Peringati Sumpah Pemuda, Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanamkan Nasionalisme pada Buah Hati

28 October 2019, at 17:00
0
0
Peringati Sumpah Pemuda, Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanamkan Nasionalisme pada Buah Hati

Selamat Hari Sumpah Pemuda! Diperingati setiap tanggal 28 Oktober, nilai-nilai dalam Sumpah Pemuda sudah selayaknya ditanamkan pada diri anak muda.

Namun sayangnya, kecintaan anak-anak muda zaman sekarang terhadap negara agaknya nggak sekuat saat Sumpah Pemuda ini dideklarasikan. Oleh sebab itu, ada baiknya apabila orang tua menanamkan rasa nasionalisme kepada buah hati sejak dini.

Selain mengajak anak menghafalkan pancasila, sumpah pemuda, dan lain sebagainya untuk diamalkan, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menanamkan nasionalisme pada si kecil.

1. Menceritakan Sejarah Indonesia

bercerita pada anak
123rf.com

Menceritakan sejarah Indonesia bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk menanamkan rasa cinta tanah air kepada anak. Tentu saja, kamu perlu melakukannya dengan cara yang menyenangkan.

Bercerita tentang kisah pahlawan-pahlawan nasional akan membuat si kecil mengetahui perjuangan dan pengorbanan mereka dan secara nggak langsung menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta terhadap tanah air.

2. Mengajarkan Lagu-lagu Nasional

menyanyi lagu nasional
parents.com

Zaman sekarang, banyak anak kecil yang lebih suka dan hafal dengan lagu-lagu modern ketimbang lagu kebangsaan seperti “Indonesia Raya”. Memang sih, hal ini nggak bisa menjadi tolak ukur nasionalisme seseorang, namun ada baiknya jika kamu mengajarkan lagu-lagu nasional sejak dini.

Selain itu, nilai-nilai yang ada dalam lagu nasional juga lebih baik dan sesuai untuk anak kecil daripada lagu-lagu modern yang cenderung ditujukan bagi orang dewasa.

3. Memperkenalkan Keanekaragaman Budaya dan Cara Menghargai Perbedaan

menanamkan nasionalisme
instagram.com/gisel_la

Hal lain yang nggak kalah penting dan harus dilakukan saat menanamkan rasa nasionalisme pada anak adalah memperkenalkan keanekaragaman budaya dan lain sebagainya di Indonesia serta bagaimana cara menghargai perbedaan tersebut.

Ini sangat penting untuk dilakukan agar anak dapat menghargai perbedaan dan mencintai keberagaman yang ada di Tanah Air. Selain itu, hal tersebut juga akan membantu si kecil supaya nggak tumbuh menjadi egois dan rasis.

Baca Juga: Pentingnya Membaca Buku untuk Perkembangan Anak, Yuk Biasakan Sejak Bayi!

4. Bangga Menggunakan Produk Dalam Negeri

batik
instagram.com/mrssharena

Bangga menggunakan produk dalam negeri juga termasuk salah satu cara menanamkan rasa nasionalisme kepada buah hati lho!

Menggunakan batik misalnya, secara nggak langsung anak akan mengenal tentang produk khas Indonesia tersebut dan nggak merendahkannya.

5. Mengunjungi Museum Atau Objek Wisata Bersejarah

wisata keluarga
instagram.com/andienaisyah

Selain hal-hal di atas, mengajak anak ke museum atau objek wisata bersejarah juga bisa menumbuhkan kecintaannya terhadap negara.

Melihat secara langsung diorama para pahlawan dan perjuangan mereka akan membuat buah hati belajar tentang perjalanan panjang yang telah ditempuh oleh Indonesia.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menanamkan rasa nasionalisme kepada anak sejak usia dini. Nggak sulit kok!

0 Comment