Pesona Air Terjun Madakaripura dan 4 Wisata Lain di Probolinggo

10 September 2018, at 05:01
0
0
Pesona Air Terjun Madakaripura dan 4 Wisata Lain di Probolinggo

Sebagian besar orang mungkin sudah mengetahui tentang Air Terjun Madakaripura. Pesona objek wisata yang ada di Probolinggo ini memang sangat memikat. Terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, air terjun ini tentu akan menyejukkan indera penglihatan bagi siapa saja yang memandangnya.

Selain Air Terjun Madakaripura, ternyata masih ada beberapa objek wisata serupa di Probolinggo, Jawa Timur yang berpotensi memikatmu. Letaknya pun berdekatan dengan area wisata air ini. Penasaran? Yuk, intip beberapa air terjun cantik yang Qupas rekomendasikan untuk kamu kunjungi saat berlibur ke Probolinggo berikut ini!

Baca juga: 5 Fakta Unik Air Terjun Sri Gethuk yang Bikin Jatuh Hati

1. Air Terjun Madakaripura

air terjun madakaripura
instagram.com/doningluyur

Saat pertama kali berkunjung ke sini, dijamin kamu akan terkagum-kagum dengan penampakan air terjun yang mengalir di antara dua dinding tebing bebatuan. Cahaya matahari seolah terhalang untuk masuk oleh tebing-tebing tinggi ini. Objek wisata ini berbentuk ceruk serta dikelilingi perbukitan yang meneteskan air ini semakin menambah keindahan.

Tempat wisata ini terletak di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Lumbang, Probolinggo. Rute yang bisa kamu lalui untuk bisa sampai ke air terjun yang tingginya mencapai 200 meter ini adalah jalur Probolinggo -  Bromo menuju Tongas. Setelah menemui pertigaan Sukapura, ambil arah ke kanan sampai tiba di Pasar Lumbang. Dari sini, ikuti petunjuk jalan yang akan membawamu ke Air Terjun Madakaripura.

air terjun madakaripura probolinggo
instagram.com/stobing

Tarif untuk memasuki air terjun cantik ini terbilang murah, yakni Rp 11 ribu di hari efektif, akhir pekan maupun liburan. Biaya tambahan, seperti parkir, guide, sewa jas hujan atau payung pun sangat terjangkau. Jadi, wisata ini nggak akan bikin kantongmu jebol.

2. Air Terjun Umbulan

air terjun umbulan
instagram.com/kurniaalvin10

Destinasi wisata ini juga bisa menjadi pilihanmu saat pergi ke Probolinggo. Pemandangan alam cantik serta menawarkan ketenangan dan kesejukan tentu menjadi nilai tambah tersendiri. Cocok untuk kamu yang mulai bosan dengan padatnya rutinitas atau merasa penat.

Air Terjun Umbulan terletak di Kecamatan Sukapura, Probolinggo. Akses menuju ke area wisata ini pun nggak terlalu sulit. Dari pusat kota, pilih jalan ke Bromo hingga sampai ke Pasar Sukapura. Berjarak 500 meter, ada gang kecil di sisi kiri Telkom yang merupakan jalan satu-satunya untuk menuju ke lokasi.

air terjun umbulan probolinggo
instagram.com/jhoeco_90

Liburan ke air terjun ini pun juga sangat murah. Dengan budget Rp 2 sampai Rp 5 ribu, kamu sudah bisa memasuki area wisata yang buka dari pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Menariknya lagi, ada beberapa fasilitas di dekat air terjun yang memudahkan liburanmu, seperti parkir, musala, toilet hingga rumah makan.

3. Air Terjun Watu Lawang

air terjun watu lawang
instagram.com/sinyoureh

Saat Air Terjun Madakaripura sudah terlalu umum, ada juga objek wisata serupa yang akan membuat liburanmu seru. Air Terjun Watu Lawang namanya. Salah satu area wisata yang akan memberikan kesejukan, perasaan tenang dan damai saat berkunjung. Tebing yang menjulang tinggi sebelum memasuki lokasi pun menambah keelokannya.

