Pesona Danau Kaco di Jambi yang Air Beningnya Menyimpan Sejuta Misteri

18 August 2019, at 19:00
0
0
Pesona Danau Kaco di Jambi yang Air Beningnya Menyimpan Sejuta Misteri

Jambi merupakan salah satu provinsi di Sumatera yang memiliki banyak potensi wisata. Mulai dari pesona alam, budaya, bahkan wisata kuliner semuanya luar biasa.

Selain objek wisata Pulau Penyu yang sudah terkenal, ternyata destinasi dengan oleh-oleh khas Kue Srikaya ini juga menyimpan surga dunia yang tersembunyi lho.

Salah satunya adalah Danau Kaco yang menyimpan beberapa misteri di balik pemandangan indah dan jernih airnya yang memesona.

1. Keindahan Danau Kaco

pesona danau kaco
instagram.com/rikasharsa

Danau Kaco sebenarnya masuk di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, sehingga nggak heran kalau objek wisata ini masih sangat asri dan alami.

Dikelilingi oleh hutan, danau ini memancarkan warna biru terang yang cukup menyilaukan. Hal tersebut membuatnya terlihat seperti mutiara karena sangat kontras dengan coklatnya pohon dan hijau dedaunan sekitar.

Pemandangan yang menawan serta udara yang segar menjadikan objek wisata ini cocok bagi kamu yang sedang ingin melepas penat dari segala rutinitas sehari-hari.

2. Semakin Memesona Saat Bulan Purnama

jernihnya danau kaco
instagram.com/membosankan_

Salah satu daya tarik yang banyak membuat orang penasaran dan ingin mengunjungi Danau Kaco adalah pesona yang ditampilkannya saat malam hari, terutama bila bulan purnama tiba.

Pancaran cahaya bulan purnama membuat objek wisata tersebut menyala, memancarkan sinar terang yang mengarah ke langit. Beberapa wisatawan yang pernah menginap bahkan mengatakan bahwa kamu nggak perlu menggunakan penerangan lagi lho.

3. Misteri Kejernihan Air Danau Kaco

misteri danau kaco
instagram.com/daniyovandi

Meskipun indah, ternyata danau dengan luas 3 kali 3 meter ini menyimpan misteri dalam kejernihan airnya. Konon katanya, air sebening kaca tersebut berasal dari intan titipan milik para pemuda yang ingin melamar putri Raja Gagak yang cantik jelita.

Akan tetapi, kecantikan putri bernama Napal Melintang tersebut telah memikat hati ayahnya sendiri sehingga membawanya lari. Raja Gagak pun meninggalkan intan pemberian para pemuda di dasar Danau Kaco. Hingga saat ini, masyarakat sekitar masih percaya dengan legenda tersebut.

Uniknya lagi, sampai saat ini para peneliti dan masyarakat sekitar belum tahu pasti seberapa dalam objek wisata tersebut lho. Padahal, air birunya yang jernih memungkin setiap wisatawan untuk melihat dasar Danu Kaco dari permukaan.

Baca Juga: Labuan Cermin, Danau Dua Rasa yang Pesonanya Bikin Susah Move On

4. Sempat Ditutup

danau kaco
instagram.com/diahaningrum_

Memiliki keindahan alam yang luar biasa memesona, ternyata Danau Kaco pernah ditutup sementara pada 1 Oktober sampai 30 November 2016 lalu lho.

Penutupan sementara tersebut dilakukan untuk pemulihan ekosistem, reboisasi, serta penyesuaian peraturan pengunjung berdasarkan adat demi kenyamanan dan keamanan bersama.

5. Cara Menuju Danau Kaco

cara ke danau kaco
instagram.com/tukang__kemana

Lokasi Danau Kaco yang masih berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, atau lebih tepatnya di Desa Lembur, Kecamatan Gunung Raya memang membuat objek wisata ini agak sulit dijangkau.

Dari pusat Kota Jambi, kamu harus menuju ke Sungai Penuh terlebih dahulu, setelah itu melanjutkan perjalanan ke Desa Lembur yang memakan waktu sekitar 45 menit. Dari sini, kamu perlu menyusuri hutan selama 4 jam dengan berjalan kaki untuk menemukan pesona Danau Kaco.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal tentang Danau Kaco yang perlu kamu ketahui. Tertarik untuk mengunjungi objek wisata Jambi tersebut?

0 Comment