Pesawat Citilink Menerima Sinyal Darurat, Benarkah Akan Jatuh?

20 July 2018, at 04:17
3
0
Pesawat Citilink Menerima Sinyal Darurat, Benarkah Akan Jatuh?

Sudah menjadi rahasia umum, maskapai-maskapai di Indonesia masih kerap mendapat problem yang meresahkan. Terbukti 9 dari 10 maskapai terburuk di Dunia ada di Indonesia. Hal itu dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti keterlambatan pesawat datang, salah mendarat, hingga kecelakaan yang menewaskan seluruh penumpang.

Nggak heran jika ada berita tentang pesawat yang delay hingga hilang dari pantauan radar langsung tersebar heboh seantero negeri. Seperti yang terjadi beberapa hari yang lalu, sempat dikabarkan bahwa salah satu pesawat Citilink dengan nomer penerbangan QG 801 jurusan Semarang-Surabaya menangkap sinyal emergency.

Sayang, banyak media yang mengabarkan berita yang kurang akurat tentang hal ini. Kontan saja, masyarakat Indonesia langsung riuh di dunia maya. Berikut kronologi selengkapnya tentang pesawat Citilink yang menerima sinyal darurat. Biar kamu nggak terlalu panik dan takut naik pesawat.:

 

1. Pesawat Citilink Jurusan Semarang-Surabaya Menerima Sinyal Misterius

 

infopenerbangan.com

Pada 18 Juli 2018 yang lalu, pesawat Citilink yang mengudara menuju Surabaya dikabarkan telah menerima sinyal darurat pada ketinggian 8.000 kaki tepat di wilayah Purwodadi, Jawa Tengah. Sinyal itu diterima sang pilot pada jam 10 pagi. Kemudian, pilot pesawat menginformasikan kepada pihak Airnav Indonesia yang bertugas sebagai operator lalu lintas udara. Dari pihak Airnav, sinyal misterius tersebut disalurkan lagi kepada Basarnas Semarang untuk dicari titik lokasi sinyal tersebut berada.

 

2. Basarnas Semarang Tidak Dapat Menemukan Titik Sinyal Misterius Tersebut, Dugaan Sementara Dari Perangkat Rusak Atau Kapal

 

tni-au.mil.id

Setelah ditelusuri lebih lanjut oleh Basarnas Semarang, ternyata tidak dapat menemukan titik lokasi dari sinyal itu berasal. Dari pihak Basarnas pun berpendapat bahwa kemungkinan sinyal emergency dengan frequensi 121.5 Mhz yang didapatkan oleh Citilink pada ketinggian 8000 feet berasal dari perangkat rusak atau kapal. Hal itu diperkuat dengan laporan dari sang pilot yang mengatakan sudah tidak mendeteksi sinyal itu pada ketinggian 10.000 feet.

 

 

3. Airnav Indonesia Menyampaikan Penerbangan Citilink Indonesia Rute Semarang-Surabaya Aman Dan Telah Mendarat Dengan Selamat

 

Tikita.co.id

Sekali lagi pihak Humas AirNav Indonesia Yohanes Sirait mengatakan bahwa pesawat Citilink itu tidak mengalami situasi darurat, namun hanya menangkap sinyal darurat pada ketinggian 8.000 kaki. Pesawat tersebut pun tetap mendarat dengan selamat di Bandara Juanda, Sidoarjo Jawa Timur.  

 

4. Jangan mudah percaya informasi hanya dari satu sumber. Bacalah artikel dalam jumlah banyak.

 

huffingtonpost.com

Berita ini mengajarkan kita para netizen yang sering kali membaca suatu artikel tanpa mencari sumber artikel yang lain. Terkadang, kita hanya mempercayai apa yang ditulis dalam satu sumber artikel tersebut. Padahal ada banyak informasi lainnya yang jauh lebih lengkap dan akurat. Periksa juga sumbernya, karena reputasi sebuah media terletak pada kredibilitasnya.

 

5. Tetap berfikiran positif

 

gedground.com

Setelah banyaknya berita yang kurang akurat menyebar di tengah-tengah masyarakat tentang kejadian pesawat Citilink, itu juga bisa menjadi pelajaran untuk kita tidak mudah terpengaruh terhadap beberapa hal. Jangan mudah panik dengan suatu kejadian, termasuk soal transportasi udara di Indonesia. Tetap tenang dan berfikiran positif ya.

Dari kejadian di atas, kita bisa mengambil satu kesimpulan bahwa jangan mudah panik dan percaya sumber berita hanya dari satu media saja. Adapun rasa takut terhadap pemberitaan transportasi udara di Indonesia, jangan terlalu berlarut-larut. Selalu berdoa saat perjalanan dan tetap berfikiran positif.

0 Comment