Air Terjun Watu Lawang berada di Desa Ngepung, Sukapura, Probolinggo. Untuk bisa sampai ke sini, cari lokasi berdirinya SMKN 1 Sukapura agar lebih mudah. Tepat di sebelah kiri sekolah kejuruan ini, ada gang masuk yang akan mengarahkanmu ke lokasi wisata.

air terjun watu lawang probolinggo
instagram.com/ibent_nugroz

Karena air terjun di Probolinggo ini belum dikelola, kamu nggak akan dikenakan biaya saat memasuki lokasi wisata. Meski begitu, kecantikannya tentu akan tetap kamu nikmati. Selama perjalanan yang akan ditempun sekira 20 menitan, nuansa alam akan kamu rasakan. Yakin, nggak ingin ke sini?

Baca juga: Curug Sawer, Wisata Alam yang Terkenal dengan Cerita Mistisnya

4. Air Terjun Kali Pedati

air terjun kalipedati
instagram.com/addy_addy13

Objek wisata ini juga bisa menjadi pilihan saat kamu ingin menelusuri air terjun yang ada di Probolinggo. Tingginya yang mencapai 20 meter serta berada di kawasan Wisata Bromo di Lereng Gunung Argopuro juga menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, air yang jernih serta panorama alamnya dijamin semakin membuatmu betah.

Lokasi Air Terjun Kali Pedati ini berada di Desa Kalianan, Kecamatan Krucil, Probolinggo. Untuk bisa sampai ke sini, sebaiknya ikuti petunjuk arah melalui aplikasi Google Maps supaya lebih mudah. Kamu juga bisa bertanya pada warga sekitar kalau memang takut nyasar.

air terjun kalipedati probolinggo
instagram.com/ibent_nugroz

Beberapa fasilitas minim, seperti parkir motor, musala, toilet hingga tempat istirahat sudah disediakan oleh warga. Menariknya lagi, kamu nggak akan dikenakan biaya saat memasuki kawasan air terjun. Jadi, dari jam 07.00 sampai 17.00 WIB, kamu pun bisa menikmati suasana tenang dengan hawa sejuk di air terjun ini.

5. Air Terjun Triban

air terjun triban
anomharya.com

Air Terjun Triban nggak kalah memukau saat kamu berkunjung. Area wisata ini terletak di Desa Ngepung, Probolinggo. Nggak satu jalur dengan Madakaripura, desa ini hanya akan dilewati saat kamu berangkat dari Terminal Bayuangga. Tepatnya hanya sekira 45 menit jika berkendara menggunakan motor dari Kota Probolinggo.

SMKN 1 Sukapura adalah jalur penanda kalau kamu sudah memasuki area Air Terjun Triban. Dari sini, ada beberapa warga yang menawarkan jasa parkir, dari tarif Rp 5 ribu (motor) hingga Rp 20 ribu (mobil). Biaya parkir memang terbilang mahal mengingat tiket masuk masih belum ada.

air terjun triban di probolinggo
instagram.com/kurniaalvin10

Selama 1 jam perjalanan, kamu akan menemui area perbukitan. Aksesnya pun sangat curam dan licin saat dilalui di musim hujan. Anak tangga alami yang dibuat dengan cara dicangkul oleh warga sekitar akan membantumu untuk menuju lokasi wisata.

Semkin jauh berjalan dan mendekati sungai, jalur yang dilewati kian menantang. Medan semakin licin karena jalan berpasir. Meski medan sangat menantang, tentu kamu nggak akan menyesal untuk datang. Terlebih lagi, suguhan pemandangan menyejukkan mata akan kamu dapatkan setelah berpetualang.

Nah, itu dia beberapa objek wisata serupa Air Terjun Mardakaripura yang nggak kalah cantik. Selain pemandangan indah, beberapa di antaranya juga menawarkan aksi petualangan yang tentu nggak akan kamu lupakan seumur hidup. Menariknya lagi, tarif tempat wisata itu juga sangat terjangkau. Jadi, sudah siap untuk liburan?

0 Comment