Qupas Healthy

Pertolongan Pertama Saat Digigit Ular Berbisa Seperti Kobra, Catat Ya!

19 December 2019, at 05:00
Pertolongan Pertama Saat Digigit Ular Berbisa Seperti Kobra, Catat Ya!

Beberapa waktu terakhir, masyarakat Indonesia khususnya yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya dihebohkan dengan kemunculan ular kobra. Binatang melata tersebut muncul dengan tiba-tiba di pemukiman sehingga mengejutkan warga.

Nggak hanya satu atau dua, kemunculan puluhan ular kobra yang berbisa dan mematikan tersebut lantas membuat masyarakat takut dan merasa terteror.

Menurut Amir Hamidy yang merupakan peneliti reptil dari Pusat Penelitian Biologi LIPI, penemuan ular kobra di lingkungan rumah warga adalah suatu hal yang wajar. Pasalnya, telur-telur ular memang biasanya menetas saat musim penghujan.

teror ular
antaranews.com

Banyak orang yang juga mengatakan bahwa hal tersebut wajar mengingat dulunya perumahan-perumahan tersebut adalah rawa-rawa, sawah, atau bahkan hutan yang merupakan habitat alami ular.

Terlepas dari penyebabnya, apa yang harus dilakukan apabila digigit ular kobra atau yang berbisa? Nggak hanya butuh penanganan dokter, gigitan ular juga membutuhkan pertolongan pertama yang harus dilakukan dengan tepat.

Baca Juga: Nggak Nyangka, 7 Makanan yang Sering Kamu Konsumsi Ini Beracun dan Mematikan

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan sebagai pertolongan pertama pada gigitan ular berbisa, seperti kobra.

1. Minimalisir Gerakan di Area Gigitan

digigit ular
hellosehat.com

Saat dipatuk oleh ular berbisa, pastikan bagian yang tergigit nggak banyak digerakkan. Hal ini perlu dilakukan untuk memperlambat penyebaran racun dalam tubuh.

Penanganan pertama digigit ular kobra hampir sama seperti pertolongan pada patah tulang yaitu dengan meletakkan kayu pada sisi-sisi area yang terinfeksi untuk mengurangi gerakan.

2. Kenali Jenis Ular dan Catat Waktu Gigitan

ular
petworlds.net

Selain meminimalisir gerakan, korban juga harus berusaha untuk tetap sadar. Nggak hanya itu, sebaiknya korban mengenali jenis ular atau paling nggak bisa mendiskripsikan bentuknya agar saat pertolongan medis datang dokter bisa memberikan obat penawar yang sesuai.

Mencatat waktu gigitan juga sebenarnya penting untuk dilakukan agar petugas kesehatan bisa mengetahui berapa banyak waktu yang sudah terlewat dan mengetahui risiko apa yang akan terjadi.

3. Hindari Mengikat Bagian Tubuh

pertolongan pertama digigit ular
newslocker.com

Beberapa dari kamu mungkin pernah mendengar bahwa mengikat bagian tubuh di sekitar area yang tergigit akan membantu memperlambat penyebaran racun. Padahal, hal tersebut justru nggak disarankan lho.

Pasalnya, hal tersebut justru bisa membuat pembuluh darah tersumbat dan menyebabkan komplikasi yang lebih berbahaya. Selain mengikat area tubuh, menghisap racun juga nggak disarankan karena merupakan tindakan yang nggak efektif dan racun juga bisa masuk melalui mulut.

Baca Juga: Sering Dilakukan, Begini Bahaya Minum Antibiotik Tanpa Arahan Dokter

4. Hindari Mengonsumsi Beberapa Jenis Obat

obat
thetimes.co.uk

Mengonsumsi aspirin, ibuprofen, serta beberapa obat penghilang rasa sakit mungkin menjadi pilihan beberapa orang untuk meminimalisir efek gigitan ular.

Namun, hal tersebut ternyata nggak sebaiknya dilakukan. Beberapa obat penghilang rasa sakit dapat mengencerkan darah sehingga bisa membuat racun menyebar lebih cepat.

5. Segera Mencari Pertolongan Medis

medis
soundear.com

Saat digigit oleh ular, sebaiknya langsung mencari pertolongan medis untuk mendapatkan penanganan yang intensif dan profesional.

Walau pun digigit ular yang nggak berbisa, kamu tetap harus melakukan hal ini karena bisa saja berisiko terinfeksi bakteri berbahaya.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa pertolongan pertama digigit ular berbisa seperti kobra yang bisa kamu lakukan.