pasti sering mendengarkan karya ini diputar saat menghadiri pernikahan, kan? Memang cocok banget sih!

Baca juga: 10 Lagu Karaoke yang Pas Dinyanyikan Untuk Kamu Pejuang Move On

4. Terlalu Manis – Slank

Musik Indonesia (Foto: qupas.id)
qupas.id

Siapa nih penggemarnya Slank? Dikenal sebagai band yang memiliki fanbase paling besar di Indonesia, Slank memang memiliki karya-karya yang luar biasa. Salah satunya adalah "Terlalu Manis".

Menjadi lagu perpisahan yang romantis, "Terlalu Manis" masih sering diputar hingga saat ini lho!

5. Seperti Yang Kau Minta – Chrisye

Rekomendasi Lagu (Foto: qupas.id)
qupas.id

Siapa sih yang nggak mendadak jadi galau kalau mendengarkan lagu dari Chrisye yang satu ini? Berkisah tentang seseorang yang merasa nggak akan mampu memenuhi ekspektasi orang yang dicintai, lagu ini jadi kesukaan sejuta umat.

Sudah hampir dua tahun dirilis, "Seperti Yang Kau Minta" masih sering terdengar di telinga pecinta musik Indonesia. Lagu ini juga pernah dibawakan kembali oleh Virzha pada tahun 2017 lalu.

6. Kolam Susu – Koes Plus

Rekomendasi Lagu Indonesia (Foto: qupas.id)
qupas.id

Koes Plus merupakan salah satu grup musik Indonesia yang legendaris. Dibentuk pada tahun 1963, kelompok yang terdiri dari empat bersaudara ini menghasilkan karya-karya luar biasa yang bisa menghipnotis pendengaran siapa saja.

Salah satu yang paling terkenal dan nggak lekang oleh waktu adalah "Kolam Susu". Anak-anak kecil pun pasti tahu lagu ini!

Baca juga: 5 Film Tentang Musik Terbaik yang Akan Memanjakan Mata dan Telingamu

7. Dan – Sheila On 7

Lagu Sedih Indonesia (Foto: qupas.id)
qupas.id

Sheila On 7 juga merupakan salah satu band di Indonesia yang masih diminati hingga saat ini. Lagu-lagunya yang asyik didengar seolah membawa angin segar bagi dunia musik Indonesia.

Pada tahun 1999, band asal Jogja ini mengeluarkan lagu betajuk "Dan" yang masih melekat di hati banyak orang sampai sekarang. Bahkan, lagu ini juga sempat menjadi soundtrack film layar lebar, "Posesif", yang dibintangi oleh Putri Marino dan Adipati Dolken pada 2017 lalu,

8. Menanti Sebuah Jawaban – Padi

Lagu Galau Indonesia (Foto: qupas.id)
qupas.id

Buat kamu yang sedang galau karena perasaannya digantung, lagu "Menanti Sebuah Jawaban" dari rasanya cocok untuk kondisimu saat ini. Karya band Padi ini memang easy listening sehingga mudah melekat di hati.

Kamu juga bisa mendengarkan versi perempuan yang dinyanyikan ulang oleh Donita pada tahun 2009 lalu lho!

9. Firasat – Marcell

Rekomendasi Lagu Galau (Foto: qupas.id)
qupas.id

Siapa sih yang nggat tahu lagu Indonesia satu ini? Lagi galau atau nggak, kamu akan otomatis merasakan perih di hati saat mendengarkannya.

Liriknya yang dalam dan alunan mendayu yang lembut membuat "Firasat" membuat banyak orang nggak bisa move on. Baik versi asli yang dinyanyikan oleh Marcell maupun yang di-recycle oleh Raisa, semua bagus!

Baca juga: 5 Film Indonesia yang Romantis dan Bikin Banjir Air Mata

10. Sedari Dulu - Tompi

Lagu Jatuh Cinta (Foto: qupas.id)
qupas.id

"Sedari Dulu" merupakan salah satu lagi kasmaran karya penyanyi jazz berbakat Indonesia, yaitu Tompi. Nggak bisa dipungkiri, suara khas laki-laki yang juga seorang dokter ini bisa membuat siapa saja terpukau.

Selain itu, lirik dan nada dari lagu "Sedari Dulu" memang mudah diingat sehingga nggak lekang oleh waktu.

Well, dari semua lagu di atas, Sobat Qupas paling suka yang mana nih?