Pesona Air Terjun di Jembatan Mangunsuko, Wisata Magelang yang Lagi Hits di Kalangan Milenial

01 June 2019, at 11:00
1
0
Pesona Air Terjun di Jembatan Mangunsuko, Wisata Magelang yang Lagi Hits di Kalangan Milenial

Nama Jembatan Mangunsuko mungkin masih asing di kalangan traveler. Memang sih, tempat wisata di Magelang ini masih tergolong baru.

Bukan sekedar jembatan biasa, penghubung dua desa ini juga punya banyak keistimewaan. Salah satunya panorama alam yang ada di sekitarnya. Mau tahu info selengkapnya? Lanjut baca yuk, Sobat!

Baca juga: Unik! Magelang Punya Kolam Renang di Tengah Sawah

1. Populer dengan sebutan Jembatan Jokowi

jembatan jokowi merapi
instagram.com/sonydansetiadi

Ternyata destinasi ini juga dikenal dengan nama Jembatan Jokowi, lho. Soalnya penghubung dua desa di Magelang ini diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2017 lalu.

Setelah peresmian jembatan sepanjang 120 meter ini, penduduk sekitar menyebutnya sebagai "Jembatan Jokowi". Tujuannya sebagai pengingat bagi warga bahwa penghubung tersebut sangat spesial karena diresmikan secara langsung oleh presiden meski letaknya ada di pelosok desa.

2. Bukan jembatan biasa

jembatan mangunsuko
instagram.com/djuprisoengkono

Adanya Jembatan Mangunsuko adalah berkah tersendiri bagi warga setempat. Dulu sebelum ada penghubung desa sekaligus destinasi di Magelang ini, penduduk butuh waktu kurang lebih selama 1,5 jam untuk bisa sampai ke desa tetangga.

Beda dengan sekarang. Warga cuma perlu waktu sekira 40 menit dengan menempuh jarak kurang lebih sejauh 24 kilometer.

Menariknya lagi, Jembatan Mangunsuko juga bukan sekedar penghubung untuk mempermudah jalur transportasi. Tapi area ini juga dijadikan sebagai tempat hunting foto, lho. Salah satu alasannya karena pemandangan di sekitarnya sangat cantik.

3. Pesona air terjun mini di bawah jembatan

jembatan gantung jokowi magelang
instagram.com/machekoo

Jembatan Mangunsuko yang menjadi penghubung antara Dusun Grogol di Desa Mangunsuko dan Dusun Tutup di Desa Sumber ini dipisahkan oleh Sungai Senowo.

Tepat di bawah jembatan, kamu bakal menyaksikan pemandangan air terjun mini yang berundak. Di sekitar aliran air terjun juga tampak rumput hijau yang semakin menambah keindahannya. Sementara di kejauhan terlihat panorama Gunung Merapi yang menjulang dengan gagahnya.

Baca juga: Wisata di Magelang yang Buka 24 Jam, Puas Liburan Nih!

4. Wisata murah meriah di Magelang

jembatan jokowi magelang
instagram.com/ardha.tp

Jembatan Mangunsuko atau Jembatan Jokowi ini termasuk destinasi murah di Magelang, lho. Kamu pun nggak perlu bayar tiket masuk karena memang area ini bukan wisata komersial.

Tapi buat kamu yang ingin berhenti sejenak untuk menikmati panorama alam di sekitarnya, cukup sediakan budget sekitar Rp3.000,00 buat parkir kendaraan. Murah kan?

5. Cara ke Jembatan Mangunsuko

jembatan mangunsuko magelang
instagram.com/shiiirere

Lokasi Jembatan Mangunsuko sendiri ada di Dusun Grogol, Desa Mangunsuko, Kecamatan Dukun. Dari pusat Kota Magelang, jaraknya sekitar 25,6 kilometer dengan estimasi waktu sekira 46 menit berkendara.

Rute tercepat yang bisa kamu gunakan agar bisa sampai di lokasi adalah melalui Jalan Magelang-Jogja.

Well, Jembatan Mangunsuko atau biasa disebut Jembatan Jokowi Merapi ini bisa jadi alternatif tempat liburan hemat di Magelang. Apalagi kamu bukan cuma bisa hunting foto di sini, tapi juga menikmati pemandangan alam di sekitarnya.

0 Comment