Perusahaan Menawarkan Resign? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan

12 August 2019, at 15:00
0
0
Perusahaan Menawarkan Resign? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan

Seperti yang beredar di masyarakat Indonesia saat ini, PT Net Mediatama Televisi sebagai payung besar dari NET TV menawarkan resign atau mengundurkan diri kepada seluruh karyawannya. Dilansir dari cnnindonesia.com, Chief Operating Officer Net Mediatama, Azuan Syahril menjelaskan bahwa penawaran itu sudah dilakukan sejak bulan Agustus ini.

Bahkan, Azuan pun mengatakan bahwa pemutusan hubungan kerja itu disambut baik oleh karyawan. Sejumlah pegawai NET TV pun sudah ada yang memberikan surat pengunduran diri kerja.

Walau begitu, menurut penuturan Azuan bahwa ia memastikan kondisi keuangan perusahaan hingga saat ini masih baik-baik saja. Hanya saja nggak dibeberkan secara rinci mengenai hal itu.

ilustrasi net tv
youthmanual.com

Berkaitan dengan hal tersebut, menjadi seorang karyawan di salah satu perusahaan yang saat ini sedang menawarkan pengunduran diri mungkin menjadi sesuatu yang sangat perlu dipikirkan.

Qupas punya beberapa pertimbangan yang mungkin bisa kamu pikirkan lagi mengenai harus bertahan atau memutuskan untuk memberikan surat resign kerja pada perusahaan yang menawarkan pengunduran diri. Simak yuk, apa saja ya itu!

1. Tanyakan Dulu Mengenai Apa yang Bisa Kamu Bantu

surat resign pengunduran diri

Jangan panik terlebih dahulu saat diberi tahu tentang perusahaan yang menawarkan pengunduran diri. Ada baiknya untuk kamu lebih dulu mempertanyakan perihal apa yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan perusahaan.

Jika yang perusahaan membutuhkan dana untuk bisa terus beroperasi, maka nggak ada salahnya untuk kamu memilih mengundurkan diri. Seenggaknya hal tersebut bisa membantu menyelamatkan beban perusahaan.

2. Mempertimbangkan Kembali Baik dan Buruknya dalam Mengambil Keputusan

jangan dulu resign kerja
bbntimes.com

Sebagian perusahaan yang menawarkan pengunduran diri kepada karyawannya memberikan sejumlah benefit, seperti pesangon yang melebihi gaji per bulannya.

Walau begitu, kamu tetap harus memikirkan kembali baik dan buruknya saat akan menerima atau menolak tawaran tersebut. Yang harus kamu pikirkan saat itu adalah peluang untuk bertahan atau mengundurkan diri.

Baca juga: Catat 10 Situs Pencarian Kerja ini akan Membuatmu Dapatkan Karir Impian

3. Mencari Solusi yang Tepat

mencari solusi pekerjaan
dollarsandsense.sg

Jika perusahaan tempatmu bekerja memiliki masalah, maka mengundurkan diri dan mencari tempat kerja tentu bisa menjadi solusi yang tepat.

Walau tempat kerja dan suasana bekerja di perusahaan tersebut memberikan kenyamanan, namun hal-hal tersebut bukan lah hal-hal yang bisa menjadi alasan untuk bertahan.

4. Jangan Langsung Memutuskan Keluar dari Perusahaan

jangan langsung mengundurkan diri
collegerecruiter.com

Saat keputusanmu sudah bulat untuk meninggalkan perusahaan, akan lebih baik jika hal tersebut diikuti dengan perencanaan. Kamu juga harus memikirkan akan kemana kamu melangkah nantinya.

Apakah kamu ingin menikmati masa-masa nganggur untuk traveling atau ingin menghabiskan waktu itu untuk mencari pekerjaan baru. Tapi yang paling penting saat melayangkan surat pengunduran diri, rencanakan dengan matang apa yang akan kamu lakukan.

5. Menjawab Pertanyaan Pewawancara tentang Keputusan Resign dari Tempat yang Lama

menjawab pertanyaan pewawancara
careerbuilder.com

Untuk kamu yang sudah mantap memilih resign kerja dan mencoba peruntungan di perusahaan lainnya, kamu pasti akan melewati serangkaian seleksi penerimaan karyawan.

Nah, saat di sesi wawancara sudah sebagian pewawancara pasti akan menanyakan hal mengenai mengapa berhenti dari pekerjaan sebelumnya.

Mungkin kamu bisa memberikan jawaban positif, seperti ingin adanya tantangan lebih atau nggak ingin bekerja dalam bidang sama seperti sebelumnya.

Baca juga: 5 Kesalahan di Surat Lamaran Kerja yang Membuatmu Masih Nganggur Hingga Sekarang

Itulah lima hal yang harus kamu pertimbangkan ketika memutuskan untuk berhenti kerja dari perusahaanmu yang menawarkan resign. Bukan hal yang mudah memang untuk memutuskannya, namun mau nggak mau kamu pun harus mengambil keputusan dengan benar dan tepat!

0 Comment