Pesona Sanghyang Heuleut, Wisata Bandung yang Konon Jadi Favorit Para Bidadari

12 March 2019, at 16:00
0
0
Pesona Sanghyang Heuleut, Wisata Bandung yang Konon Jadi Favorit Para Bidadari

Sanghyang Heuleut adalah salah satu bukti kecantikan wisata alam di Bandung. Belakangan ini, destinasi berupa danau kecil tersebut pun semakin populer di kalangan traveler.

Ada banyak hal menarik dari destinasi di Bandung ini. Salah satunya mitos yang mengatakan bahwa wisata ini jadi tempat mandi para bidadari.

Selain itu, ada beberapa fakta unik lain yang mungkin belum banyak diketahui soal objek wisata di Bandung Barat ini.

Baca juga: Wisata di Bandung Barat Punya Destinasi Ala Eropa Nih

Mau tahu apa saja? Yuk, jangan sampai melewatkan penjelasan Qupas di bawah ini!

1. Daya Tarik Sanghyang Heuleut

sanghyang heuleut
instagram.com/budi_ryan

Menurut info yang beredar, tempat wisata di Bandung ini termasuk ke dalam danau purba. Bentuknya menyerupai kubangan air besar dengan tebing dan pepohonan di sekitarnya.

Keasrian serta kebersihan danau kecil yang mengalir di atas arus Sungai Citarum Purba ini pun masih tetap terjaga.

Perpaduan antara rimbunnya pohon, gagahnya tebing serta air jernihnya semakin menambah daya tarik objek wisata ini.

2. Mitos Sanghyang Heuleut

wisata bandung sanghyang heuleut
instagram.com/ridwan.aguz

Selain soal kecantikan alamnya, mitos yang beredar di kalangan masyarakat setempat pun menjadikan Sanghyang Heuleut semakin menarik.

Salah satunya tentang cerita bahwa kawasan ini merupakan tempat mandi para bidadari. Jangankan soal kisah fantasi ini.

Ketika mendengar soal namanya saja, kamu pasti akan merasakan sensasi mitos yang kental. Sanghyang berarti sesuatu yang dianggap suci. Sedangkan Heuleut artinya jeda, batas waktu atau sesuatu.

3. Kegiatan di Sanghyang Heuleut

sanghyang heuleut bandung
instagram.com/i_ardiansyah

Dengan adanya susunan bebatuan di sekitar danau kecil ini memang terlihat eksotis. Cocok untuk dijadikan latar fotomu juga. Begitu pula dengan pemandangan danau dengan air berwarna hijau yang nggak kalah cantik.

Selain hunting foto, kamu juga bisa berenang atau melakukan aktivitas yang lebih menantang. Misalnya seperti lompat ke danau dari bebatuan di sekitarnya.

Kamu hanya ingin santai di sini? Tentu saja bisa. Perpaduan suara gemericik air serta sejuknya udara di sekitarnya pasti akan membuatmu semakin betah berlama-lama di wisata Bandung ini.

4. Lokasi dan Rute ke Sanghyang Heuleut

wisata sanghyang heuleut bandung
instagram.com/pras_pm

Lokasi Sanghyang Heuleut berada di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Untuk lebih mudahnya, kamu bisa mengunjungi PLTA Saguling.

Kamu pun bisa menggunakan mobil atau motor. Dari Pusat Kota Bandung, estimasi waktu yang kamu butuhkan kurang lebih selama 1,5 jam saja.

Tujulah Jalan Raya Bandung-Cianjur, kemudian masuk ke gerbang kawasan Waduk Saguling. Nggak jauh dari sini, kamu pun akan menemukan posisi Sanghyang Heuleut.

5. Tiket Masuk Sanghyang Heuleut

tempat wisata bandung sanghyang heuleut
instagram.com/novanurwahyu

Tiket masuk ke Sanghyang Heuleut adalah senilai Rp10.000,00 saja. Selain itu, kamu juga perlu menyediakan biaya parkir kendaraan, seperti motor senilai Rp5.000,00 dan mobil sebesar Rp10.000,00.

Ingin sewa pelampung? Maka kamu perlu menyediakan biaya senilai Rp20.000,00.

Untuk kamu yang ingin eksplore lebih dalam dari wisata Sanghyang Heuleut atau destinasi di sekitarnya, bisa juga sewa jasa pemandu dengan biaya rata-rata mulai dari Rp5.000,00 sampai Rp50.000,00.

Baca juga: Ini Daftar Wisata di Bandung yang Tiket Masuknya Super Murah

Tapi ingat, semua informasi tentang harga-harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu.

6. Jam buka Sanghyang Heuleut

wisata sanghyang heuleut
instagram.com/donilaksono

Siapa sih yang nggak ingin menikmati liburan tanpa diburu waktu? Mungkin kamu juga demikian.

Dan kabar baiknya, di tempat wisata alam Bandung ini, kamu bisa puas liburan ataupun mampir ke destinasi di sekitarnya dari pukul 08.00-16.00 WIB. Hmm, dijamin puas main deh.

7. Tips Wisata ke Sanghyang Heuleut

sanghyang heuleut bandung barat
instagram.com/yadinmulyana

Ada beberapa tips yang perlu kamu ingat saat ingin liburan ke tempat ini, seperti:

  • Gunakan sepatu atau alas kaki dengan sol anti licin karena medan menuju lokasi wisata cukup berat
  • Tetap waspada saat berenang atau melakukan aktivitas lain selama di Sanghyang Heuleut
  • Jangan liburan saat musim hujan karena air danau akan lebih keruh

Selain tips saat di dalam wisata, saat di perjalanan sebaiknya kamu pilih jalur lewat bawah. Meski jarak tempuh cukup jauh, namun jalan yang akan kamu lalui nggak terlalu terjal daripada lewat rute atas.

8. Wisata Sekitar Sanghyang Heuleut

sanghyang poek
instagram.com/jerrymavr

Tepat di sekitar Sanghyang Heuleut, ada lagi destinasi wisata Bandung yang layak untuk dikunjungi. Sebut saja Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek.

Sanghyang Tikoro dipercaya sebagai tempat hilangnya air danau purba Bandung secara misterius.

Sedangkan Sanghyang Poek adalah salah satu gua purbakala di Bandung yang bentuknya menyerupai celah dan terhimpit tebing tinggi.

Gimana, tertarik untuk mampir ke Sanghyang Heuleut? Siapa tahu saat liburan ke sini, kamu bisa ketemu bidadari yang sedang mandi (hehe).

0 Comment