Pesona Tirta Gangga Karangasem, Secuil Keindahan Dunia di Bali

03 April 2019, at 04:00
0
0
Pesona Tirta Gangga Karangasem, Secuil Keindahan Dunia di Bali

Objek wisata di Bali Timur memang punya daya tarik tersediri. Contohnya saja Tirta Gangga. Pernah dengar nama destinasi ini?

Kalau belum, yuk Qupas ajak kenalan sama wisata yang sudah ada sejak zaman baheula ini. Pasti kamu bakal rela jauh-jauh buat mampir ke sana.

Baca juga: Ada Green Canyon di Bali Timur, Sudah Tahu?

1. Istana Air di Bali milik Kerajaan Karangasem

wisata tirta gangga
instagram.com/shewandersabroad

Tirta Gangga adalah istana air yang dibangun Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem pada tahun 1948. Bangunan ini didirikan sebagai penghormatan pada masyarakat Hindu Bali.

Bangunan bersejarah ini juga merupakan salah satu destinasi favorit turis domestik maupun mancanegara. Jangankan hanya mengabadikan momen lewat foto. Sebagian dari mereka juga tertarik buat cari tahu lebih banyak soal Taman Tirta Gangga.

2. Pemandian Raja Karangasem

tirta gangga
instagram.com/smilewithjeryl

Tahu nggak sih? Ternyata bangunan bergaya Bali dan Tiongkok ini merupakan tempat pemandian raja Karangasem lho.

Sekarang bukan cuma raja saja yang bisa mandi di sini. Kamu pun bisa berenang di Tirta Gangga, tepatnya di Kolam Air Sanin. Area tersebut merupakan salah satu fasilitas buat para pengunjung.

3. Nama yang Identik dengan sungai suci di India

objek wisata tirta gangga
instagram.com/iwanderlista

Nama 'Gangga' sendiri diadopsi dari sungai terkenal di India, yaitu Sungai Gangga. Sementara 'Tirta' berarti 'air suci'.

Diketahui juga kalau Tirta Gangga ini dianggap sebagai air suci yang digunakan untuk melangsungkan upacara adat. Selain itu, sumber air juga digunakan oleh penduduk Kota Amlapura lewat pipa-pipa.

4. Kompleks bangunan yang megah

destinasi tirta gangga
instagram.com/marymoon_iphoto

Tirta Gangga ini juga merupakan bangunan megah yang berdiri di atas lahan dengan luas sekitar 1,2 hektar. Tempat ini dibagi menjadi 3 kompleks, yaitu:

  • Kompleks pertama ada di bagian paling bawah dan punya kolam teratai serta air mancur
  • Kompleks kedua ada di bagian tengah dan punya kolam renang
  • Kompleks ketiga adalah tempat peristirahatan raja

Baca juga: Wow! Wisata Bali Ini Serasa di Jepang

5. Mata Air yang selalu jernih

destinasi tirta gangga bali
instagram.com/alvercruise

Tirta Gangga nggak pernah kehabisan air dan bahkan selalu terlihat jernih meski saat musim kemarau sekalipun. Ini karena sumber berasal dari mata air Rejasa yang juga mengalir ke kota Amlapura.

6. Pernah direnovasi pasca erupsi Gunung Agung

tirta gangga water palace
instagram.com/ksenicher

Kompleks Taman Tirta Gangga ini pernah direnovasi besar-besaran. Soalnya di tahun 1963 lalu, destinasi ini nyaris hancur akibat letusan Gunung Agung. Baru sekitar tahun 1980-an wisata di Bali ini sudah kembali dikunjungi turis.

Bahkan setelah sekian lama, di tahun 2019 ini disebutkan kalau kunjungan wisatawan ke Tirta Gangga rata-rata mencapai 1.000 orang per hari. Hal tersebut dikutip dari Radar Bali.

7. Cara ke Tirta Gangga

tirta gangga water palace bali
instagram.com/onita_aguinsky_797

Lokasi Tirta Gangga ada di Jalan Raya Abang Desa Adat, Ababi, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Jaraknya dari pusat Kota Karangasem sekitar 13 kilometer. Lama perjalanan yang ditempuh adalah kurang lebih selama 29 menit.

Rute tercepat untuk bisa ke tempat wisata bersejarah di Bali ini adalah melalui Jalan Abang-Amlapura atau Jalan Raya Ababi.

8. Tiket masuk Tirta Gangga

tirta gangga bali
instagram.com/matredon

Harga tiket masuk Tirta Gangga nggak terlalu menguras kantong kok, yaitu sekitar Rp40.000,00. Apalagi kamu bisa menikmati kecantikan wisata di Bali ini bahkan melakukan beragam aktivitas seru seperti renang atau memberi makan ikan. Tapi ingat, informasi ini bisa berubah sewaktu-waktu ya!

Well, setelah tahu informasi soal Tirta Gangga, yakin nggak pengen mampir? Apalagi tempat ini jadi salah satu favorit para bule-bule cantik dan ganteng. Yuk ah langsung meluncur ke Bali Timur. Siapa tahu ketemu jodoh.

0 Comment