Perpanjang SIM atau Buat SIM harus Mengikuti Tes Psikologi per 25 Juni, Siap Melewatinya?

25 June 2018, pada 05:00
1
0
Perpanjang SIM atau Buat SIM harus Mengikuti Tes Psikologi per 25 Juni, Siap Melewatinya?

Kini untuk memperpanjang SIM atau membuat baru SIM, para pengurus wajib melewati tes psikologi. Tes tersebut diterapkan mulai tanggal 25 Juni 2018. Kebijakan ini disampaikan oleh Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar seperti yang dilansir dari detikcom.

Tes psikologi ini diterapkan dengan tujuan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh faktor psikologi seorang pengendara. Tes psikologi ini akan disimulasikan pada tahap tes pembuatan dan perpanjangan SIM mulai tanggal 21 juni hingga 23 juni.

 

Korlantas.polri.go.id

 

Tes psikologi diterapkan sebagai bentuk pengurangan kecelakaan lalu lintas dan menerapkan pasal 33 peraturan Kapolri No.9 tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi. Materi tes psikologi akan dirancang oleh lembaga psikologi profesional.

Soal biaya mengikuti tes psikologi juga masih belum diperkirakan. Dirlantas Polda Metro Jaya mengemukakan harapannya agar penerbitan SIM nantinya dapat mencegah kejadian laka lantas akibat faktor psikologis pengemudi seperti yang pernah terjadi pada tahun 2015 yang menyebabkan korban meninggal dan luka luka di Jalan Sultan Iskandar Muda.

Sumber : detik.com

0 Komentar