Pesona Tersembunyi Banyu Wana Amertha, Wisata Bali yang Sajikan Air Terjun Bertumpuk

06 May 2019, at 10:00
0
0
Pesona Tersembunyi Banyu Wana Amertha, Wisata Bali yang Sajikan Air Terjun Bertumpuk

Banyu Wana Amertha bisa dibilang adalah salah satu kepingan surga tersembunyi di Bali. Pesona air terjun ini nggak kalah dari wisata lain yang ada di Pulau Dewata.

Ciri khas dari wisata ini ada pada aliran airnya yang bertumpuk. Selain itu, masih ada beberapa hal menarik dari destinasi di Buleleng ini. Apa saja itu? Yuk simak ulasan Qupas berikut!

Baca juga: Air Terjun di Bali Utara Alirannya Berasal dari Tebing, Lho!

1. Wisata Bali yang Baru Dibuka

wisata bali banyu wana amertha
instagram.com/sandhy_zane

Air terjun di Bali ini ternyata masih baru dibuka, yakni sekitar awal tahun 2018 lalu. Meski begitu, tempat ini tetap layak untuk dikunjungi.

Apalagi fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai. Ada lahan parkir motor maupun mobil yang lumayan luas, tempat ganti pakaian di sekitar air terjun, gazebo, sampai warung kecil di jalan menuju ke lokasi wisata pun ada.

2. Tersembunyi di Balik Hutan

wisata air terjun banyu wana amertha
instagram.com/iwab__

Destinasi wisata di Bali ini letaknya tersembunyi dan dekat dari Air Terjun Banyumala dan Air Terjun Puncak Manik.

Meski begitu, akses menuju ke lokasi air terjun sudah cukup baik. Jalannya pun beraspal dan mulus menurun dengan pemandangan tanaman hijau yang tumbuh rimbun di sepanjang lembah.

banyu wana amertha
instagram.com/joannatsai

Menariknya lagi, saat perjalanan, kamu juga akan menemukan panggung beton dengan pagar bambu yang menjorok ke lembah.

Tempat yang menyajikan pemandangan hijau tersebut cocok untuk istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke lokasi air terjun.

Baca juga: Pesona 10 Air Terjun di Bali Utara, Tersembunyi dan Masih Asri!

3. Keindahan Empat Air Terjun di Sekitarnya

banyu wana amertha buleleng
instagram.com/delodtunduh

Satu lagi nih yang menarik dari Banyu Wana Amertha, yakni keberadaan 3 air terjun di sekitarnya. Ibaratnya seperti "sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui", kan?

Jadi, di sekitar destinasi ini kamu bisa menemukan Air Terjun Banyu Wana Amertha, Air Terjun One, Air Terjun Two, dan Air Terjun Spray. Unik ya namanya?

banyu wana amertha wanagiri
instagram.com/pastrayasa15

Karena lokasinya searah, maka Air Terjun Banyu Wana Amertha dan Air Terjun One bisa jadi tujuan pertama. Lokasinya dari loket tiket sekitar 500 meter.

Sedangkan air Terjun Two dan Air Terjun Spray ada di lokasi berbeda dan bisa dicapai selama kurang lebih 5 sampai 7 menitan.

4. Lokasi dan Harga Tiket Air Terjun Banyu Wana Amertha

wisata banyu wana amertha buleleng
instagram.com/andreas_reiberger

Secara administratif, lokasi Air Terjun Banyu Wana Amertha terletak di Jalan Bhuana Sari, Wanagiri, Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Dari pusat Buleleng, jaraknya sekitar 29,4 kilometer dengan estimasi waktu sekira 59 menit.

Kamu bisa menuju ke arah yang sama menuju Danay Beratan. Setelah sampai di kawasan Puncak Wanagiri, ambil arah ke Asah Goblek. Dari sini, cari jalan menuju Bhuasana Sari, lalu belok kanan. Kurang lebih 3 kilometer, kamu akan sampai di parkiran air terjun.

air terjun banyu wana amertha
instagram.com/iceeteamarta_asih

Eits! Sebelum masuk, bayar dulu retribusi senilai Rp10.000,00. Bawa mobil? Kamu juga perlu menyediakan budget sekitar Rp5.000,00. Sedangkan untuk motor kurang lebih sebesar Rp2.500,00.

Setelah urusan administrasi selesai, bisa deh lanjutkan perjalanan menuju air terjun. Nantinya akan ada jalanan setapak yang sudah nyaman untuk dilewati. Gazebo untuk istirahat sementara dan tempat sampah juga tersedia kok.

Gimana, tertarik untuk mampir Air Terjun Banyu Wana Amertha? Kalau kebetulan jalan-jalan ke Bali, masukkan saja tempat wisata ini ke dalam rencana perjalananmu. Oke?

0 Comment