Pernah Makan Sate Madura? Atau Sate Padang? Nih, Coba 5 Variasi Sate Lainnya yang ada di Indonesia

29 June 2018, at 11:00
1
0
Pernah Makan Sate Madura? Atau Sate Padang? Nih, Coba 5 Variasi Sate Lainnya yang ada di Indonesia

Setiap orang yang sudah lama tinggal di Indonesia pasti pernah mencicipi sate. Sate Madura dan Sate Padang merupakan sate yang paling banyak dijual diberbagai kota di Indonesia. Olahan daging ayam yang ditusuk ini menjadi kegemaran banyak masyarakat Indonesia. Tidak heran jika kini banyak sekali inovasi sate yang ada.

Apa saja ya kira- kira?

 

Sate Banjar

 

resepkoki.co

Sate banjar dibuat dengan ayam fillet pada bagian paha ayam. Hal itulah yang membuat sate banjar berbeda dengan sate ayam biasanya. Untuk membuat sate banjar tidaklah susah, hanya perlu menyiapkan cabai merah keriting, cabai merah, bawang putih, dan petis udang. Campurkan bumbu tersebut menjadi satu dan oles ke sate ayam sebelum dipanggang.

 

Sate Makassar

 

hobymakanenak.blogspot.com

Sate makassar biasanya terbuat dari jeroan sapi dengan saus belimbing di atasnya. Bisa juga, untuk melumuri saus belimbing pada sate sebelum dipanggang. Namun, ada juga beberapa inovasi dari warung makan sate Makassar yang dibuat dengan bumbu kacang seperti sate biasanya.

 

Sate Ponorogo

 

goodnewsfromindonesia.id

Sate ponorogo terbuat dari daging ayam yang diiris memanjang. Biasanya dalam satu tusukan sate bukan hanya berisikan ayam, namun juga berisikan kulit dan usus yang sudah diberi bumbu bacem sebelumnya. Untuk bumbunya hanya menggunakan saus kacang dengan irisan cabe merah yang tentunya pedas menggoda.

 

Sate Ambal

 

travelingyuk.com

Sate ambal muncul pertama kali di Kota Kebumen, Jawa Tengah dan sudah ada sejak tahun 1970-an. Sate ini memiliki keunikan sendiri karena daging ayam yang akan ditusukkan harus direndam dengan bumbu selama 2 jam lamanya. Memakan waktu yang cukup lama untuk memasaknya ya.

Apakah sederet sate di atas masih asing ditelingamu? Di Indonesia sendiri, sate sudah ada sejak abad ke-19 dan diperkenalkan oleh pedangang India dan muslim yang datang ke pulau Jawa. Lalu, minat konsumsi sate sangat banyak dan menjadi kegemaran masyarakat Jawa sehingga dengan cepat menyebar di berbagai kota di Indonesia, seperti saat ini.

 

 

Sumber : bobo.grid.id

0 Comment