Perjanjian Pranikah Masih Dianggap Tabu, Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu

31 May 2019, at 09:00
1
0
Perjanjian Pranikah Masih Dianggap Tabu, Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu

Pernikahan merupakan sesuatu yang sangat sakral dan menjadi gerbang bagi awal kehidupan baru seseorang. Nggak heran, upacara tersebut selalu dipersiapkan dengan matang dan maksimal.

Saat merencanakan pernikahan, ada banyak hal yang harus dibicarakan dan dipertimbangkan. Salah satunya adalah perjanjian pranikah atau prenuptial agreement.

Pembuatan perjanjian pranikah memang masih menjadi hal yang tabu bagi masyarakat Indonesia. Kebanyakan menyalah artikan hal tersebut sebagai “kawin kontrak” dan lain sebagainya.

Baca Juga: Saat Memutuskan untuk Menikah, 5 Hal Ini Nggak Boleh Kamu Rahasiakan dari Pasangan

Karena masih awam, berikut ini hal-hal yang perlu kamu ketahui perihal perjanjian pranikah agar nggak salah dalam mempertimbangkan.

1. Apa Itu Perjanjian Pranikah?

perjanjian pranikah
pexels.com/@dariaobymaha

Perjanjian pranikah adalah sebuah kontrak yang dibuat oleh calon pengantin sebelum menikah. Bukan berarti doa jelek, adanya perjanjian pranikah justru bisa bermanfaat bagi kehidupan rumah tangga kok.

Meskipun isinya bisa bervariasi, namun pada umumnya perjanjian pranikah mengatur tentang pemisahan harta kedua pasangan dalam pernikahan secara keseluruhan maupun sebagain.

perjanjian pranikah adalah
pexels.com/@freestocks

Sehingga apabila suatu hari terjadi hal-hal yang nggak diinginkan, maka sebagian harta bisa diselamatkan karena telah diatur dalam perjanjian pranikah yang merupakan manajemen keuangan secara profesional.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur tentang masalah utang, hal dan kewajiban pasangan, bahkan tentang poligami dan perselingkuhan di dalamnya.

2. Bagaimana Cara Membuat Perjanjian Pranikah?

membuat perjanjian pranikah
healthcarefamilycreditunion.org

Perjanjian pranikah bukan perjanjian yang kamu dan pasangan buat secara pribadi, melainkan harus disahkan dalam prosedur hukum.

Kamu dan pasangan dapat membuat perjanjian pranikah di KUA atau kantor catatan sipil dan menuliskan apa yang kalian inginkan.

cara membuat
pexels.com/@pixabay

Apabila bimbang, kamu juga bisa berkonsultasi ke konsultan hukum sebelum membawa perjanjian ke notaris untuk diproses.

Setelah selesai, kamu harus menyerahkan perjanjian pranikah yang sudah disahkan oleh notaris ke pihak KUA sebelum melaksanakan pernikahan.

Baca Juga: Selain Pesta, Ini 5 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menikah

3. Kelebihan Perjanjian Pranikah

kelebihan perjanjian pranikah
pexels.com/@moose-photos-170195

Dengan membuat perjanjian pranikah, hubungan rumah tangga akan lebih tertata. Selain itu, kamu dan pasangan juga bisa lebih terbuka sejak awal karena telah mengungkapkan keinginan masing-masing.

Untuk masalah keuangan, kamu dan pasangan bisa mendapatkan banyak keuntungan. Apabila dalam perjanjian pranikah disebutkan tentang pemisahan harta, maka harta tersebut akan aman jika salah satu diantara kalian mengalami kebangkrutan, terlilit hutang, dan lain sebagainya yang membuatnya harus disita.

4. Kekurangan Perjanjian Pranikah

kekurangan perjanjian pranikah
pexels.com/@luhras

Selain kelebihan, perjanjian pranikah juga memiliki kekurangan yang harus kamu ketahui sebagai pertimbangan. Karena masih tabu, banyak orang yang menganggap bahwa perjanjian tersebut nggak seharusnya dilakukan.

Kamu dan pasangan mungkin akan dianggap sudah merencanakan perceraian, mengalami ketakutan yang berlebihan, dan nggak percaya terhadap pasangan.

Baca Juga: Ingin Menikah Tanpa Resepsi? Pertimbangkan Dulu Hal-Hal Ini

Menulis perjanjian pranikah juga berarti kamu sudah harus mempertimbangkannya dengan baik. Karena kalau nggak, hal tersebut bisa menjadi bumerang terhadap dirimu sendiri.

Itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang harus kamu ketahui perihal perjanjian pranikah. Kira-kira, kamu menjadi pihak yang pro atau kontra nih terhadap hal tersebut?

0 Comment