Qupas Travel

Pesona Ullen Sentalu, Museum di Jogja yang Simpan 'Harta Karun' Kerajaan Mataram

07 January 2020, at 05:00
Pesona Ullen Sentalu, Museum di Jogja yang Simpan 'Harta Karun' Kerajaan Mataram

Berbagai tempat wisata di Jogja bisa dibilang selalu sukses memikat hati para traveler. Baik destinasi alamnya, wisata belanja, kuliner, maupun yang berkaitan dengan sejarah. Seperti Museum Ullen Sentalu.

Wisata yang berada di sebelah utara Kota Jogja ini punya banyak keistimewaan, termasuk 'harta karun' di masa Kerajaan mataram. Penasaran, kan? Simak deh ulasan Qupas berikut ini!

1. Asal-usul nama 'Ullen Sentalu'

museum ullen sentalu sleman
instagram.com/gitaih

Museum Ullen Sentalu ini sebenarnya merupakan singkatan dari "ULating bLENcong SEjatiNe Tataraning LUmaku". Dimana kata ini berarti "nyala lambu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan". Diketahui, filosofi ini diambil dari lampu minyak yang biasanya digunakan saat pertunjukan wayang kulit.

Museum di Jogja yang diresmikan pada 1 Maret 1997 ini sangat unik. Soalnya bukan bangunan kuno atau gedung cagar budaya yang bakal kamu lihat saat memasuki areanya. Tapi bangunan baru yang berada di tengah kawasan hijau Kaliurang, tepatnya di lereng Gunung Merapi bakal tersaji di hadapanmu.

Dikelola oleh Yayasan Ulating Blencong, di museum kebudayaan ini kamu juga nggak bakal menemukan label yang menyertakan penjelasan tentang koleksi di sana. Sebaliknya, semua keterangan bakal disampaikan langsung oleh guide.

2. 'Harta karun' di Museum Ullen Sentalu

ullen sentalu
instagram.com/anisadheaa

Berkunjung ke Museum Ullen Sentalu, kamu akan disambut dengan beberapa ruangan yang menyimpan 'harta karun' alias berbagai koleksi, termasuk milik Kerajaan Mataram dan punya fungsi berbeda. Diantaranya seperti:

  • Ruang Selamat Datang: Area penyambutan tamu maupun pengunjung museum.
  • Ruang Seni Tari dan Gamelan: Kamu bisa menemukan seperangkat gamelan yang merupakan hadiah dari seorang pangeran Kasultanan Yogyakarta.
  • Ruang Guwa Sela Giri: Ruangan bawah tanah yang memamerkan karya lukisan dokumentasi tokoh-tokoh dari Dinasti Mataram.
  • Ruang Syair (Balai Sekar Kedaton): Ada syair-syair yang ditulis oleh para kerabat dan teman-teman GRAj Koes Sapariyam pada tahun 1939-1947 ditampilkan.

ullen sentalu jogja
instagram.com/citramadhani90
  • Royal Room Ratu Mas: Ruangan khusus yang dipersembahkan untuk permaisuri Sunan Paku Buwana X.
  • Ruang Batik Vorstendlanden: Ruangan yang menyimpan banyak koleksi batik. 
  • Ruang Batik Pesisiran: Terdapat banyak koleksi batik. 
  • Ruang Putri Dambaan: Ruangan yang menampilkan koleksi foto pribadi putri tunggal Mangkunegara VII, Gusti Nurul dari kecil hingga menikah.
  • Sasana Sekar Bawana: Ruangan yang berisi beberapa lukisan raja Mataram.

Nggak perlu khawatir meski koleksi di museum kebudayaan Jogja ini cukup banyak. Karena bakal ada guide yang nggak setia menjelaskan setiap detailnya hingga menjawab semua pertanyaanmu.

3. Fasilitas Museum Ullen Sentalu

museum ullen sentalu jogja
instagram.com/dyahayulestari_

Layaknya wisata di Jogja lainnya, Museum Ullen Sentalu juga menyediakan berbagai fasilitas untuk membuat pengunjung semakin nyaman.

Misalnya saja seperti Beukenhof Restaurant yang bisa kamu nikmati saat lapar melanda. Atau buat kamu yang ingin berburu batik dan suvenir lainnya, bisa mampir ke MUSe Boutique.

Baca juga: Menelusuri Situs Warungboto, Dulu Terabaikan Kini Semakin Terkenal

4. Lokasi dan tiket masuk Museum Ullen Sentalu

harga tiket museum ullen sentalu
instagram.com/edwin.indera

Lokasi Museum Ullen Sentalu berada di Jalan Kaliurang KM 25, Kaliurang Barat, Sleman. Untuk menuju ke tempat wisata Jogja yang estetik ini, kamu perlu menempuh jarak sekitar 18 kilometer ke arah utara.

Sekitar 2 kilometer setelah Gerbang Kaliurang, tepatnya di pertigaan Patung Udang, ambil jalan lurus ke utara. Kurang lebih 500 meter kemudian kamu bakal sampai di pertigaan. Dari sini, ambil jalan ke kanan, dan sekitar 700 meter kamu bakal tiba di lokasi museum.

Soal tiket masuknya, kamu cuma perlu menyediakan budget sekitar Rp40 ribu untuk pengunjung dewasa. Khusus anak-anak, biayanya Rp20 ribu. Terjangkau kan?

5. Peraturan selama di museum

museum ullen sentalu
instagram.com/garnetayup

Nggak sedikit tempat wisata di Indonesia yang memiliki peraturan. Sama halnya seperti Museum Ullen Sentalu. Seperti larangan untuk menyentuh koleksi maupun merekam penjelasan tour guide.

Selama mengukuti tur, pengunjung dilarang buat menggunakan posel maupun berbagai jenis gadget agar fokus pada penjelasan guide. Selain itu, kamu juga nggak boleh mengambil foto, kecuali di bagian depan dan lapangan luas dengan relief saja.

Nah, itulah ulasan singkat tentang Museum Ullen Sentalu yang menyimpan berbagai koleksi menarik. Kareng bakal jarang ditemukan foto-foto di dalam ruangannya, jadi mending langsung datang ke wisata Jogja ini ya!