Pesona Tersembunyi Savana Tianyar, Wisata Bali yang Bikin Kamu Serasa di Afrika

17 May 2019, at 16:00
0
0
Pesona Tersembunyi Savana Tianyar, Wisata Bali yang Bikin Kamu Serasa di Afrika

Pernah dengar soal Savana Tianyar? Mungkin sebagian dari kalian masih asing dengan nama ini. Memang sih, tempat wisata di Bali Timur ini bisa dibilang masih jarang orang tahu. Padahal pesona yang ditawarkan nggak kalah dari destinasi lain di Pulau Dewata.

Bahkan saat kamu mampir ke sini, rasanya seperti lagi liburan ke Eropa. Bisa dibuktikan lewat foto-foto di media sosial.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan padang rumput di Bali bak luar negeri ini, yuk simak info singkat yang bakal Qupas sajikan!

Baca juga: Pesona Taman Jinja, Wisata Bali ala Negeri Sakura

1. Beneran serasa di Afrika!

savana tianyar karangasem
instagram.com/kadekarini

Salah satu keunikan dari savana ini adalah saat musim kemarau, yaitu sekitar bulan Agustus sampai Semptember. Saat itu, kamu bisa melihat hamparan rumputnya bakal berwarna kuning kecoklatan seperti di Afrika atau mungkin Australia.

Sebaliknya, kalau kamu mampir saat musim hujan, pemandangannya bakal berubah 180 derajat. Hamparan rumput berwarna hijau bakal tersaji di hadapanmu. Dan pastinya wisata di Bali ini nggak kalah keren dari New Zealand.

2. Spot foto? Melimpah banget!

savana tianyar
instagram.com/siruwah

Kamu bisa puas foto di padang rumput yang membentang luas di Kaki Gunung Agung ini. Apalagi setiap sudut Savana Tianyar bisa dibilang fotogenik banget.

Belum lagi dengan adanya kuda-kuda yang dipelihara warga setempat. Kalau beruntung, kamu juga bisa melihat mereka sedang makan di padang rumput. Bisa juga sih menjadikan hewan-hewan jinak ini jadi objek atau latar fotomu.

3. Dikenal sebagai area penambangan

tambang tianyar bali
instagram.com/_siincan

Savana Tianyar sebenarnya bukan tempat wisata komersial di Bali. Destinasi yang dekat dari pantai dan perbukitan ini juga dikenal sebagai area pertambangan.

Diketahui pula kalau kawasan ini adalah penghasil pasir hitam dan batu padas. Jadi kamu bisa melihat area penambangan pasir dan batu saat liburan ke Savana Tianyar.

Baca juga: Tirta Gangga Karangasem, Cantiknya Luar Biasa!

4. Ada bukit dan pura

tianyar bali
instagram.com/ayupriyanti28

Setelah puas foto-foto di padang rumput atau melihat kegiatan pertambangan, kamu bisa coba naik Bukit Mangun. Menariknya lagi, di atas puncak kawasan dataran tinggi di Bali ini ada pura bernama Pura Bukit Bangun Tianyar.

Untuk bisa kesana, kamu harus naik ratusan anak tangga dulu. Bikin capek sih, tapi nggak bakal rugi kalau sudah di atas. Selain bisa melihat Desa Tianyar, hamparan rumput, pantai di timur Bali, dan Gunung Agung bakal ada di hadapanmu.

5. Cara ke Savana Tianyar

tianyar karangasem
instagram.com/eka_darmayanthi

Lokasi Savana Tianyar sendiri ada di Desa Tianyar, Kecamatan Kubu. Dari pusat ibu kota Kabupaten Karangasem, yaitu Amlapura, jaraknya 40 kilometer.

Supaya lebih mudah untuk bisa ke padang rumput di Bali ini, kamu bisa sewa kendaraan di pusat kota. Apalagi kemungkinan besar masih belum ada angkutan umum yang akan mengantarmu ke savana ini.

padang rumput bali
instagram.com/schode_

Karena kondisi jalannya sedikit rusak dan nyaris nggak ada petunjuk jalan, tetap hati-hati bawa kendaraan. Kalau ragu dengan keberadaan Savana Tianyar, kamu bisa tanya ke warga setempat.

Baiqlah Sobah Qupas! Savana Tianyar memang bisa dibilang adalah tempat wisata unik di Bali. Kalau kamu cari sesuatu yang beda dari Pulau Dewata, wajib banget buat mampir ke destinasi ini!

0 Comment