Pesona Ratusan Patung Penari Gandrung di Banyuwangi, Sudah ke Sini?

13 April 2019, at 11:00
0
0
Pesona Ratusan Patung Penari Gandrung di Banyuwangi, Sudah ke Sini?

Pariwisata Banyuwangi nggak kalah menarik dari destinasi lain, misalnya seperti wilayah tetangganya, yakni Pulau Bali. Apalagi dengan adanya ikon baru yang cukup instagenik. Sebut saja Taman Gandrung Terakota.

Di wisata baru di Banyuwangi yang ada di kawasan Jiwa Jawa Ijen Resort ini kamu akan disambut oleh ratusan patung penari Gandrung. Bukan cuma itu saja, tapi ada lagi beberapa hal menarik di sini. Biar nggak penasaran, yuk langsung simak ulasan Qupas di bawah ini!

Baca juga: Wisata di Banyuwangi Ini Siap Bikin Kamu Serasa di Scene Film!

1. Ikon Pariwisata Baru di Banyuwangi

taman gandrung terakota
instagram.com/ramadhani_mahestu9

Gandrung yang merupakan tarian khas Banyuwangi ini bisa dibilang juga jadi ikon Bumi Blambangan. Menariknya lagi, kini hadir yang namanya Taman Gandrung Terakota (TGT) yang digadang-gadang bakal jadi ikon pariwisata baru di Banyuwangi.

Wisata Banyuwangi yang baru saja diresmikan pada Sabtu, 22 September 2018 lalu ini siap memesonamu dengan kehadiran ratusan penari gandrung di lahan persawahan terasering di lereng Gunung Ijen.

2. Ada Ratusan Patung

patung gandrung
instagram.com/gandrung.terakota

Bukan cuma ratusan patung penari gandrung saja yang ada di sini. Kamu juga bisa melihat perbukitan hijau dan hamparan sawah, kebun kopi, pohon durian, beragam jenis bambu, dan tanaman endemik setempat.

3. Ada Amfiteater

taman gandrung banyuwangi
instagram.com/yolandakrisnadita

Menariknya lagi, di tengah hamparan tersebut ada amfiteater terbuka di ketinggian 600 mdpl. Tempat ini pun sering digunakan untuk menampilkan beragam pertunjukan seni. Salah satunya adalah Jazz gunung Ijen yang diadakan setiap tahun.

Nah, tahun ini kebetulan Jazz Gunung 2019 akan diselenggarakan tepat pada tanggal 21 September 2019. Artinya acara ini adalah pergelaran keempat dari PT Jazz Gunung Indonesia di wialayah Ijen.

Nantinya ada pertunjukan musik yang siap membuat para pecinta jazz menikmati sensasi intip dan unik. Kamu juga bisa lebih dekat dengan para musisi karena mereka akan tambil di hadapanmu.

jazz gunung 2018
instagram.com/ijensummerjazz

Bukan cuma menikmati suguhan musik eksklusif saja. Kamu juga bisa menyaksikan pemandangan volkano Ijen yang menawan ditambah dengan keindahan empat Gunung sekaligus, seperti

  • Gunung Merapi
  • Gunung Raung
  • Gunung Ranti
  • Gunung Suket

Kamu juga bisa menikmati jamuan makan malam eksklusif, sehingga menciptakan interaksi positif serta suasana hangat antara pengunjung dan musisi. Wah, seru nih! Yuk Agendakan untuk mampir ke Taman Gandrung Terakota!

4. Inspirasi dari Taman di Tiongkok

wisata taman gandrung
instagram.com/lailatl.m

Taman Gandrung Terakota sendiri ternyata terinspirasi dari "Terracotta Warrior and Horse" di Tiongkok. Semua ide tersebut diprakarsai oleh Sigit Pramono, yakni mantan bankir BNI.

Sebenarnya idenya itu sudah terpikirkan sejak beberapa tahun silam. Tapi baru direalisasikan di tahun 2018 lalu.

Baca juga: Pantai Cantik di Banyuwangi, Nggak Kalah dari Bali Lho!

5. Pembangunannya Berdasarkan Filosofi Tarian Gandrung

wisata taman gandrung terakota banyuwangi
instagram.com/diyasaikhsan

Kenapa letak taman ini ada di area persawahan? Ini karena berdasarkan filosofi tarian Gandrung yang dinilai sebagai kesenian sakral di Banyuwangi.

Pada intinya, Tari Gandrung berasal dari tradisi rakyat, dimana awalnya merupakan perwujudan rasa syukur pada Dewi Sri (Dewi Padi) atas hasil pertanian yang subur dan melimpah. Karenanya, letak dari taman ini ada di lahan sawah aktif yang menampilkan beragam aktivitas para petani.

6. Makna dari Terakota

patung gandrung banyuwangi
instagram.com/andreyongz

Terakota adalah nama lain dari tembikar. Diketahui, ternyata patung-patung di Taman Gandrung Terakota ini terbuat dari tembikar. Bukan asal berkreasi, ternyata semua itu ada filosofi kuat.

Menurut dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, patung gandrung terbuat dari sejenis gerabah yang dibakar maksimal dengan suhu 1.000 derajat. Ini artinya kualitas di bawah keramik dan rapuh. Patung juga berongga dan nggak padat.

Konsep gerabah yang berongga di dalam patung jadi isyarat bahwa nggak ada yang abadi di dunia. Tujuan berkarya dari tembikar ini pun bukan untuk menciptakan sesuatu yang kekal, tapi sementara. Sama seperti kehidupan.

7. Cara ke Taman Gandrung Terakota

taman gandrung terakota banyuwangi
instagram.com/gilankdgp

Lokasi Taman Gandrung Terakota ada di Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Rutenya cukup mudah. Apalagi searah dengan Kawah Ijen yang sudah terkenal.

Dari Kota Banyuwangi, arahkah kendaraanmu ke daerah Sasak Perok lewat rel kereta dan patung barong-Desa Glagah-Pasar Licin-Daerah Tamansari. Dari sini, kamu akan menemukan petunjuk jalan ke Taman Gandrung Terakota melewati perkebunan milik warga.

8. Tiket Masuk Taman Gandrung Terakota

wisata taman gandrung terakota
instagram.com/ayuupi09_

Tiket masuk destinasi di Banyuwangi ini hanya Rp10.000,00. Murah kan? Buka dari jam 08.00-19.00 WIB untuk hari Senin sampai Kamis. Sedangkan di hari Jumat hingga Minggu, jam operasionalnya dimulai dari pukul 08.00-22.00 WIB.

Dengan waktu yang lumayan panjang itu, gunakan semaksimal mungkin. Misalnya dengan hunting foto atau mampir ke kafe maupun rumah makan yang menyediakan makanan berat ya!

Well, setelah tahu info dari Taman Gandrung Terakota, tertarik untuk mampir ke sana? Mumpung tiket masuk ke wisata Banyuwangi ini murmer alias murah meriah.

Kamu juga bisa agendakan liburanmu ke Banyuwangi tepat pada September karena akan ada pertunjukan Jazz Gunung Ijen 2019. Buruan juga gih beli tiketnya biar nggak kehabisan!

0 Comment