Pesona PLTA Kracak, Warisan Kolonial Belanda di Bogor yang Masih Eksis Hingga Kini

11 November 2019, at 13:00
0
0
Pesona PLTA Kracak, Warisan Kolonial Belanda di Bogor yang Masih Eksis Hingga Kini

Selain wisata alam, Bogor juga punya destinasi sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Sebut saja Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kracak.

Bukan cuma punya segudang manfaat untuk masyarakat sekitar, PLTA di Bogor ini juga tawarkan keindahan. Ada pula bangunan bersejarahnya yang usianya sudah ngak muda lagi.

Gimana, tertarik untuk mengunjunginya? Sebelum itu, coba deh intip ulasan singkat tentang PLTA Kracak di bawah ini!

1. Dekat dari waduk 'tua'

waduk gunung bubut
instagram.com/abie_bette

Di kawasan PLTA Kracak, terdapat Waduk Gunung Bubut yang usianya sudah puluhan tahun. Wisata waduk ini fungsinya sebagai kolam penampungan air dari bendungan Sungai Cianten dan Cikuluwung, sebelum dialirkan dengan pipa besar menuju PLTA Karacak atau Kracak.

Fyi, namanya Gunung Bubut, karena memang lokasinya berada di atas gunung dan dibuat dengan cara dilubangi (dibubut).

2. Salah satu warisan kolonial Belanda

plta karacak
instagram.com/kracakayak

Bisa dibilang wisata Bogor ini jadi salah satu saksi bisu kemerdekaan Indonesia. Apalagi bangunan ini didirikan pada masa penjajahan Belanda, tepatnya di tahun 1926.

PLTA Kracak sendiri terdiri dari tiga unit pembangkit berkapasitas total 18,90 MW. Dimana unit 1 dan 2 didirikan pada tahun 1926. Sedangkan unit 3 pada tahun 1958.

Listrik yang dihasilkan kemudian disalurkan melalui Gardu Induk Tegangan Tinggi (GITT) Kedung Badak dan Bunar.

3. Masih eksis hingga kini

plta kracak bogor
instagram.com/capung.senja

PLTA Kracak Bogor usianya memang sudah tua. Tapi bukan berarti destinasi ini 'mati' dan ditinggalkan, lho.

Sejak dibangun, ternyata pembangkit listrik ini masih tetap mampu beroperasi dengan baik untuk memasok energi listrik ke rumah-rumah warga. Keren, kan?

Bahkan selain bermanfaat bagi warga sekitar, PLTA ini pun jadi objek wisata di Bogor yang digandrungi anak muda. Salah satu alasan mereka datang kesini karena tempatnya cantik dan instagenik.

Baca juga: Serunya Liburan di JungleLand Sentul, Ada Apa Saja Ya di Sana?

4. Destinasi asyik buat para petualang

plta kracak leuwiliang
instagram.com/abie_bette

Kamu termasuk traveler yang suka bertualang? Coba deh mampir ke PLTA Kracak. Karena selain belajar sejarah dan berswafoto, di sini kamu bisa menjelajah di sekitarnya.

Untuk menuju Power House PLTA Kracak saja, kamu harus turun menggunakan lori yang diikat dengan tali baja atau menuruni 276 anak tangga.

Meski terdengar melelahkan, tapi di sepanjang perjalanan kamu bakal melihat derasnya Sungai Cianten. Bahkan kalau beruntung, kadang ada monyet yang berkeliaran di sisi lori.

5. Cara ke PLTA Kracak

plta kracak
instagram.com/fajar_hmsyh

Secara administratif, lokasi PLTA Kracak terletak di Desa Karacak, Kecamatan Leuwiliang. Dari pusat Kota Bogor, jaraknya sekira 29,7 kilometer.

Nah, itu dia ulasan singkat tentang PLTA Kracak di Bogor yang worth it buat kamu kunjungi. Karena selain cantik, tempat wisata di Bogor ini juga memungkinkanmu untuk belajar sejarah.

0 Comment