Pesona Setu Patok, Wisata Cirebon Replikanya Danau Kawaguchiko di Jepang

04 July 2019, at 11:00
0
0
Pesona Setu Patok, Wisata Cirebon Replikanya Danau Kawaguchiko di Jepang

Setu Patok adalah sebuah danau yang menjadi salah satu bukti kekayaan Indonesia. Destinasi di Cirebon ini pun bakal mengingatkanmu pada salah satu wisata di Jepang yang cukup ikonik, yaitu Kawaguchiko.

Nah, buat kamu yang sudah lama pengen ke Negeri Sakura tapi belum punya cukup budget, coba deh mampir ke tempat wisata ini. Sambil mempersiapkan diri, intip dulu yuk apa saja yang bisa kamu dapatkan saat mampir ke Setu Patok!

Baca juga: Wisata Selfie di Cirebon Ini Bakal Bikin Liburanmu Lebih Berwarna

1. Peninggalan penjajah Belanda

danau setu patok cirebon
instagram.com/caswanassegaf

Ada beberapa versi cerita tentang terbentuknya Danau Setu Patok di Desa Mundu ini. Salah satunya adalah dibangun oleh penjajah Belanda untuk mengairi lahan pertanian dan mencegah banjir.

Terdapat pula cerita versi lain yang menyebuat bahwa kawasan wisata di Cirebon ini merupakan pemukiman penduduk, tapi terpaksa dibindah karena sering dilanda banjir.

2. Konon ada harta karun di sekitar danau

setu patok cirebon
instagram.com/agniaprl

Di balik keindahannya, Setu Patok juga menyimpan kisah mistis. Konon di sini banyak situs dari era kerajaan Padjadjaran seperti Gua Macan yang konon petilasan Raja Siliwangi.

Selain itu, ada juga Gua Siduit yang katanya menyimpan harta karun. Tapi sayang nggak ada yang bisa mengambilnya.

Baca juga: Bus Pariwisata Citros Bakal Lewat di Sederet Wisata Cirebon Ini

3. Kawaguchiko versi low budget

danau setu patok
instagram.com/adimaskurniawan_

Satu hal yang paling menarik dari destinasi ini adalah penampakannya yang mirip dengan Kawaguchiko, danau di Jepang yang terletak di distrik Fuji-go-ko, di kaki Gunung Fuji, prefektur Yamanashi.

Ditambah lagi dengan keberadaan Gunung Ciremai yang seolah menjadi replika Gunung Fuji di kawasan Kawaguchiko Jepang. Cantik banget!

Danau seluas 175 hektar ini pun bisa dibilang Kawaguchiko versi low budget. Soalnya meski bukan wisata komersial, tapi tempat ini sering dijadikan tempat liburan atau hunting foto tanpa perlu mengeluarkan biaya banyak.

4. Cara ke Setu Patok

setu patok mundu cirebon
instagram.com/joee_purnama

Secara administratif, lokasi Setu Patok terletak di Desa Mundu. Dari pusat Kota Cirebon, jaraknya cuma sekitar 19,7 kilometer dengan estimasi waktu berkendara selama kurang lebih 36 menit. Sebagai info tambahan, lebih baik pakai kendaraan roda dua karena jalannya cukup sempit.

Jadi, tertarik untuk mampir ke Setu Patok? Nggak perlu bawa banyak dana, cukup siapkan waktu, tenaga, dan apapun yang bisa membuat fotomu terlihat bagus. Soalnya sayang banget kalau sudah jauh-jauh ke Kawaguchiko KW di Cirebon ini tanpa bawa hasil foto.

0 Comment