Pesona Rowo Bayu yang Tersembunyi, Wisata Spiritual dengan Suasana Mistis di Banyuwangi

09 August 2019, at 12:00
0
0
Pesona Rowo Bayu yang Tersembunyi, Wisata Spiritual dengan Suasana Mistis di Banyuwangi

Banyuwangi sudah dikenal secara luas sebagai kota wisata yang menawarkan berbagai destinasi menarik bagi wisatawan, baik turis domestik maupun mancanegara.

Objek wisata yang paling banyak menarik perhatian dan dikunjungi adalah pantai-pantainya yang indah dan kawah ijennya yang ikonik.

Padahal, Banyuwangi memiliki banyak destinasi lain yang nggak kalah memesona. Salah satunya adalah Rowo Bayu yang tersembunyi dan penuh misteri.

Baca Juga: 5 Wisata Banyuwangi Selain Pantai yang Fotogenik Banget

1. Pesona Rowo Bayu

rowo banyu
instagram.com/achenomnom

Wana Wisata Rowo Bayu merupakan salah satu destinasi Banyuwangi yang masih belum banyak diketahui karena keberadaannya yang tersembunyi.

Berkunjung ke Rowo Bayu, kamu nggak hanya akan disuguhi dengan segarnya hijau rawa akan tetapi juga pesona keindahan alam yang masih sangat terjaga keasriannya.

Oleh sebab itu, suasana atau atmosfer di Rowo Bayu sangat cocok bagi kamu yang sedang mencari kedamaian dan ingin melepaskan penat. Entah hanya untuk sekadar relaksasi atau bahkan wisata spiritual.

2. Tiga Mata Air Suci

tiga mata air suci
instagram.com/rhizkyz

Rowo Bayu juga merupakan tempat bertemunya tiga mata air suci atau sendang yang biasa digunakan masyarakat sekitar untuk keperluan spiritual.

Di sana, kamu bisa menemukan sumber Taman Kaputren, sumber Taman Kamulyaan, dan sumber Dewi Gangga. Air suci yang keluar dari ketiga sumber tersebut dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit lho.

Uniknya lagi, ketiga sendang tersebut nggak pernah kering walaupun saat musim kemarau. Keberadaan sumber air itu sangat dihormati, dianggap sakral, dan dikaitkan dengan hal-hal mistis.

3. Petilasan Prabu Tawang Alun

petilasan prabu tawang alun
instagram.com/andi_bolang24

Hal lain yang menjadi daya tarik Rowo Bayu adalah adanya Petilasan Prabu Tawang Alun. Situs bersejarah tersebut diyakini menjadi tempat pertapaan Prabu Tawung Alun setelah menyerahkan tahta Raja Blambangan kepada adiknya untuk menghindari perang saudara.

Prabu Tawang Alun lebih memilih untuk menenangkan diri di tengah hutan. Masyarakat percaya bahwa saat Prabu Tawang Alun bertapa, ada seekor macan sakti yang menemaninya hingga akhir hayat.

Selain itu, tempat ini juga diyakini sebagai gerbang ghaib menuju ke Alas Purwo. Meskipun demikian, nggak ada yang tahu kebenaran legenda tersebut.

Baca Juga: Wisata di Kaki Gunung Ijen Banyuwangi Ini Punya Padang Ilalang yang Fotogenik, Mampir Yuk!

4. Candi Puncak Angung Macan Putih

candi puncak angung macan putih
instagram.com/wahyuy

Pada kawasan objek wisata Banyuwangi yang satu ini juga terdapat sebuah candi kecil bernama Candi Puncak Agung Macan Putih. Situs ini dipercaya sebagai tempat bersemayamnya leluhur yang menjaga wilayah Rawa Bayu.

Bangunan tersebut didirikan untuk menghormati roh leluhur yang telah berjasa mempertahankan tanah Blambangan pada perang Puputan Bayu tahun 1771. Nggak hanya itu, ada pura kecil untuk berdoa umat hindu yang semakin memperkuat nilai historis, religi, dan budaya pada Rowo Bayu.

5. Cara ke Rowo Bayu

cara ke rowo bayu
instagram.com/reza_baikhaqi

Lokasi Rowo Bayu adalah di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Untuk pergi ke sana, kamu perlu menuju ke Kecamatan Songgon yang letaknya nggak jauh dari kota Banyuwangi.

Saat sampai, kamu bisa dengan mudah menemukan penunjuk arah untuk menuju ke Rowo Bayu dan menikmati keindahannya tanpa biaya sepeser pun.

Nah, itu dia beberapa yang perlu kamu ketahui tentang Rowo Bayu. Objek wisata Banyuwangi yang kental dengan suasana mistis dan spriritualnya ini paling nyaman dikunjungi siang hari.

0 Comment