Qupas Travel

Pesona Gronjong Wariti, Saluran Irigasi di Kediri yang Jadi Favorit Traveler Milenial

21 January 2020, at 04:00
Pesona Gronjong Wariti, Saluran Irigasi di Kediri yang Jadi Favorit Traveler Milenial

Gronjong Wariti bagi warga Kediri mungkin sudah nggak asing. Apalagi sekarang, setelah aliran sungainya menjadi bersih dan tersedia beragam wahana, destinasi ini pun menjadi kebanggaan warga setempat.

Meski bukan termasuk wisata baru di Kediri, namun Gronjong Wariti sudah mengalami banyak perubahan. Bahkan bisa dibilang mungkin lebih baik daripada dulu.

Penasaran seperti apa Gronjong Wariti sekarang dan ada apa saja di sana? Intip deh ulasan berikut!

1. Masa lalu Gronjong Wariti

gronjong wariti
instagram.com/tiasherly

Berada di Gronjong Wariti, kamu bakal melihat sungai irigasi yang memiliki airnya jernih, bersih, dan menyegarkan. Tapi, siapa sangka kalau dulunya tempat ini kumuh.

Bahkan katanya dulu nyaris nggak pernah terjamah manusia. Sampai akhirnya ada cerita mistis kalau Gronjong Wariti dihuni oleh makhluk halus.

Kini setelah dibersihkan oleh warga setempat, keadaannya berubah 180 derajat. Dulu sepi, sekarang justru wisata di Jawa Timur ini jadi magnet para wisatawan.

2. Susur sungai menggunakan perahu

sungai gronjong wariti
instagram.com/isnawardani69

Selain jalan kaki, melihat keindahan alam Gronjong Wariti juga bisa dilakukan dengan cara naik perahu dengan menyusuri sungai irigasi. Selama perjalanan, kamu bakal dimanjakan dengan pemandangan sawah, kebun, hingga pemukiman penduduk.

Wisata susur sungai di Gronjong Wariti bukan cuma bisa dilakukan dengan menggunakan perahu motor. Getek maupun perahu bebek pun bisa jadi alternatif, lho.

3. Surga wisatanya anak-anak

wisata di kediri
instagram.com/novi_novita25

Gronjong Wariti mungkin bisa dibilang merupakan surga wisatanya anak-anak. Banyak wahana yang cukup menyenangkan, terutama untuk menyenangkan hati si kecil. Misalnya saja seperti kolam renang, ATV, hingga flying fox untuk anak-anak.

Untuk pengunjung dewasa nggak perlu khawatir. Di sini juga tersedia wahana yang cukup menantang, seperti rafting.

gronjong wariti mejono
instagram.com/bebyfransisca_

Selain itu, pengunjung juga bisa mencicipi aneka kuliner tradisional di spot Jajanan Isor Pring. Di tempat ini, makanan seperti nasi tiwul, cenil, hingga klepon bisa dicoba sambil melihat anak-anak bermain.

Baca juga: Mengintip Uniknya Crop Circle di Kediri, Bukan Bikinan Alien Lho!

4. Wisata gratis di Kediri

gronjong wariti kediri
instagram.com/niia_kania

Kabar baiknya lagi, saat berada di tempat wisata Kediri ini kamu nggak perlu membayar tiket masuk. Kecuali kalau bawa kendaraan. Kamu perlu menyediakan budget sekitar Rp2 ribu untuk ongkos parkir.

Selain itu, kamu juga perlu menyediakan dana kalau ingin mencoba wahana dengan rincian biaya sebagai berikut.

  • Berenang: Rp3 ribu
  • Sepeda air: Rp5 ribu
  • Flying fox: Rp15 ribu sampai Rp25 ribu

Murah, kan? Tapi ingat, biaya tersebut bisa berubah sewaktu-waktu dan tergantung para pengelola, ya!

5. Cara ke wisata Gronjong Wariti

gronjong wariti mejono kediri
instagram.com/rintayusa

Lokasi Gronjong Wariti berada di Desa Mejono, Kecamatan Plemahan. Dari pusat Kota Kediri, jaraknya sekitar 24 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih selama 46 menitan.

Tempat wisata di Kediri ini cukup mudah ditemukan kok. Apalagi letaknya nggak jauh dari Kampung Inggris, kira-kira sejauh 8 kilometer.

Well, itu dia ulasan singkat tentang Gronjong Wariti yang belakangan ini digandrungi wisatawan. Meski bukan merupakan termasuk wisata baru di Kediri, tapi destinasi ini terus diperbarui lho. Mampir deh!